Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Wahid Hasyim (Unwahas)

Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS) Semarang secara resmi telah membuka Fakultas Kedokteran dan menerima mahasiswa baru program studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter pada tahun ini. Setelah diterimanya SK pendirian dari Menristek Dikti RI dengan no. 127/KPT/1/2016.

Surat keputusan tersebut diterima secara langsung oleh pimpinan yayasan dan pimpinan universitas dari Menristek Dikti RI, Mohammad Nasir di Jakarta 29 Maret 2016. SK tersebut diperoleh setelah Unwahas dinyatakan layak untuk membuka dan mengelola program studi Pendidikan Dokter dan Prodi Profesi Dokter.

Pimpinan universitas, wakil rektor II, Muh. Zain Yusuf menjelaskan, SK tersebut diperoleh melalui persiapan yang panjang dalam rangka memenuhi standar pengelolaan Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Profesi Dokter. Pimpinan universitas menjelaskan bahwa Unwahas didedikasikan terbuka untuk masyarakat umum, tidak memandang ras, agama, suku, golongan dan siapa saja bisa kuliah di Unwahas. Untuk saat ini Unwahas juga menggandeng RSUD Kota Semarang sebagai rumah sakit pendidikan. Mengingat selama ini RSUD Kota Semarang merupakan rumah sakit yang memiliki fasilitas dan sarana yang sangat baik dan memenuhi standar.

Dan mulai tahun akademik 2016/2017 Unwahas secara resmi menerima pendaftaran mahasiswa baru untuk program studi Pendidikan Dokter dan program studi Profesi Dokter. Untuk itu pimpinan Universitas juga memohon do’a restu dari seluruh ulama, masyarakat, dan pimpinan daerah, agar Unwahas semakin berkembang.

Para kiai dan tokoh ulama Islam di Indonesia benar-benar ikut merasa bahagia atas turunnya ijin dari dikti atas dibukanya fakultas kedokteran (FK) di Kampus Unwahas. Salah satu kampus yang dikelola para kaum nahdlatul ulama (NU) ini mengundang perhatian berbagai golongan Islam di antaranya Ketua MUI Jateng KH. Ahmad Darodji, Pembina Yayasan Wahid Hasyim Drs. H. Achmad, Drs. H. Ali Mufiz, MPA., para tamu undangan pejabat di lingkungan PWNU, pejabat di akademisi dan rumah sakit.

Sosok kiai yang akrab dipanggil Mbah Maimun mengatakan, sekarang warga nahdliyin sudah mempunyai fakultas kedokteran seperti kampus lain. “Insya Allah kita semua mendoakan sukses dan semakin besar di Jateng dengan adanya Fakultas Kedokteran di Kampus Unwahas,” ucapnya. Para ulama yang hadir pada Syukuran Ijin Pendirian Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter di FK Unwahas menilai, turunya ijin pendirian prodi FK Unwahas yang keluar pada bulan April ini merupakan moment yang sangat bagus. Karena bertepatan dengan lahirnya baginda Nabi Muhammad SAW.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) ini, kampusnya beralamat di Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Fakultas kedokteran Universitas Wahid Hasyim mencakup program studi sarjana kedokteran dan profesi dokter. Gelar lulusan strata-1 (S1) berhak menyandang S.Ked. (Sarjana Kedokteran). Lulusan pertama kali sarjana kedokteran pada tahun 2020 setelah menempuh lamanya studi sarjana kedokteran 3,5 tahun dan dilanjutkan gelar Dokter (disingkat dr) setelah menyelesaikan profesi dokter selama 2 tahun.

Program pendidikan yang diselenggarakan oleh Jurusan Sarjana Kedokteran bertujuan :
  • a. Menyiapkan peserta didik menjadi dokter dan tenaga kesehatan yang memiliki kemampuan akademik dan profesional untuk dapat bersaing di tingkat nasional dan/ atau internasional.
  • b. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan/teknologi kedokteran dan kesehatan serta mengupayakan penerapannya dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  • c. Mengimplementasikan hasil penelitian kedokteran dan kesehatan untuk kemajuan bangsa serta menumbuhkan jiwa enterpreneurship berbasis ilmu pengetahuan/ tehnologi kedokteran dan kesehatan.
  • d. Melaksanakan tata kelola dan kemandirian Fakultas Kedokteran dan Kesehatan yang efisien, akuntabel, transparan, berkeadilan dan terintegrasi antar bidang.

Profil Perencanaan Lulusan (Graduate Profile) :

Program Studi Pendidikan yang berkualitas pada jenjang S1 sehingga mampu mencetak sarjana yang : a. Menguasai pengetahuan Ilmu-ilmu Kedokteran yang berlandaskan nilai-nilai ahlussunnah wal jamaah. b. Menguasai tafsir ayat-ayat dan hadits terkait dengan Ilmu Kedokteran. c. Menguasai aspek dan penerapan Ilmu Kedokteran (Ilmu Biomedik Dasar, Ilmu Sosial dan Humaniora Kedokteran, Ilmu Kedokteran dan Keterampilan Klinik, Ilmu kesehatan Masyarakat/ Kedokteran Pencegahan/ Kedokyeran Komunitas, Ilmu Pendidikan Kedokteran, dan Ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi). d. Terampil menyusun langkah-langkah Problem Solving (sengketa dengan bidang Kedokteran). e. Menguasai etika-etika Kedokteran.

Metode pembelajaran dan Asesmen (learning method dan asesment)

Pembelajaran berpusat pada mahasiswa dengan model tatap muka baik dalam kelas maupun dalam jaringan, praktik laboratorium, skill Lab, praktik pengalaman lapangan dan praktik mandiri. Penilaian mengacu pada tugas terstruktur, tugas kelompok, ujian teori maupun praktik, lisan juga tulisan.

Dukungan Fasilitas bagi Mahasiswa (Support for Student)

Pelayanan, pendampingan dan pembelajaran di bidang akademik dan informasi umum dengan fasilitas memadai berupa a) Ruang kelas b) Laboratorium Biomedik Dasar, Biomedik Kedokteran, Riset c) Ruang Skill Lab d) Ruang CBT(Computered Based Test) e) Perpustakaan f) Ruang Unit Kesehatan g) Ruang Teater h) Wadah diskusi dan sosial yang dikelola Badan Eksekutif Mahasiswa Kedokteran, i) Free WiFi j) Aula k) Mushola l) Sarana olahraga (badminton, basket, tennis, futsal), dan lain-lain.

Profil Lulusan (Graduate Profile)

Lulusan fakultas kedokteran program studi pendidikan dokter universitas wahid hasyim, meliputi : Praktisi/klinisi, Pendidik dan Peneliti, Agen Perubah dan Pembangunan Sosial, Religius.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unwahas.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments