Akreditasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Tahun 2019

Posted by Online Consultant on Monday, January 7, 2019

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK-UI) sebagai salah satu Fakultas Pembina mempunyai banyak program studi atau jurusan. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) merupakan fakultas kedokteran tertua dan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia.

Program studi / jurusan yang ada di bawah Fakultas PTN ini diantaranya adalah Program Pendidikan Dokter, Program Kelas Khusus Internasional (KKI), Program Magister, Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), Program Doktor, dan Program Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan (PKB) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Dari berbagai program studi atau jurusan di PTN ini, kami publikasikan informasi sehubungan Akreditasi Program Studi berdasarkan penilaian BAN-PT dan LAM-PTKes Tahun 2019. Untuk data selengkapnya silakan Anda memanfaatkan informasi di bawah ini :

Akreditasi Program Studi di Lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Tahun Akademik 2019/2020


NomorNama Jurusan Akreditasi BAN-PTAkreditasi LAM-PTKes Keterangan
1 Program Pendidikan Dokter Nilai A -- --
2 Program Kelas Khusus Internasional*) -- -- --
3 Program Magister Nilai A Peringkat A 0769/LAM-PTKes/Akr/Mag/XII/2017
4 Program Pendidikan Dokter Spesialis - Kedokteran Okupasi Nilai B Peringkat B 0018/LAM-PTKes/Akr/Spe/I/2018
5 Program Pendidikan Dokter Spesialis - Ilmu Kedokteran Forensik Nilai A Peringkat A 0074/LAM-PTKes/Akr/Spe/II/2018
6 Program Pendidikan Dokter Spesialis - Ilmu Kedokteran Olahraga Nilai B Peringkat B 0078/LAM-PTKes/Akr/Spe/II/2018
7 Program Pendidikan Dokter Spesialis - Kedokteran Penerbangan Nilai B Peringkat B 0372/LAM-PTKes/Akr/Spe/VI/2018
8 Program studi jenjang Doktor (S3) Nilai A Peringkat A 0220/LAM-PTKes/Akr/Dok/IV/2018
9 Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan (PKB) -- -- --

Keterangan :

- *) Akreditasi Program Kelas Khusus Internasional seyogyanya mengacu kepada akreditasi Bachelor of Medical Science (Monash University atau University of Melbourne, Australia) atau Master of Research (University of Newcastle Upon Tyne) dam Sarjana Kedokteran (Universitas Indonesia) yang berakreditasi A. Perlu kita pahami bahwa UI dan Bachelor of Medical Science yang memberi sertifikat kelulusan kepada alumnus Program Kelas Khusus Internasional UI.

- Untuk Prodi yang belum/tidak ada peringkat akreditasinya di Universitas Indonesia (UI), hal dimungkinkan karena PTN ini tidak/belum mengajukan visitasi dan penilaian dari Lembaga BAN-PT serta Lembaga LAM-PTKes atau sudah mengajukan visitasi dan penilaian ke Lembaga BAN-PT dan LAM-PTKes, namun masih dalam proses penilaian. Terima

Pencapaian akreditasi jurusan-jurusan tersebut, karena FKUI memiliki komitmen kuat untuk menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan kedokteran dengan menyelenggarakan pendidikan bertaraf internasional yang berbasis kompetensi sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Rencana strategis secara terarah dan sistematis memandu FKUI untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan, serta memperbaiki sistem manajemen pendidikan.

Disamping itu, mahasiswa/i FKUI datang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari negara lain. Keberagaman mahasiswa tersebut memberi tanggung jawab lebih kepada FKUI untuk dapat menyelenggarakan suatu pendidikan kedokteran yang membekali lulusan dengan pengetahuan menyeluruh tentang kedokteran dan kesehatan dengan biaya yang efisien sehingga dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Sebagai informasi tambahan bahwa secara kelembagaan, Universitas Indonesia memperoleh akreditasi institusi dengan peringkat A (Sangat Baik) dari Badan Akreditasi Nasionai Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kemendikbud.

Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) tersebut diperoleh semenjak tahun 2008 sampai dengan saat ini. Penilaian akreditasi meliputi 15 indikator meliputi kepemimpinan, kemahasiswaan, sumber daya manusia, kurikulum, prasarana dan sarana, pendanaan, tata pamong, sistem pengelolaan, sistem pembelajaran, suasana akademik, sistem informasi, sistem jaminan mutu, lulusan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta program studi atau jurusan.

Semoga Informasi tentang Akreditasi Program Studi di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) ini diharapkan jadi salah satu bahan atau sumber dalam mementukan atau memilih Program Studi bagi para calon mahasiswa (cama) di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Amiin Ya Alloh Ya Robbal 'Alamin!

Sumber:
- BAN-PT Kemdikbud
- ui.ac.id
- banpt.blogspot.com
- fk.ujiantulis.com
- LAM-PTKes

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget