Mengenal Profil Pendidikan Dokter Universitas Bosowa Makassar

Posted by Online Consultant on Tuesday, September 11, 2018

Universitas Bosowa Makassar resmi memiliki Fakultas Kedokteran. Keabsahan tersebut diperoleh setelah Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Prof Mohamad Nasir PhD Ak menyerahkan surat keputusan (SK) izin pengelolaan pendidikan kedokteran untuk Unibos, pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2015 yang lalu.

SK dari Menristek diterima Aksa Mahmud, pemilik Bosowa Foundation, yayasan yang menaungi Unibos. Penyerahan SK dilakukan di Lantai 18 Gedung D Kantor Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) RI, Jalan Sudirman, DKI Jakarta.

Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa (Unibos) didirikan serta hadir sebagai jawaban atas tingginya kebutuhan Profesi Dokter untuk melayani masyarakat khususnya dalam kawasan Indonesia Timur. Surat Keputusan (SK) Izin pengelolaan FK Unibos ini telah diserahkan langsung oleh Menristek Dikti kepada Founder Bosowa pada 2015 lalu yang turut disaksikan oleh Ketua Yayasan Aksa Mahmud dan Rektor Unibos.

Penerimaan mahasiswa baru FK Unibos dimulai pada tahun 2016 sebanyak 50 mahasiswa sebagai angkatan I. Dalam menunjang keberhasilan proses pendidikan, FK Unibos saat ini telah bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. Kerjasama ini diwujudkan dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa FK Unibos untuk mendapatkan kualitas pendidikan baik dari segi sarana, prasarana dan tenaga pengajar yang kompeten dalam bidangnya.

Universitas Bosowa Makassar mulai tahun akademik 2016/2017 telah membuka Fakultas Kedokteran. Rektor Universitas Bosowa Saleh Pallu mengemukakan rasa bahagianya izin dri Menristek Dikti untuk Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa sudah keluar. “Kami bersyukur izin tersebut sudah keluar. Insya Allah kami akan mulai menerima mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Uninversitas Bosowa tahun kuliah 2016/2017,” kata Saleh Pallu.

Saleh menambahkan, pada tahun pertama, target jumlah mahasiswa Fakultas Kedokteran maksimal 50 orang. “Sesuai peraturan, pada tahun pertama ini Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa menargetkan jumah mahasiswa maksimal 50 orang,” ungkap Saleh Pallu.

Saleh mengemukakan, pihaknya akan bekerja keras mendidik para mahasiswa Universitas Bosowa, termasuk Fakultas Kedokteran, agar menjadi manusia-manusia Indonesia yang unggul. “Sesuai arahan dari yayasan, kami bertekad menghasilkan lulusan yang berkualitas, termasuk di dalamnya lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa,” papar Saleh.

Untuk itu, kata Saleh, pihaknya memulai hal tersebut dari proses seleksi calon mahasiswa. “Kami akan memilih input yang terbaik, menjalankan proses pendidikan yang terbaik, sehingga menghasilkan output yang terbaik pula,” tutur Saleh Pallu.



Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Prof Mohamad Nasir PhD Ak menyerahkan SK izin pengelolaan pendidikan kedokteran untuk Universitas Bosowa pada hari Kamis 17 Desember 2015 yang lalu. Penyerahan dilakukan di Lantai 18 Gedung D Kemenristek RI, Jalan Sudirman, DKI Jakarta.


Visi dan Misi

Visi

Menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa unggul dengan berbasis riset dan teknologi, berwawasan industri, entrepreneurship, serta berdaya saing di tingkat nasional pada tahun 2030.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi dokter yang menghasilkan lulusan unggul, cerdas, berjiwa entrepreneur, berdaya saing, menjunjung tinggi nilai moral dan etika.
Melaksanakan riset dibidang kedokteran dan membangun kerja sama dengan industri, baik industri dalam maupun luar negeri untuk pengembangan sumber daya manusia.
Melaksanakan pengabdian masyarakat, bangsa, dan negara dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.


FK Unibos Siap Reakreditasi

Fakultas Kedokteran (FK) Unibos Makassar kini mempersiapkan diri dalam pengajuan proses reakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) pada bulan Desember 2017. Dalam persiapannya, Rektor Unibos Prof Saleh Pallu turut berkoordinasi khususnya dalam pengarahan berkas yang diperlukan proses reakreditasi ini. Termasuk meminta seluruh jajaran Fakultas Kedokteran Unibos melengkapi seluruh kebutuhan reakreditasi.

Persiapan reakreditasi ini pun mendapat perhatian fokus oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unibos dr Alwi yang menargetkan reakreditasi FK Unibos mendapatkan nilai B. Sebab akreditasi ini sangat penting yang berperan sebagai pengaruh tingkat kepercayaan masyarakat terhadap FK Unibos.


Lokasi Kampus
Kampus Universitas Bosowa Makassar,
JL. Urip Sumoharjo Km. 4, Makassar
Tel (0411) 452901 Fax: (0411) 424568
Email: info@universitasbosowa.ac.id


Sumber:
- universitasbosowa.ac.id
- fk.ujiantulis.com
- Tribun Timur
- Harian Republika

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment