Akreditasi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Tahun 2019

Posted by Online Consultant on Tuesday, January 8, 2019

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) adalah Fakultas Kedokteran tertua yang berdiri pada tanggal 5 Maret 1946. Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada memiliki visi dan misi yang terintegrasi dengan Visi dan Misi Universitas Gadjah Mada secara umum. Visi dan Misinya ialah untuk menjadi Fakultas Kedokteran berkelas dunia, inovatif dan unggul mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Segenap civitas akademika Fakultas Kedokteran telah mencapai prestasi besar dalam penelitian kesehatan dan terus meningkatkan upaya untuk melakukan publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional. Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada memiliki tekad yang kuat untuk menjadi institusi yang diakui secara global dengan tetap menjunjung tinggi (dan memelihara) nilai-nilai budaya lokal dan nasional. Usaha tersebut ditempuh diantaranya dengan menciptakan keseimbangan yang dinamis antara atmosfer akademik dan kehidupan kampus.

Sebagai salah satu FK Pembina dan tentu saja senior seperti halnya UI dan lain-lain, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) memiliki begitu banyak program studi atau jurusan. Program studi / jurusan yang ada di bawah Fakultas PTN ini diantaranya adalah Program Pendidikan Sarjana seperti Sarjana Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, dan Gizi Kesehatan.

Program Pendidikan Dokter Spesialis misalnya Anestesi dan reanimasi, Ilmu Bedah, Ilmu Kedokteran Forensik dan Mediko Legal, Ilmu Kedokteran Jiwa, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Kesehatan THT-KL, Ilmu Kesehatan Penyakit Mata, dan lain-lain.

Selanjutnya FK UGM juga memiliki Program Master, contohnya Ilmu Kedokteran Dasar, Ilmu Kedokteran Klinik, Ilmu Kedokteran Tropis, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan lain-lain. Dan tentu saja terdapat Program Doktor untuk Prodi Ilmu Kedokteran dan Kesehatan.

Dari berbagai program studi atau jurusan di Universitas Gadjah Mada, kami publikasikan informasi sehubungan Akreditasi Program Studi berdasarkan penilaian BAN-PT dan LAM-PTKes Tahun 2019. Untuk data selengkapnya silakan Anda memanfaatkan informasi di bawah ini :

Akreditasi Program Studi di Lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Tahun Akademik 2019/2020


NoNama Jurusan Akreditasi BAN-PTAkreditasi LAM-PTKes Keterangan
1 Sarjana Pendidikan Dokter Nilai A Peringkat A 486/SK/BAN-PT/Akred
/PD/XII/2014
2 Sarjana Ilmu Keperawatan *) Nilai B Peringkat A SK: 018/BAN-PT
/Ak-XIII/S1/IX/2010 (SPS: 004955)
3 Sarjana Gizi Kesehatan Nilai B -- SK: 027/BAN-PT
/Ak-XII/S1/IX/2009 (SPS: 004047)
4 Dokter Spesialis - Ilmu Kedokteran Gigi Anak Nilai A Peringkat A 0699/LAM-PTKes/Akr
/Spe/XI/2017
5 Dokter Spesialis - Ilmu Konservasi Gigi -- Peringkat B 0090/LAM-PTKes/Akr
/Spe/XI/2015
6 Dokter Spesialis - Ilmu Bedah -- Peringkat A 0079/LAM-PTKes/Akr
/Spe/III/2017
7 Dokter Spesialis - Ilmu Kedokteran Jiwa Nilai A Peringkat A 0624/LAM-PTKes/Akr
/Spe/X/2017
8 Dokter Spesialis - Ilmu Kesehatan Mata -- Peringkat A 0331/LAM-PTKes/Akr
/Spe/VI/2017
9 Magister - Ilmu Kesehatan Masyarakat -- Peringkat A 0251/LAM-PTKes/Akr
/Mag/IV/2018
10 Magister - Ilmu Kedokteran Dasar Nilai A -- 843/SK/BAN-PT/Akred
/M/VIII/2015
11 Magister - Ilmu Kedokteran Klinik Nilai A Peringkat A 0163/LAM-PTKes/Akr
/Mag/XII/2015
12 Magister - Ilmu Kedokteran Tropis Nilai A -- 801/SK/BAN-PT/Akred
/M/VIII/2015
13 Magister - Ilmu Pendidikan Dokter Nilai A Peringkat 1263/SK/BAN-PT/Akred
/M/XII/2015
14 Doktor - Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Nilai A Peringkat A 0417/LAM-PTKes/Akr
/Dok/III/2016
15 Program Profesi Dokter Nilai A -- 486/SK/BAN-PT/Akred
/PD/XII/2014

Keterangan :

- *) Program studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran UGM, selain telah diakreditasi oleh BAN-PT juga telah disertifikasi oleh LAMPTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan) dengan kualifikasi "A" (2014-2019). Jumlah dosen adalah 36 orang dengan kualifikasi minimum Master. Tingkat Kompetensi di Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI) adalah tingkat 7.

- Untuk Prodi yang belum/tidak ada peringkat akreditasinya di Universitas Gadjah Mada, hal dimungkinkan karena PTN ini tidak/belum mengajukan visitasi dan penilaian dari Lembaga BAN-PT serta Lembaga LAM-PTKes atau sudah mengajukan visitasi dan penilaian ke Lembaga BAN-PT dan LAM-PTKes, namun masih dalam proses penilaian. Terima kasih!

Semoga Informasi tentang Akreditasi Program Studi di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada ini diharapkan jadi salah satu bahan atau sumber dalam menentukan atau memilih Program Studi bagi para calon mahasiswa (cama) di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM). Amiin Ya Alloh Ya Robbal 'Alamin!

Sumber:
- BAN-PT Kemdikbud
- ugm.ac.id
- banpt.blogspot.com
- fk.ujiantulis.com
- LAM-PTKes

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget