Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan

Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan (Unpas), adalah salah satu fakultas diantara sekian fakultas yang terdapat di Universitas Pasundan (Unpas). Lahirnya Program studi baru (Program Studi Kedokteran) ini memberi manfaat bagi institusi untuk menambah eksistensi Unpas dan memperkuat sinergitas antar program studi yang sudah terlebih dahulu ada di Unpas. Lebih dari pada itu, bagi Perguruan Tinggi Unpas sebagai salah satu bagian implementasi dari visi Organisasi yang mendirikan Unpas yaitu Paguyuban Pasundan, sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang ada ditatar sunda yang didirikan oleh para Mahasiswa Kedokteran (STOVIA) 105 tahun yang lalu. Kegiatan ini nantinya akan bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah dan Daerah Paguyuban Pasundan, khususnya dalam hal layanan primer di daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar Indonesia (Remote Area in Indonesia).

Kehadiran program studi kedokteran di Kota Kembang Bandung ini, diharapkan mampu menghasilkan para dokter dimana lulusannya mampu memenuhi kebutuhan akan hak atas kesehatan di Indonesia. Permasalahan kesehatan di Indonesia perlu diselesaikan secara komprehensif (Preventif-Promotif-Kuratif-Rehabilitatif), Holistik (Bio-Psiko-Sosial) dan Integratif antar bidang kesehatan maupun di luar kesehatan. Pada kondisi saat ini, dengan adanya perkembangan Industri 4.0 yang hampir seluruhnya mempergunakan teknologi, diperlukan peningkatan derajat kesehatan yang harus diiringi dengan peningkatan kesejahteraan dan kemandirian.

Selain favorit, Pendidikan Dokter juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat "B". Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Dalam artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan (Unpas).

Penantian panjang dan melelahkan. Demikian dikatakan Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan, Prof. Dr. H.M. Didi Turmudzi, M.Si. saat menyampaikan sambutan. Ketum Paguyuban Pasundan menyebut, FK Unpas sebetulnya sudah memulai kegiatan akademiknya sejak awal semester. Namun peresmiannya baru dilaksanakan sekarang. “Beberapa bulan yang lalu, kami baru menerima SK-nya saja dari Kemenristek Dikti,” ucap Prof. Didi di hadapan keluarga besar Universitas Pasundan dan para undangan.

Kenapa dikatakan penantian yang panjang, kata Prof. Didi yang selama dua periode menjadi Rektor Unpas, sebab langkah Unpas untuk mendirikan FK tersebut sudah dimulai sejak lama, yaitu pada zaman kepemimpinan Rektor Prof. H. Muchtar Affandi. Waktu itu sudah dibentuk tim untuk melakukan penjajagan. “Namun akhirnya kandas, karena tidak bisa memenuhi persyaratan. Selanjutnya dimulai lagi pada saat saya menjadi Rektor Unpas. Ini pun belum juga berhasil,” katanya.

Barulah pada tahun 2019 yang lalu Unpas berhasil mendirikan Fakultas Kedokteran. Prof. Didi menyampaikan keinginan tersebut langsung kepada Presiden Jokowi pada saat yang bersangkutan melakukan silaturahmi ke Paguyuban Pasundan. “Saya sampaikan kepada Presiden, Jawa Timur memiliki fakultas kedokteran lebih banyak, sedangkan di Jawa Barat jumlah penduduknya lebih banyak namun baru ada lima Fakultas Kedokteran,” ucapnya lagi. “Ternyata sambutan dari Presiden sangat bagus, yang kemudian diikuti dengan langkah-langkah berikutnya.”

Relevansi Unpas yang berada di bawah naungan Paguyuban Pasundan dengan berdirinya FK sangatlah kuat. Dulu, 106 tahun yang lalu, Paguyuban Pasundan didirikan oleh para siswa STOVIA atau sekolah kedokteran. Paguyuban Pasundan didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat masyarakat Indonesia, di antaranya melalui cara memerangi kebodohan dan kemiskinan. Karena itu, sejak awal, Paguyuban Pasundan sudah aktif dalam kegiatan ekonomi masyarakat, yaitu dengan berdirinya Bank Sentral Pasundan. Kemudian pada tahun 1922 mendirikan lembaga pendidikan yang hingga kini semakin berkembang. Lembaga pendidikan tersebut telah banyak melahirkan tokoh bangsa.

Setelah SK dari Kemenristek Dikti diterima, Unpas langsung membuka pendaftaran. Dari 90 orang pendaftar, yang diterima hanya 50 orang saja. Semoga FK Unpas menghasilkan dokter profesional dan kompeten untuk membantu peningkatan kesehatan masyarakat. Sehubungan dengan hal itu, diperlukan kerja sama dengan berbagai pihak. Demikian juga dengan LL Dikti, yang atas dorongannya, Unpas menyampaikan terima kasih.

Fakultas Kedokteran Unpas didirikan untuk berperan menyelenggarakan pendidikan kedokteran berkualitas yang diharapkan dapat mencetak dokter-dokter yang kompeten dengan unggulan kesehatan masyarakat dengan mengusung nilai-nilai keislaman dan budaya sunda. Fakultas Kedokteran Unpas akan senantiasa mengembangkan kemampuan sumber daya manusia, wawasan keilmuan serta sarana prasarana demi terwujudnya Fakultas kedokteran yang menjadi pilihan masyarakat di tingkat regional maupun nasional.

Revolusi Industri 4.0 dimana teknologi telah berkembang dengan ciri berbeda dengan era sebelumnya. Teknologi di bidang kedokteran pun berkembang begitu pesat sehingga sangat membantu dokter dalam menyelesaikan masalah medis dan kesehatan. Berbagai informasi dan ilmu pengetahuan saat ini dapat diakses secara mudah melalui teknologi yang ada. Oleh karena itu, Fakultas Kedokteran Unpas membangun website ini yang diharapkan dapat menjadi pusat informasi baik dibidang akademis maupun kesehatan yang bermanfaat bagi akademisi maupun masyarakat umum.

Beberapa Keunggulan Fakultas Kedokteran

Berikut ini beberapa hal yang dapat kami tuliskan terkait Fakultas Kedokteran Unpas ini. Hal-hal tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Visi Kedokteran | Menjadi Institusi Kedokteran yang bereputasi nasional dengan keunggulan pada bidang kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan secara mandiri dan berkelanjutan dengan mengusung Budaya Sunda dan Nilai Keislaman di tahun 2030.
  2. Fiolosofi nilai SAHAM | (Someah, Akhlakul Karimah, Handap Asor, Asah-Asuh-Asih, dan Motekar.

Fasilitas Penunjang Fakultas Kedokteran

Berikut ini beberapa Fasilitas Penunjang yang terdapat di Fakultas Kedokteran Unpas ini. Fasilitas Penunjang tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Laboratorium Fasilitas Laboratorium Fakultas Kedokteran Unpas terletak dilantai dasar gedung fakultas kedokteran. Terdapat 4 ruangan laboratorium yang meliputi ruang Biomedik 1, Biomedik 2, Anatomi Basah, dan Anatomi Kering.
  • Kelas
  • iPad & Medical Apps
  • Skill Lab
  • Ruang Tutorial
  • Masjid Kampus
  • Kantin FK
  • CBT Lab
  • Perpustakaan

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran Unpas. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Unpas ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. Latihan Soal | silakan bisa Anda diunduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Unpas
  2. Pembahasan Soal | silakan bisa Anda diunduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Unpas

Kami sertakan juga dalam Artikel tentang Kedokteran ini, Informasi Profil Fakultas Kedokteran Unpas berupa Video Profil yang bisa Anda tonton. Semoga Bermanfaat!

Profil Fakultas Kedokteran Unpas :

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Unpas yang kami publikasikan. Semoga dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unpas.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments