Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya didirikan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya sebagai wujud komitmen Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (YARSIS) untuk dapat berperan serta aktif dalam bidang pendidikan dan kesehatan.

Dengan dukungan dari dua rumah sakit yang telah berdiri sebelumnya yaitu Rumah Sakit Islam Surabaya A Yani dan Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari, maka komitmen untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan seharusnya juga didukung oleh adanya Fakultas Kedokteran.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) ini, kampusnya beralamat di Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya bermula dari Sekolah Perawat Kesehatan yang telah ada sejak tahun 1979 dan menjadi Akademi Kebidanan pada tahun 1997, pendirian Akademi Keperawatan pada tahun 1985, bergabungnya kedua akademi tersebut pada tahun 2006 menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan hingga akhirnya pada tahun 2013 berubah bentuk menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya merupakan bukti kuatnya pengalaman YARSIS dalam bidang pendidikan kesehatan. Pada tahun 2014 berdasarkan Surat Keputusan 261/E/O/2014 maka Program Studi S1 Pendidikan UNUSA secara resmi mendapatkan izin operasional.

VISI DAN MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER

Visi

Menjadi program studi pendidikan dokter yang terkemuka, unggul di tingkat nasional dan internasional, profesional dalam ilmu kedokteran terutama kedokteran pencegahan, berjiwa wirausaha serta berkarakter Islami.

Nilai-nilai dalam visi tersebut memiliki definisi yang spesifik sebagaimana dijelaskan berikut ini:
  1. Terkemuka berarti menjadi pelopor ilmu kedokteran terutama kedokteran pencegahan, khususnya di lingkungan pesantren.
  2. Unggul berarti menghasilkan lulusan yang memiliki keinginan belajar sepanjang hayat, berpikir analitis, kritis dan inovatif, terutama dalam ilmu kedokteran terutama kedokteran pencegahan, khususnya di lingkungan pesantren.
  3. Profesional berarti melaksanakan tri dharma perguruan tinggi sesuai bidang ilmu kedokteran dengan pendekatan terkini dalam pemecahan masalah, komunikasi dan kerjasama tim.
  4. Berjiwa wirausaha berarti berpikir dan bertindak secara kreatif, inovatif, mandiri, tangguh dan bertanggung jawab.
  5. Berkarakter Islami berarti bersikap sesuai dengan prinsip rahmatan lil ‘alamin, yaitu memayungi seluruh umat manusia dengan menerapkan pandangan tawassuth (tengah), tawazun (seimbang), dan tasamuh (toleran), serta fiqih medis dalam pelayanan kedokteran.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan sebagai program studi pendidikan dokter yang terkemuka dan unggul dengan menerapkan sistem manajemen yang profesional.
  2. Menghasilkan dokter yang unggul dalam ilmu pengetahuan kedokteran, profesional dalam ilmu kedokteran terutama kedokteran pencegahan, berjiwa wirausaha, serta berkarakter Islami.
  3. Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu kedokteran dasar, kedokteran klinik, dan kedokteran komunitas di lingkungan pesantren dan masyarakat secara umum.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu kedokteran terutama kedokteran pencegahan di komunitas pesantren dan masyarakat umum.
  5. Menumbuhkembangkan budaya Ahlus Sunnah wal Jamaah An-Nahdliyah dalam kegiatan akademik dan kehidupan masyarakat.
Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unusa.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments