Informasi PMB dan Seleksi Kedokteran Universitas Indonesia Tahun Akademik 2019/2020

Posted by Online Consultant on Wednesday, January 2, 2019

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) merupakan unit tertua dalam lintas sejarah Universitas Indonesia. Kini, FKUI terus mengembangkan diri melalui pendidikan yang telah disesuaikan dengan Program Standar Internasional, yang ditetapkan oleh Federasi Pendidikan Kedokteran Dunia. Di FKUI Mahasiswa harus mengikuti sistem modul yang sudah ditetapkan secara sistematis. Kurikulum FKUI terdiri atas tiga tahap. Tahap pertama, general education pada semester satu. Tahap kedua, medical sciences pada semester 2-6, kemudian tahap ketiga berupa clinical practice pada semester 7-10. Tahap pendidikan ini dilengkapi dengan masa internship selama satu tahun.

Program studi kedokteran hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50% dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

UI menggunakan Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai sistem pembayaran dimana mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan program studi dan tidak dikenakan lagi biaya per SKS.

Lulusan FKUI harus memiliki kemampuan untuk bekerja dan memberikan kontribusi, baik secara nasional, regional dan internasional. Terkait dengan hal tersebut, lulusan program ini harus memiliki kompetensi dengan standar internasional yang dapat berkompetisi dengan dokter-dokter dari luar negeri.

Penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui jalur SNMPTN (Jalur undangan), SIMAK UI (Seleksi Masuk UI) S1 Kelas Internasional, dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Dari berbagai jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Indonesia (UI), kami berikan informasi Pendaftaran dan Seleksi Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Tahun Akademik 2019/2020. Untuk selengkapnya silakan para pengunjung memanfatkan informasi dalam bentuk Tabel Informasi di bawah ini :


Informasi Pendaftaran dan Seleksi Pendidikan Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Tahun Akademik 2019/2020


No.Jalur Penerimaan PendaftaranSeleksi Pengumuman
1 Snmptn UI 04 Februari – 14 Februari 2019 Pengisian dan Verifikasi PDSS :
04 Januari – 25 Januari 2019
23 Maret 2019
2 Sbmptn UI - SBMPTN UTBC sekitar April 2019,
- SBMPTN UTBK sekitar April 2019
Ujian tertulis (UTBC dan UTBK) :
sekitar Mei 2018.
sekitar Juli 2019
3 SIMAK UI Kelas Internasional sekitar Maret 2019 sekitar Mei 2019 sekitar Juli 2019

Keterangan :

Pendirian Program Kelas Khusus Internasional (KKI) menjadi solusi penting yang dilakukan FKUI guna mengantisipasi tantangan globalisasi diantaranya masuknya dokter asing ke Indonesia secara bebas. Untuk menjawab tantangan tersebut, Program KKI dirancang untuk mencetak dokter yang mampu berkompetisi dengan lulusan dari negara lain dan memiliki kompetensi berstandar internasional.

Strategi yang diterapkan dalam Program KKI adalah melibatkan kolaborasi internasional, yaitu University of Melbourne, Monash University, dan University of Newcastle Upon Tyne. Oleh karena itu, program KKI di FKUI memiliki nilai tambah double degree, yaitu dokter (Universitas Indonesia) dan Bachelor of Medical Science (University of Melbourne/Monash/Newcastle).

Mahasiswa program KKI akan menjalankan program studi ke luar negeri (Australia atau Inggris) pada tahun ke-4 selama satu tahun. Program yang dilaksanakan di universitas tersebut berupa coursework atau research project. Mahasiswa berkesempatan untuk mempelajari lebih mendalam tentang seluk beluk penelitian dan mengaplikasikannya dalam proyek riset.

Kegiatan akademis dalam Program KKI dilaksanakan dalam Bahasa Inggris, baik dalam perkuliahan, diskusi, praktikum, tugas, maupun ujian. Penggunaan Bahasa Inggris bertujuan agar lulusan KKI mampu melakukan pembelajaran kedokteran dalam Bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional. Program Kelas Internasional dirancang untuk mengembangkan profesionalisme dan menggunakan kurikulum standar internasional. Kondisi dalam kegiatan belajar mengajar membuat siswa mengembangkan cara belajar mereka dan menggali kemampuan melalui berbagai sumber akademik untuk meningkatkan kemampuan di bidang ilmu kedokteran.

Kegiatan belajar mengajar mahasiswa KKI FKUI dilaksanakan di kampus FKUI Salemba, Kampus Rumpun Ilmu Kesehatan UI Depok, berbagai rumah sakit pendidikan FKUI, serta berbagai klinik pelayanan kesehatan FKUI baik negeri maupun swasta.

Strategi pembelajaran di FKUI menggunakan pendekatan SPICES , yaitu Students Active Learning, Problem Based Learning, Integrated Teaching, Community Medicine, Early Clinical Exposure/Elective, Evidence Based Learning, dan Systematic.

Sertifikasi yang akan diperoleh Lulusan Program Kelas Khusus Internasional (KKI), diantaranya:

  • Bachelor of Medical Science (Monash University atau University of Melbourne, Australia) atau Master of Research(University of Newcastle Upon Tyne)
  • Sarjana Kedokteran (Universitas Indonesia)
  • Dokter (Universitas Indonesia).

Informasi Kelas Khusus Internasional FKUI:

Sekretariat Kelas Khusus Internasional FKUI
IASTH Building 5th Floor
Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta Pusat.
Tel/Fax: 021-3902408, 3903004, 31909005
Email: office@fk.ui.ac.id



Kontak FK UI:

Fakultas Kedokteran
Kampus UI Salemba
Jl. Salemba Raya no 6
Salemba, Jakarta Pusat 10430
email: humas@fk.ui.ac.id, office@fk.ui.ac.id

Informasi tentang Pendaftaran dan Seleksi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Tahun Akademik 2019/2020 ini diharapkan jadi salah satu bahan atau sumber yang membantu para calon peserta Tes di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI). Amiin Ya Alloh Ya Robbal 'Alamin!


Sumber:
- ui.ac.id
- fk.ujiantulis.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget