Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala

Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), adalah salah satu fakultas diantara sekian fakultas yang terdapat di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Universitas Syiah Kuala merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti program SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dengan sistem Ujian Tulis dan juga SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang tidak melaksanakan ujian tulis.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu prodi yang dianggap favorit di Universitas Syiah Kuala. Sehingga setiap tahun akademik senantiasa banyak peminat yang bersaing untuk memperebutkan kursi kuliah di Aceh. Program Studi Sarjana Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala berhasil meraih akreditasi Unggul. Keputusan tersebut berdasarkan hasil visitasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) dengan Nomor: 0244/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2021. (Banda Aceh, 10 Agustus 2021).

Selain favorit, Pendidikan Dokter juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat "B". Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Dekan FK USK Prof. Dr. Maimun Syukri Sp.PD (K) mengatakan, dirinya sangat bersyukur atas keberhasilan FK USK meraih akreditasi Unggul. Hal ini tidak lepas dari dukungan serta kerja keras dari berbagai pihak khususnya Civitas FK USK selama ini.

Selain itu, Prof. Maimun menilai, pencapaian ini sangat berarti bagi FK USK sebagai upaya meningkatkan standar pelayanan serta akademik institusi ini. Dengan capaian ini, peluang FK USK untuk membuka prodi-prodi baru juga semakin terbuka.

Di sisi lain, Prof. Maimun mengungkapkan, secara tidak langsung keberhasilan meraih akreditasi unggul ini turut menaikan reputasi FK USK di masyarakat, sehingga dapat menarik minat calon mahasiswa untuk menempuh pendidikannya di fakultas ini.

“Dengan akreditasi Unggul, tentu kepercayaan masyarakat terhadap prodi Pendidikan Dokter USK semakin baik. Ini penting, untuk memberikan jaminan seperti apa kualitas pendidikan di FK USK ini,” ucapnya.

Masa berlaku akreditasi ini adalah satu tahun. Terhitung mulai dari diterbitkannya keputusan ini yaitu pada tanggal 30 Juli 2021. Waktu setahun ini karena asessment lapangannya melalui daring, dan sebelum masa setahun itu berakhir asessor LAM-PTKes akan datang ke FK USK untuk meninjau asessment secara daring tersebut.

Pada artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).

Sejumlah Program Studi Fakultas Kedokteran Unsyiah

Berikut ini beberapa Program Studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran Unsyiah beserta Akreditasi Nasional sejumlah program studi di lingkungan Fakultas Kedokteran. Program studi tersebut diantaranya sebagai berikut :

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Keterangan
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum 0244/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2021 Unggul 29 Juli 2022 fk.unsyiah.ac.id
Profesi Dokter 0245/LAM-PTKes/Akr/Pro/VII/2021 Unggul 29 Juli 2022 fk.unsyiah.ac.id
Magister (S-2)Kesehatan Masyarakat 0001/LAM-PTKes/Akr.Bd/Mag/IV/2021 C -- fk.unsyiah.ac.id
Sarjana (S-1)Psikologi 4870/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 B 19 Desember 2022 fk.unsyiah.ac.id

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran Unsyiah

Berikut ini kami sampaikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Unsyiah ini. Informasi tersebut dapat Anda pahami dari tabel berikut :

Jalur PMB Pendaftaran Jadwal Ujian Gel. I Jadwal Ujian Gel. II Pengumuman Hasil Keterangan
SNMPTN 14 - 28 Februari 2022 Tidak ada Ujian Tulis Tidak ada Ujian Tulis 29 Maret 2022 ltmpt.ac.id
UTBK-SBMPTN 23 Maret - 15 April 2022 17 - 23 Mei 2022 28 Mei - 03 Juni 2022 23 Juni 2022 ltmpt.ac.id

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran Unsyiah. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran Unsyiah

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Unsyiah ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. Latihan Soal | silakan bisa Anda diunduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Unsyiah
  2. Pembahasan Soal | silakan bisa Anda diunduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Unsyiah

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (Unsyiah) yang kami sosialisasikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kepentingan para pelajar di Tanah Air. Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unsyiah.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments