Soal Kedokteran

Profil FK Universitas Khairun

Fakultas kedokteran Universitas Khairun (FK-Unkhair) Ternate, Maluku Utara, secara resmi mulai dibuka yaitu pada tahun akademik 2016/2017. Sebagai langkah awal, kampus tersebut akan menerima sedikitnya 50 mahasiswa.

Husen Alting, Rektor Universitas Khairun Ternate, mengatakan bahwa dibukanya fakultas kedokteran di Universitas Khairun merupakan program kerja yang sudah dirancang sekitar 5 (lima) tahun yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia pada bidang medis di Maluku Utara. Pembukaan ini juga bertujuan membantu pemerintah mendorong upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Sebagai langkah awal, pihaknya membangun empat laboratorium dan fasilitas pendukung lain yang digunakan sebagai tempat praktek mahasiswa. Karena itu, pembukaan fakultas ini bisa menjadi langkah maju dunia pendidikan Maluku Utara.

Menurut Husen, keberadaan fakultas kedokteran di Maluku Utara untuk saat ini sangatlah dibutuhkan mengingat Maluku Utara masih mengalami kekurangan sumber daya manusia pada bidang medis. Untuk 2016, Universitas Khairun Ternate akan menggelar pendaftaran perdana untuk menerima sedikitnya 50 mahasiswa.

Natser Thaib, Wakil Gubernur Maluku Utara, mengatakan pembukaan fakultas kedokteran di Universitas Khairun Ternate merupakan langkah yang bisa membantu pemerintah Maluku Utara dalam pemenuhan kebutuhan tenaga dokter. Karena itu, Pemerintah Provinsi Maluku Utara akan bersedia menjadi mitra untuk penguatan fakultas kedokteran.

Sebagai informasi bahwa Fakultas kedokteran Unkhair berbeda dengan fakultas kedokteran di universitas lainnya, karena fakultas kedokteran Unkhair mempunyai ciri khas yakni Fakultas Kedokteran Kelautan. Hal ini ditegaskan oleh Dekan Fakultas Kedokteran dr. Marhaeni Hasan,S.pA.M.M di ruang kerja beliau (Kamis 17 Mei 2018). Dokter yang biasanya di panggil dr. Neni ini mengatakan semua fakultas kedokteran hampir sama jenisnya tapi di kedokteran Universitas Khairun kami rancang fakultas kedokteran berbasis kepulauan, inilah ciri khas Kami Fakultas Kedokteran Universitas Khairun.

Fakultas Kedokteran Universitas Khairun kali ini telah menerima mahasiswa dari jalur SNMPTN dan SBMPTN, untuk jalur SMPTN sementara masih dibuka pendaftarannya, dari ketiga jalur ini telah ada peminat dari luar Provinsi Maluku Utara ungkap dr. Marhaeni, mereka ada yang dari Sumatera maupun Jawa telah memilih Fakultas Kedokteran Universitas Khairun, ini menunjukan minat untuk masuk ke Fakultas Kedokteran Unkhair semakin meningkat tiap tahunnya. dr. Marhaeni Hasan,S.pA.M.M menambahkan bahwa fakultas Kedokteran dibuka bukan saja untuk putra putri di wilayah Provinsi Maluku Utara tapi untuk seluruh putra putri yang berada di Indonesia.

Untuk sarana prasarana, fakultas Kedokteran telah memiliki berbagai macam keperluan praktek untuk aktifitas perkuliahan mahasiswa kedokteran, kedepan fakultas kedokteran akan memiliki gedung baru, menurut informasi yang kami terima, rencananya bulan Agustus tahun ini (thn 2018) Fakultas Kedokteran telah menempati gedung baru. Untuk peningkatan sarana dan prasarana Universitas Khairun melalui Fakultas Kedokteran bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kota, Pemerintah Kabupaten Kota telah siap memberikan beasiswa kepada putra putrinya yang telah dinyatakan lulus dan diterima di Fakultas Kedokteran Unkhair, dengan kerjasama ini nantinya membantu Pemerintah Kabupaten Kota dalam mengatasi kekurangan tenaga Dokter di wilayahnya.

Untuk peningkatan mutu Fakultas Kedokteran Unkhair setiap harinya dilaksanakan kuliah tamu, kegiatan kuliah tamu ini menghadirkan Dosen Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, ini merupakan hasil kerjasama antara Unkhair dengan Unhas.

Fakultas Kedokteran Unkhair sendiri tidak terlepas dengan Rumah Sakit, untuk itu RSUD Chasan Boesoeri yang berada di wilayah kota Ternate telah menjadi rujukan Rumah Sakit Pendidikan untuk Kedokteran Universitas Khairun, ini semua atas kerjasama antara Universitas Khairun dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Dekan Fakultas Kedokteran Unkhair dr. Marhaeni Hasan,S.pA.M.M berharap 6 tahun kedepan akan tersedia tenaga medis Dokter diwilayah Kepulauan Maluku Utara, untuk mewujudkannya diperlukan kerjasama oleh semua pihak, semoga cita-cita mulia Ibu Dekan Kedokteran akan segera terwujud, Amiin Ya Alloh Yaa Robbal 'Alamin.


Sumber:
- unkhair.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments