Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UIN Alauddin), adalah salah satu fakultas diantara sekian fakultas yang terdapat di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UIN Alauddin). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti program SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dengan sistem Ujian Tulis dan juga SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang tidak melaksanakan ujian tulis.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu prodi yang dianggap favorit di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Sehingga setiap tahun akademik senantiasa banyak peminat yang bersaing untuk memperebutkan kursi kuliah di Sulawesi Selatan. Program Studi Pendidikan Dokter UIN Alauddin telah digagas sejak masa kepemimpinan Prof. Dr. H. Azhar Arsyad, MA. sebagai rektor UIN Alauddin. Kebutuhan akan tenaga kerja dokter serta belum terakomodirnya putra-putri daerah berprestasi dari pelosok-pelosok desa khususnya wilayah Indonesia Timur, menjadi salah satu alasan urgensi pendirian prodi pendidikan dokter.

Selain favorit, Pendidikan Dokter juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat "B". Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pada artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UIN Alauddin).

Sejumlah Program Studi Fakultas Kedokteran UIN Alauddin

Berikut ini beberapa Program Studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran UIN Alauddin beserta Akreditasi Nasional sejumlah program studi di lingkungan Fakultas Kedokteran. Program studi tersebut diantaranya sebagai berikut :

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Keterangan
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum 0233/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2019 C 24/05/2024 Laman Akreditasi
Profesi Dokter 0234/LAM-PTKes/Akr/Pro/V/2019C 24/05/2024 lpm.uin-alauddin.ac.id
Sarjana (S-1)Farmasi No. 0019/LAM-PTKES/AKR.PERPH/SAR/XI/2021 Sangat Baik’ atau ‘A’ 05/11/2026 lpm.uin-alauddin.ac.id
Sarjana (S-1)Kesehatan Masyarakat 0031/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2020 B 23/01/2025 lpm.uin-alauddin.ac.id

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran UIN Alauddin

Berikut ini kami sampaikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran UIN Alauddin ini. Informasi tersebut dapat Anda pahami dari tabel berikut :

Jalur PMB Pendaftaran Jadwal Ujian Gel. I Jadwal Ujian Gel. II Pengumuman Hasil Keterangan
SNMPTN 14 - 28 Februari 2022 Tidak ada Ujian Tulis Tidak ada Ujian Tulis 29 Maret 2022 ltmpt.ac.id
UTBK-SBMPTN 23 Maret - 15 April 2022 17 - 23 Mei 2022 28 Mei - 03 Juni 2022 23 Juni 2022 ltmpt.ac.id

Penerimaan mahasiswa baru jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM) pada Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar adalah jalur penerimaan mandiri yang dilaksanakan oleh UIN Alauddin. Waktu pendafaran mengikut waktu pendafaran jalur penerimaan UMM pada umumnya sebagaimana yang ada di website resmi UIN Alauddin Makassar.

Khusus untuk Prodi Pendidikan Dokter, jalur UMM terdiri dari 3 jalur yaitu :
a. JALUR AFIRMASI GEOGRAFIS : Jalur afrmasi geografs dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di daerah/kabupaten terutama di daerah terpencil, kepulauan dan daerah perbatasan di seluruh wilayah Indonesia, terutama wilayah Indonesia Timur.
b. JALUR AFIRMASI EKONOMI : Jalur afrmasi ekonomi diperuntukkan untuk masyarakat yang berasal dari keluarga tdak mampu.
c. JALUR AFIRMASI AGAMA : Jalur afrmasi agama diperuntukkan bagi penghafal Al- Qur’an 30 Juz.

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran UIN Alauddin. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran UIN Alauddin

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran UIN Alauddin ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. | silakan bisa Anda diunduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran UIN Alauddin
  2. | silakan bisa Anda diunduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran UIN Alauddin

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UIN Alauddin) yang kami sosialisasikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kepentingan para pelajar di Tanah Air. Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- uin-alauddin.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments