Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara Tahun 2019

Posted by Online Consultant on Thursday, January 10, 2019

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) adalah fakultas kedokteran swasta tertua di luar Jawa. Dengan bermodalkan semangat keislaman para pendiri UISU, maka didirikanlah fakultas kedokteran di lingkungan UISU untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan dokter-dokter yang memegang teguh nilai keislaman.

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara adalah salah satu fakultas kedokteran swasta terkemuka di Sumatera yang memiliki sarana pendidikan yang lengkap dan didukung dengan banyaknya jumlah staf pengajar dari berbagai bidang ilmu kedokteran. Saat ini gedung baru yang berlokasi di Jalan STM menjadi gedung utama FK UISU.

Kegiatan perkuliahan di FK UISU pertama kali dilaksanakan pada 1 Oktober 1965 dengan mahasiswa angkatan pertama sebanyak 53 orang, dan tanggal tersebut ditetapkan sebagai tanggal berdirinya FK UISU.

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK Uisu) memiliki berbagai program studi atau jurusan. Program studi / jurusan yang ada di bawah Fakultas PTS ini diantaranya adalah Program Sarjana Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter (PSPD).

Dari berbagai program studi atau jurusan di Universitas Islam Sumatera Utara, kami publikasikan informasi sehubungan Akreditasi Program Studi berdasarkan penilaian BAN-PT dan LAM-PTKes. Untuk data selengkapnya silakan Anda memanfaatkan informasi di bawah ini :

Akreditasi Program Studi di Lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara Tahun Akademik 2019/2020


NomorNama Jurusan Akreditasi BAN-PTAkreditasi LAM-PTKes Keterangan
1 Program Pendidikan Dokter NilaiB Peringkat B 0686/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2017
2 Program Profesi Dokter Nilai B Peringkat B 0687/LAM-PTKes/Akr/Pro/XI/2017

Keterangan :

- Semua Prodi yang di bawah Fakultas Kedokteran di Universitas Islam Sumatera Utara sudah mendapatkan penilaian dari Lembaga BAN-PT dan LAM-PTKes. Terima kasih!

Sebagaimana pernah kami sampaikan, bahwa secara akademik FK UISU menerapkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) tahun 2012 berdasarkan SK Rektor No. 38 tahun 2013 tentang Kurikulum FK UISU. Struktur Kurikulum FK UISU dikemas dalam 2 (dua) tahapan, yaitu Tahap Akademik atau Tahap Pendidikan Sarjana Kedokteran (147 SKS) dan Tahap Pendidikan Profesi (43 SKS).

Hal tersebut juga sejalan dengan kebutuhan akan dokter di Indonesia yang harus memiliki kompetensi untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan secara profesional sesuai Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) Tahun 2012. Elemen utama lain yang mendominasi penyusunan kurikulum adalah menghasilkan dokter Islami yang dapat menyelesaikan masalah-masalah kesehatan berdasarkan syariah Islam sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Semoga Informasi tentang Akreditasi Program Studi di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara ini diharapkan jadi salah satu bahan atau sumber dalam menentukan atau memilih Program Studi bagi para calon mahasiswa (cama) di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara. Amiin Ya Alloh Ya Robbal 'Alamin!

Sumber:
- BAN-PT Kemdikbud
- uisu.ac.id
- banpt.blogspot.com
- fk.ujiantulis.com
- LAM-PTKes

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget