Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa

Universitas Bosowa adalah transformasi dari Universitas “45” Makassar. Pengembangan lulusan berwawasan global, inteligen, dedikasi tinggi, dorongan menjadi tokoh nasional yang mampu mengembangkan pengetahuan teknologi informasi

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Bosowa (Unibos), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Bosowa (Unibos) ini, kampusnya beralamat di Jl. Urip Sumoharjo, Karampuang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa merupakan salah satu program studi yang dimiliki Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa (FK.UNIBOS), yang berada di Kota Makassar, provinsi Sulawesi Selatan. Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa berdiri pada tahun 2016, berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI No. 95/KPT/I/2016, tanggal 16 Februari 2016 tentang Pembukaan Program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas di Kota Makassar.

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa memiliki tujuan untuk mencapai mutu lulusan dokter yang unggul, cerdas, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika kedokteran yang mampu bersaing dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta berwawasan industri.

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa memiliki program unggulan, yaitu kesehatan kerja, managemen rumah sakit dan pengembangan obat-obat tradisional.

Struktur organisasi FK UNIBOS terdiri dari beberapa Komponen antara lain : Dekan, Wakil Dekan, Pimpinan Fakultas pendidikan dokter, beberapa unit pendukung antara lain : Medical Education Unit (MEU), Clinical Education Unit (CEU), Student Assesment Unit (SAU), Penjaminan Mutu, Komite Etik Penelitian, Bimbingan Konseling, dan Tenaga pendidikan. struktur organisasi yang di bentuk di Fakultas Kedoteran Universitas Bosowa mengarah pada STATUTA Universitas Bosowa. Berdasarkan statuta Universitas Bosowa tersebut, bagian dan program studi yang melaksanakan pendidikan akademik dab profesional dalam ilmukesehatan. Jurusan dan program studi memiliki Program Studi Sarjana (S1).

Pendidikan Dokter Universitas Bosowa, salah satu prodi yang memiliki target untuk menjadikan lulusan dokter Unibos mumpuni dalam bidangnya, siap menghadapi tantangan, bukan hanya dalam pengobatan pasien tetapi juga membantu mensejahterakan kehidupan masyarakat, termasuk dalam memberikan arahan dan mampu mengajak masyarakat agar membudayakan hidup sehat.

FK Unibos saat ini telah menerima mahasiswa untuk angkatan ke-3 dengan latar belakang berbeda dari berbagai suku dan bangsa yang ada di Indonesia.

Tidak hanya sarana prasarana, kualitas tenaga pendidik pun telah diberikan dengan baik, yaitu dihadirkannya beberapa Profesor yang ahli dalam bidang khusus.

Tentunya segala persiapan pendidikan FK Unibos telah dilakukan sebelum mendapatkan izin pembukaan pendidikan yang resmi didirikan berdasarkan SK No.417/A4/HK/2016 pada 12 Desember 2015.

VISI dan MISI FAKULTAS KEDOKTERAN

Visi FK Unibos adalah “Terwujudnya Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa Yang Unggul, Berwawasan Industri, Berbasis Ilmu Dan Teknologi Kedokteran Pada Tahun 2023“ Sedangkan Misinya adalah “Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan nilai-nilai unggul dan Profesional” :
  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang berkualitas dan terstandar untuk menghasilkan lulusan yang cerdas, unggul, berdaya saing serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika kedokteran.
  2. Mengembangkan riset ilmu dan teknologi kedokteran dalam bidang teknologi informasi dan membangun kerja sama dengan institusi dan industri dalam negeri untuk pengembangan sumber daya manusia.
  3. Mengembangkan program pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang dapat bermanfaat pada masalah kesehatan di masyarakat.
  4. Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan sejahtera dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat.

Tujuan Fakultas

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, cerdas, berdaya saing serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika kedokteran yang diakui di tingkat nasional.
  2. Menghasilkan kerjasama dan institusi dan perusahaan dalam negeri pada pelaksanaan riset dan peningkatan ilmu dan teknologi kedokteran melalui teknologi informasi.
  3. Terwujudnya program pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran untuk menunjang peningkatan kemandirian masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Bosowa (Unibos) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- universitasbosowa.ac.id
- fk.ujiantulis.com
- kemdikbud.go.id

Post a Comment

0 Comments