Informasi Seleksi Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara Tahun Akademik 2019/2020

Posted by Online Consultant on Tuesday, December 25, 2018

Sebagai pionir pendidikan tinggi di Indonesia, UII memiliki akar yang kuat dalam tradisi kebebasan akademik, di mana keberagaman pemikiran mendapatkan ruang apresiasi yang tinggi. Dengan lingkungan pembelajaran yang penuh semangat dan potensi dalam inovasi, kami berkomitmen dalam mendidik mahasiswa kami menjadi pemimpin global yang inovatif. Hal tersebut seperti dituturkan Rektor Universitas Islam Sumatera Utara, Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D.

Pihak UISU (Universitas Islam Sumatera Utara) juga terus aktif menjalin berbagai program kolaborasi di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan dakwah islamiyah. Jejaring kemitraan global UII telah membuka ruang kesempatan yang luas untuk mewujudkan berbagai gagasan, aksi, dan kontribusi yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat luas.

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) merupakan fakultas kedokteran swasta tertua di luar Jawa. Bermodalkan semangat keislaman para pendiri UISU, maka didirikanlah fakultas kedokteran di lingkungan UISU untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan dokter-dokter yang memegang teguh nilai keislaman. Kegiatan perkuliahan di FK UISU pertama kali dilaksanakan pada 1 Oktober 1965 dengan mahasiswa angkatan pertama sebanyak 53 orang, di antaranya Sabartua Barus, Darwis Hartono, Dharma Tjuanda, Sondang Sihombing, dan Idrus Lubis. Tanggal tersebut ditetapkan menjadi tanggal berdirinya FK UISU.

Sayangnya perkuliahan tersebut sempat terhenti hingga akhir tahun akibat pengaruh kondisi nasional yang tidak stabil berkenaan dengan adanya Gerakan 30 September/PKI. Tahun akademik bergeser dan dimulai menjadi Januari 1966, sehingga angkatan kedua mulai masuk pada Januari 1967. Mahasiswa angkatan kedua berjumlah 48 orang di antaranya yang saat ini masih menjadi dosen di FK UISU adalah dr. Emmy Farida, Prof. dr. M. Joesoef Simbolon, dan dr. Noermadi Saleh.

Terkait PMB, Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Medan tertarik dengan pola seleksi mahasiswa baru FK UII. Hal itu terungkap dalam kunjungan Rektor UISU Medan, Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si. Rupa-rupanya keberadaan Fakultas Kedokteran (FK) UII yang belum lama kembali memperoleh akreditasi A menjadi daya tarik bagi institusi lain untuk melakukan studi banding ke UII.

Rektor UISU Medan, Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si menyampaikan pihaknya tengah berupaya meningkatkan kualitas input mahasiswa FK. Hal ini penting agar kelak dapat mencetak lulusan dokter yang berkualitas dan punya daya saing tinggi.

“Guna menjaring input calon mahasiswa FK yang mumpuni, tentunya diperlukan pola seleksi yang termasuk dalam sistem penerimaan mahasiswa baru. Kami melihat UII sudah cukup mapan dalam hal ini”, terangnya.

Salah satu prioritasnya adalah meningkatkan kualitas input mahasiswa dan profil lulusan FK UISU agar bisa lebih eksis di kancah nasional. Ia berharap UII juga dapat berbagi ilmu tentang sistem penjaminan mutu.

Ia juga menjelaskan FK UISU merupakan salah satu penyelenggara pendidikan kedokteran tertua di Sumatera Utara yang telah berdiri sejak tahun 60-an. Kini FK UISU telah mengantongi akreditasi B.

Sementara itu, Rektor UII, Nandang Sutrisno, SH., LLM., M.Hum.,Ph.D menyambut baik niatan UISU untuk mempelajari seleksi mahasiswa baru di FK UII. Menurutnya, UISU dan UII adalah saudara dekat yang harus saling membantu satu sama lain.

Ia menjelaskan kualitas input adalah satu hal yang sangat diperhatikan di FK UII dan tidak bisa dikompromikan. “Kami tidak beri kompromi, setiap mahasiswa yang ingin diterima di FK UII harus melewati tahap-tahap seleksi yang cukup ketat dan transparan”, ungkapnya.

Oleh karenanya, jumlah mahasiswa FK UII yang diterima tiap tahunnya selalu lebih sedikit dari jumlah kuota yang ditetapkan pemerintah. Hal ini semata-mata guna menjaga kualitas input mahasiswa sehingga turut berpengaruh pada kualitas lulusan FK nantinya.

Sehubungan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) FK UISU Tahun Akademik 2019/2020 belum dilansir jadwal resminya. Namun sistem penerimaan tampaknya hanya 1 (satu) kali digelar pada suatu Tahun Akademik.

Jadwal Pendaftaran diperkirakan akan berlangsung mulai Juli sampai Agustus 2019, sementara Jadwal Ujian atau Seleksi diprakirakan pada akhir Agustus 2019. Pengumumans sekitar awal September 2019 dan Pendaftaran Ulang bagi siswa (peserta) yang lulus diperkirakan pada minggu kedua bulan September 2019.

Perlu dipahami oleh calon peserta Seleksi Kedokteran UISU Tahun Akademik 2019/2020 bahwa biaya uang pendaftaran dalam besaran yang paling tinggi jika dibandingkan jurusan lainnya bahwa dengan Pasca Sarjana UISU, biaya pendaftaran Seleksi Kedokteran UISU lebih besar yaitu sekitar Rp. 1.500.000,-. Sementara calon mahasiswa Rebular, transfer/pindahan, dan program Pasca Sarjana UISU hanya sebesar Rp. 250.000,-.

Walaupun adik-adik belum bergabung FK UISU beberapa Panduan Akademik Program Studi, bida Anda unduh pada link di bawah ini :

  1. Panduan Akademik Program Studi Sarjana Kedokteran, | disini
  2. Panduan Akademik Program Studi Profesi Dokter, | disini

Data Kontak Penerimaan Mahasiswa Baru/Pindahan:

Kampus : Jln. Sisingamangaraja Teladan, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota,
Telepon : 061-7869790,
Fax : 061-7869790,
Home Page : http://www.uisu.ac.id,
E-Mail : info@uisu.ac.id


Kami berharap informasi mengenai Seleksi Kedokteran UISU (Universitas Islam Sumatera Utara) Tahun Akademik 2019/2020 ini dapat bermanfaat khususnya bagi para pelajar yang berminat meneruskan kuliah di Fakultas Kedokteran, Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin!



Sumber:
- uisu.ac.id
- fk.ujiantulis.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget