Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Bengkulu

Fakultas Kedokteran Universitas Bengkulu (Unib), adalah salah satu fakultas diantara sekian fakultas yang terdapat di Universitas Bengkulu (Unib). Universitas Bengkulu merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti program SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dengan sistem Ujian Tulis dan juga SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang tidak melaksanakan ujian tulis.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu prodi yang dianggap favorit di Universitas Bengkulu. Sehingga setiap tahun akademik senantiasa banyak peminat yang bersaing untuk memperebutkan kursi kuliah di Bengkulu. Program Studi (Prodi) Kedokteran Universitas Bengkulu dibuka secara resmi pada tahun 2008 melalui Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) tanggal 11 Juli 2008 tentang pertimbangan untuk pembukaan program studi S1 Pendidikan Dokter.

Selain favorit, Pendidikan Dokter juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat "B". Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pada artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Bengkulu (Unib).

Beberapa Keunggulan Fakultas Kedokteran Unib

Berikut ini beberapa hal yang dapat kami tuliskan terkait Fakultas Kedokteran Unib ini. Hal-hal tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Pengembangan kurikulum | Secara bertahap, penyelenggaraan akademik ini dapat dilakukan secara mandiri oleh FKIK Unib melalui pengembangan kurikulum dan modul sendiri hingga pengembangan modul lokal yang bercirikan sosiodemografi wilayah Bengkulu. Tidak hanya pada pengembangan akademik, sejak awal pengembangan manajemen organisasi telah dikelola secara mandiri hingga terbentuknya fakultas pada Juli 2013. Penyediaan sarana prasarana pendidikan di kampus FKIK Unib juga secara perlahan telah disediakan secara mandiri dan telah tercukupi dengan baik.
  2. FKIK pertama dan satu satunya di Provinsi Bengkulu | Sebagai FKIK pertama dan satu satunya di Provinsi Bengkulu keberadaan kami diharpkan dapat meningkatkan akses masyarakat untuk menempuh pendidikan dokter dan juga dapat meningkatkan peran UNIB untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bengkulu khusunya.

Fasilitas Penunjang Fakultas Kedokteran Unib

Berikut ini beberapa Fasilitas Penunjang yang terdapat di Fakultas Kedokteran Unib ini. Fasilitas Penunjang tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Laboratorium Riset sebagai unsur pelaksana Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu yang mengelola kegiatan penelitian dan pengembangan keilmuan dlam bidang Biokimia dan Biologi Melekuler, Patologi Anatomi, serta aspek lainnya yang berkaitan.
  • Fasilitas dan Alat Lab Riset
  • Fasilitas Laboratorium IT dan Audiovisual
  • Kerjasama Dalam Negeri
  • Gedung Perkuliahan Fakultas Kedokteran
  • Kantin Fakultas Kedokteran
  • Lapangan Olahraga
  • Laboratorium FK

Sejumlah Program Studi Fakultas Kedokteran Unib

Berikut ini beberapa Program Studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran Unib beserta Akreditasi Nasional sejumlah program studi di lingkungan Fakultas Kedokteran. Program studi tersebut diantaranya sebagai berikut :

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKadaluarsaKeterangan
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum 0375/LAM-PTKes/Akr/Sar/VI/2018 B 2023-06-08 fkik.unib.ac.id
Profesi Dokter 0376/LAM-PTKes/Akr/Pro/VI/2018 B 2023-06-08 fkik.unib.ac.id

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran Unib

Berikut ini kami sampaikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Unib ini. Informasi tersebut dapat Anda pahami dari tabel berikut :

Jalur PMB Pendaftaran Jadwal Ujian Gel. I Jadwal Ujian Gel. II Pengumuman Hasil Keterangan
SNMPTN 14 - 28 Februari 2022 Tidak ada Ujian Tulis Tidak ada Ujian Tulis 29 Maret 2022 ltmpt.ac.id
UTBK-SBMPTN 23 Maret - 15 April 2022 17 - 23 Mei 2022 28 Mei - 03 Juni 2022 23 Juni 2022 ltmpt.ac.id

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran Unib. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran Unib

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Unib ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. Latihan Soal | silakan bisa Anda diunduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Unib
  2. Pembahasan Soal | silakan bisa Anda diunduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Unib

Beberapa hal lainnya terkait Fakultas Kedokteran Unib

Program Studi (Prodi) Kedokteran Universitas Bengkulu (UNIB) dibuka secara resmi pada tahun 2008 melalui Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) tanggal 11 Juli 2008 tentang pertimbangan untuk pembukaan program studi S1 Pendidikan Dokter, yang selanjutnya disusul dengan SK Dirjen Dikti tanggal 11 Juli 2008 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter (S1) pada Universitas Bengkulu.

Seiring dengan perjalanan waktu, izin penyelenggaraan program studi telah diperpanjang berdasarkan kepada SK Rektor No. 7650/D/T/K-N/2011 tanggal 05 Juli 2011.

Selanjutnya pada tahun 2013 izin penyelenggaran program studi diperpanjang berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 298/E/O/2013 tentang penerbitan kembali izin Program Studi Kedokteran dan Program Profesi Dokter Universitas Bengkulu. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan diresmikan pada tahun 2014.

Saat ini FKIK UNIB mempunyai dua prodi yaitu Prodi S1 Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter. Beberapa RS yang menjadi wahana pendidikan FKIK UNIB yaitu : RSUD M Yunus (RS Pendidikan utama) kemudian terdapat beberapa RS jejaring diantaranya : RS Bhayangkara, RSJ Suprapto Bengku, RSUD Argamakmur dan RS Kariadi Semarang.

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Bengkulu (Unib) yang kami sosialisasikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kepentingan para pelajar di Tanah Air. Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- Unib.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments