Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Unizar

Program Studi Pendidikan Dokter S1 Universitas Islam Al- Azhar mulai diselenggarakan pada tahun 2004 berdasarkan izin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, tanggal 17 Juni 2004, yang kemudian diperpanjang oleh Dirjen Dikti No 3239/D/T/2006, tanggal 1 September 2006 sampai dengan tahun 2010.

Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan No. 1913/D/T/K-VIII/2010 tanggal 24 Mei 2010 berlaku sampai 1 September 2014. Pada tahun 2008 telah terakreditasi yang pertama dengan nilai C berdasarkan keputusan BAN-PT Nomor : 029/BAN-PT/Ak-XI/S1/XI/2008 tanggal 13 Nopember 2008. Dan telah diperpanjang pada tanggal 3 Agustus 2013.

Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar berdiri tahun 1979, yang berperanan di bidang pendidikan, karena yayasan menganggap bidang pendidikan merupakan persoalan yang sangat urgen untuk dipecahkan, yang secara kebetulan pada saat yang bersamaan jumlah perguruan tinggi di NTB masih sangat sedikit, tidak sebanding dengan jumlah calon mahasiswa yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Untuk alasan itulah kemudian pada tanggal 10 Mei 1981 Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 01/YPLA/1981, Tentang Pembentukan Universitas Islam Al-Azhar, di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pada mulanya UNIZAR memiliki 4 (empat) Fakultas, yakni: (1) Fakultas Hukum, Jurusan Hukum Keperdataan dan Jurusan Hukum Pidana, yang belakangan pada tahun 1993, program nasional pendidikan tinggi ilmu hukum mengalami reorientasi pendidikan yang dilaksanakan dengan melebur seluruh jurusan menjadi program studi tunggal, yakni program studi ilmu hukum, (2) Fakultas Pertanian Program Studi Sosial Ekonomi Pembangunan, (3) Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil dan (4) Fakultas Ekonomi Program Studi Ekonomi Pembangunan, yang kesemuanya mendapat status terdaftar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang kala itu dijabat oleh Prof. Dr. Nugroho Notusanto, pada tanggal 18 Agustus 1984, dengan SK Nomor 0378/0/1984 Tentang Pemberian Status Terdaftar Kepada Fakultas dan Jurusan Dalam Lingkungan Universitas Islam Al-Azhar di Mataram.

Kemudian setelah itu Rektor, sekaligus pendiri Unizar, orang menyebutnya tokoh tiga zaman, H. Abdurrahim, SH, menggagas pendirian Fakultas Kedokteran, namun karena berbagai persyaratan masih belum dipenuhi saat itu maka atas saran Prof. Dr. dr. Soewignjo Soemohardjo, Sp.PD, KGEH, tahun 1990 berdirilah Fakultas Biologi namun dalam proses pengurusan izin atas saran dari Kopertis Wilayah VIII namanya kemudian berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sedangkan biologi dijadikan nama jurusan dan program studi. Kurang lebih dua tahun berikutnya, tepatnya tanggal 28 April 1992, Fakultas MIPA mendapat status terdaftar dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) dengan Keputusan Nomor 154/DIKTI/Kep/1992 Tentang Pemberian Status Terdaftar Kepada Jurusan Biologi Program Studi Biologi Untuk Jenjang Program S1 Pada Fakultas MIPA di Lingkungan Unizar di Mataram. Fakultas baru ini dianggap sebagai embrio dari Fakultas Kedokteran.

Beberapa tahun setelahnya, tepatnya tahun 2000 gagasan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran dimunculkan kembali dan baru setelah 4 (empat) tahun kemudian, setelah melalui proses yang cukup panjang, tepatnya pada tanggal 17 Juni 2004 Dirjen Dikti mengeluarkan Surat izin penyelenggaraan, yakni dengan Surat nomor 2100/D/T/2004, perihal izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter pada Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) Mataram. Kemudian berdirilah Program Studi Akuntansi dengan SK Izin Operasional Nomor 500/KPT/I/2016 Tanggal 7 Desember 2016. Selanjutnya Program Studi Agroekoteknologi berdiri melalui Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1193/M/2020 Tentang Izin Pembukaan Program Studi Agroekoteknologi Program Sarjana Pada Universitas Islam Al-Azhar Di Kota Mataram Yang Diselenggarakan Oleh Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar Tanggal 30 Desember 2020.

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram memiliki 2 (dua) program studi yaitu Kedokteran Pendidikan Dokter (S1) dan Profesi Dokter.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram (Unizar), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram (Unizar) ini, kampusnya beralamat di Jl. Unizar No.20, Turida, Kec. Sandubaya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Visi Fakultas Kedokteran

Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Terkemuka di Kawasan Indonesia Timur dengan Unggulan di Bidang Kesehatan Pariwisata berlandaskan nilai-nilai “Rahmatan Lil ‘Alamin”.

Misi Fakultas Kedokteran

Misi Fakultas Kedokteran UNIZAR kemudian diuraikan dalam 4 (empat) misi berikut ini:
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang profesional, mumpuni dan amanah berstandar nasional, dengan fokus keuggulan kesehatan pariwisata yang berlandaskan nilai-nilai “Rahmatan Lil ‘Alamin”.
  2. Menyelenggarakan penelitian kedokteran, biomedik, dan juga kesehatan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan teknologi serta masyarakat, dengan fokus keuggulan kesehatan pariwisata berlandaskan nilai-nilai “Rahmatan Lil ‘Alamin”.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat, dengan fokus keuggulan kesehatan pariwisata berlandaskan nilai-nilai “Rahmatan Lil ‘Alamin”.
  4. Mengembangkan pusat studi kesehatan pariwisata sebagai layanan unggulan.

Tujuan Fakultas Kedokteran

  1. Terwujudnya lulusan dokter yang profesional, kompeten, amanah mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional serta mampu berperan sebagai innovator bidang kedokteran, bidang social serta memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat;
  2. Terwujudnya lulusan dokter yang menjunjung tinggi etika, moral, budaya dan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin dalam kehidupan bermasyarakat;
  3. Terwujudnya penelitian dan publikasi ilmiah tingkat nasional maupun internasional yang terakreditasi;
  4. Terwujudnya tata kelola PSPD yang mampu mengintegrasi antar bidang keilmuan kedokteran secara adil, transparan, akuntabel, efektif dan efisien dalam menghasilkan lulusan dokter yang berwawasan kesehatan pariwisata;
  5. Terwujudnya kerjasama strategis dengan stakeholder bersinergi dan berkelanjutan;
  6. Terwujudnya pengabdian masyarakat yang diarahkan pada pembentukan masyarakat sehat guna mendukung pengembangan kesehatan pariwisata dalam rangka menciptakan peningkatan kesejahteraan masyarakat;
  7. Terwujudnya lulusan dokter yang senantiasa belajar sepanjang hayat sebagai bentuk tanggung jawab profesi.
Fakultas Kedoteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram telah melaksanakan inovasi pendidikan menggunakan pendekatan student centered learning dengan implementasi strategi pembelajaran Problem-based Learning (PBL). Sejak tahun akademik 2007/2008 FK UNIZAR telah melaksanakan pendidikan dokter berdasarkan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) sesuai Standar Pendidikan Profesi Dokter yang diterapkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Islam Al-Azhar Mataram (Unizar) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unizar.ac.id
- ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments