Informasi Pendaftaran dan Seleksi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar Tahun Akademik 2019/2020

Posted by Online Consultant on Sunday, December 30, 2018

Pada tahun 2007 Stelah melalui beberapa tahap persiapan di tingkat Universitas seperti, penandatangan MOU kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Unhas dan Rumah Sakit Syekh Yusuf Gowa, maka selanjutnya proposal pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNISMUH di usulkan ke DIKTI jakarta.

Dari hasil usulan tersebut maka pada tanggal 16-17 Mei 2008 oleh Tim KKI (Konsil Kedokteran Indonesia) melakukan visitasi ke Universitas Muhammadiyah untuk melihat kelayakan pembukaan program studi. Alhamdulillah dengan segala rasa syukur kepada Allah SWT, pada tanggal 29 Juli 2008 keluarlah izin oprasional dari Dirjen Dikti untuk Program Studi Kedokteran dengan No. 2422/D/T/2008.

Terkait Pendaftaran dan Seleksi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar Tahun Akademik 2019/2020, berikut kami sampaikan informasi yang bisa dimanfaatkan oleh calon peserta Seleksi FK Unismuh :

Seleksi Pendidikan Kedokteran Unismuh Makassar Tahun Akademik 2019/2020


Jalur Tes / Seleksi


Melalui Sistem One Day Service (ODS)


Syarat Pendaftaran Melalui Jalur Tes ODS

  1. Membayar biaya pendaftaran di Bank Mitra (BSM, BSB, BTNS, BNIS) dengan memperlihatkan KTP/KK dan menyebutkan Jalur Masuk yanng dipilih: – Umum – Alih Jenjang – Kedokteran untuk mendapatkan User dan Password yang akan digunakan untuk registrasi data diri secara online. User dan Password tertera pada struk/ bukti pembayaran biaya pendaftaran dari Bank.
  2. Melakukan registrasi online pada: www.unismuh.ac.id dengan menggunakan user dan password yang diperoleh dari Bank. Registrasi data diri dapat dilakukan di Kantor UPT-PMB pada komputer yang telah disediakan atau dapat pula menggunakan fasilitas pribadi (HP-Komputer). Bawalah Ijazah, KTP/KK untuk informasi kelengkapan dan kevalidan data Anda saat meregistrasi. Hindari penggunaan jasa yang dapat merugikan Anda.
  3. Lakukan verifikasi data, foto diri, pengambilan Kartu Tes pada Bagian Validasi. Selanjutnya, Anda dapat ke Ruang Tes untuk mengikuti Tes Umum. Untuk calon yang memilih jalur masuk Kedokteran sebelum ke Ruang Tes untuk mengikuti Tes Umum Anda disilahkan terlebihdahulu mengikuti Tes Kesehatan di Balai Kesehatan Unismuh Makassar dan Tes MMPI di Fakultas Kedokteran. Setelah Anda dinyatakan LULUS dari Tes Kesehatan dan Tes MMPI selanjutnya Anda ke Bagian Validasi (Kantor UPT-PMB) dengan memperlihatkan status kelulusan tes kesehatan dan tes MMPI dan untuk mengikuti Tes Umum.
  4. Mendapatkan Sertifikat Kelulusan. Calon yang dalam Sertifikat Kelulusan tertera LULUS dapat melengkapi biodata diri dan mencetak bukti registrasi dan jumlah pembayaran secara online yang akan dibayar pada Bank Mitra. Sedangkan Calon yang dalam Sertifikat Kelulusannya tertera LULUS pada Pilihan Alternatif Berdasarkan Grade Hasil Ujian dapat ke ruang Konsultasi. Jika hasil konsultasi calon memastikan memilih salah satu jurusan alternatif yang di lulusi berdasarkan grade hasil ujiannya, maka si calon dapat melanjutkan pengisian kelengkapan biodata diri dan mencetak bukti registrasi dan jumlah pembayaran secara online yang akan dibayar pada Bank Mitra. Sebaliknya, jika si calon tidak memilih salah satu jurusan alternatif yang di lulusi berdasarkan grade hasil ujiannya, maka si calon dapat menggunakan haknya untuk kesempatan 2x tes berikutnya.
  5. Melakukan pembayaran (sesuai jumlah yang tertera pada Bukti Registrasi) di Bank Mitra Unismuh Makassar.
  6. Melakukan registrasi ulang dengan memperlihatkan Ijazah, KTP, KK, Kartu Kelulusan Tes, dan Bukti Pelunasan Pembayaran dari Bank Mitra di Kantor UPT-PMB.

  7. Mengambil perlengkapan berupa Kartu Mahasiswa, Jas Almamater, Tas dan lainnya di Bagi Perlengkapan Kantor UPT-PMB.

  8. Mengikuti Tes Wawancara

Melalui Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBM-PTM) Tes Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jalur ini hanya tersedia untuk calon mahasiswa baru Kedokteran Jatah 10%
  1. Membayar biaya pendaftaran di Bank Mitra (BSM, BSB, BTNS, BNIS) dengan memperlihatkan KTP/KK dan menyebutkan Jalur Masuk yang dipilih: – Umum – Alih Jenjang – Kedokteran untuk mendapatkan User dan Password yang akan digunakan untuk registrasi data diri secara online. User dan Password tertera pada struk/ bukti pembayaran biaya pendaftaran dari Bank.
  2. Registrasi online pada laman Bank Syariah Mandiri
  3. Konfirmasi ke Panitia di UPT-PMB dengan memperlihatkan bukti pembayaran biaya pendaftaran dan hasil cetak bukti registrasi online pada laman Bank Syariah Mandiri
  4. Melakukan foto diri dan pengambilan Kartu Tes pada Bagian Validasi.
  5. Menunggu informasi tanggal dan waktu pelaksanaan tes serentak secara nasional
  6. Mengikuti tes kesehatan di Balai Kesehatan Unismuh Makassae dan tes MMPI di Fakultas Kedokteran setelah dinyatakan LULUS Ujian Tulis Nasional.

Jalur Prestasi (Non Tes)

  1. Program Bimbit Unggul Persyarikatan
  2. Program Prestasi Akademik
  3. Program Prestasi Non Akademik
  4. Program Kerjasama Pemda/Pemkot/Pemprof dan Konversi Guru
Ketentuan Umum Pendaftaran
  • Warga Negara Indonesia
  • Warga asing dengan surat izin belajar
  • Lulus SMA/SMK/MA dibuktikan dengan ijazah atau Surat Keterangan Lulus bila ijazah belum keluar
  • Membayar uang pendaftaran Rp. 250.000,- untuk Prodi non-Kedokteran, untuk Prodi Kedokteran membayar Rp. 750.000,- dan untuk Pascasarjana Rp. 500.000,-
  • Prodi Dokter dan Program Profesi Dokter hanya menerima calon mahasiswa jurusan IPA SMA/MA dan lulusan tiga tahun terakhir (2016, 2017 & 2018)
  • Calon Maba Prodi Kedokteran tidak dapat ikut Jalur Prestasi.
Kami berharap informasi mengenai Seleksi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar Tahun Akademik 2019/2020 ini dapat bermanfaat khususnya bagi para pelajar yang berminat meneruskan kuliah di Fakultas Kedokteran, Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin! Sumber: - unismuh.ac.id - fk.ujiantulis.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget