Soal Kedokteran

Akreditasi Fakultas Kedokteran Unkhair

Tim Assesor LAM-PTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia) baru saja melakukan survey akreditasi Program Studi Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Khairun Kemarin (14-15 November 2018). Mereka adalah Prof. Dr. Indri Safitri Mukono, MS. Dr. dr. Bagus Komang Satriyasa, M.Repro dan dr. Arthur Hendrik Philips Mawuntu, Sp.S.

Sekertaris LP3M Unkhair, M. Abjan Fabanyo, SPi.M.Si mengatakan Aspek penilaian oleh tim Assesor LAM-PTKes terdiri dari tujuh standar mutu pendidikan yaitu; 1. visi misi tujuan dan strategi. 2. Tata pamong, kepemimpinan sistem pengelolaan dan penjaminan mutu. 3. Mahasiswa dan lulusan. 4. Sumber daya manusia. 5. Kurikulum pembelajaran dan suasana akademik. 6. Pembiayaan sarana prasarana serta sistem informasi. 7. Penelitian, pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama, Semua kegiatan akreditasi akan berorientasi kepada tujuh standar yang telah ditetapkan bersama oleh BAN PT. Sekedar informasi untuk tahun depan per 1 Januari 2019 akan ada perubahan dari tujuh standar ke sembilan kriteria.

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Khairun, berdasar pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemendikbud Ristek, yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Peringkat Akreditasi yang kami sosialisasikan terutama untuk Jenjang Sarjana Program Studi Pendidikan Dokter. Di samping itu Jenjang Profesi untuk Dokter di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Khairun.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Khairun

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKadaluarsa Keterangan
Sarjana (S-1)Pendidikan Dokter 0762/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2018C2023-11-30 unkhair.ac.id
Profesi Dokter - - - - - - unkhair.ac.id

Selain tujuh standar pada paragraf awal di atas, ada juga aspek pendukung dalam penilaian akreditasi ini yang juga bagian dari tujuh standar tersebut, aspek pendukung ini adalah upaya kerjasama Fakultas Kedokteran dengan Rumah Sakit dan Puskesmas yang dinilai mampu menunjang proses pembelajaran di Fakultas Kedokteran, oleh karena itu tim Assesor LAM-PTKes pada hari kedua melakukan kunjungannya ke Rumah Sakit Chasan Boesoeri dan Puskesman Kota Ternate.

Dekan Fakultas Kedokteran dr. Marhaeni Hasan,S.pA.M.M mengatakan akreditasi perdana ini kami didatangi oleh 3 orang Tim Assesor LAM-PTKes, mereka adalahn Prof.Dr. Indri Safitri Mukono,MS. Bertindak sebagai ketua tim assesor dan dua orang anggota yaitu Dr.dr. Bagus Komang Satriyasa,M.Repro dan dr. Arthur Hendrik Philips Mawuntu,Sp.S. Tim ini telah berada di Ternate sejak tanggal 13 November 2018, tim ini mulai melakukan aktifitas visitasinya pada tanggal 14-15 November 2018, dijelaskan lagi oleh Dekan Fakultas Kedokteran bahwa hari pertama tim ini melakukan visitasi terhadap borang yang terdiri dari tujuh standar, untuk hari kedua tim Assesor LAM-PTKes akan melakukan kunjungannya terhadap aspek pendukung pembelajaran yakni Rumah Sakit Chasan Boesoeri dan Puskesmas di wilayah Kota Ternate.

Proses visitasi akreditasi perdana ini berjalan dengan lancar, terlihat para pimpinan Fakultas, Dosen pengajar maupun staf administrasi dan mahasiswa mendukung dengan mempersiapkan semua kebutuhan baik dokumen pendukung maupun hal lainnya, Dekan Fakultas Kedokteran dr. Marhaeni Hasan,S.pA.M.M ditanyai oleh humas, apa harapan ibu dengan proses akreditasi perdana ini, beliau menjawab yang sangat diharapkan adalah Fakultas Kedokteran Unkhair yang baru dibangun ini segera terakreditasi, karena dengan akreditasi ini akan mendukung pengembangan Fakultas Kedokteran di masa mendatang.

Semoga informasi tentang Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Unkhair yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unkhair.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments