Informasi PMB dan Seleksi Fakultas Kedokteran Undana Tahun Akademik 2019/2020

Posted by Online Consultant on Friday, January 4, 2019

Universitas Nusa Cendana atau disingkat Undana adalah satu-satunya universitas negeri di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berdiri sejak 1 September 1962. Hingga saat ini dan seterusnya berkiprah demi bangsa dan tanah air tercinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kedekatan letak geografik dengan benua Australia dan pada bagian Timur kepulauan Nusa Tenggara menyebabkan sebagian besar wilayah Provinsi NTT beriklim semi-ringkai (semi-arid), terutama bagian Timur pulau Sumba, bagian Utara pulau Timor dan bagian Utara dan Timur pulau Flores dan pulau-pulau di sebelah Timur pulau Flores.

Problem kesehatan selama ini belum terselesaikan karena penyebaran tenaga kesehatan yang belum merata, kurangnya tenaga kesehatan yang bersedia menetap di NTT dan kondisi alam yang kering sehingga sumber daya alam terbatas. Oleh karena itu diperlukan adanya institusi akademis, khususnya kedokteran, yang mendidik putra-putra daerah NTT sehingga menjadi tenaga-tenaga kesehatan yang bersedia ditempatkan di Provinsi NTT. Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana berdiri berdasarkan surat Dirjen Dikti no. 2122/D/T/2008, UNDANA diberi ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran yang mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2008/2009.

Kemajuan pembangunan dan pertumbuhan penduduk menjadi pemicu meningkatnya kebutuhan masyarakat/rakyat dalam segala bidang khususnya dibidang kesehatan. Rakyat Indonesia umumnya 75 % berdomisili di pedesaan, jauh dari jangkauan sarana-prasarana kesehatan seperti Puskesmas dan tenaga medis khusus tenaga dokter.

Kondisi ini disebabkan tenaga medis/dokter yang sangat minim dan akses informasi dari masyarakat tentang kesehatan juga sangat minim sehingga Kejadian Luar Biasa (KLB) yang terjadi di Indonesia termasuk di NTT seperti busung lapar, diare dan malaria tidak dapat dideteksi secara dini. Langkah strategik antisipasi yang dapat dilakukan mengatasi kondisi tersebut salah satunya adalah kehadiran lembaga pendidikan kedokteran di NTT merupakan kebutuhan prioritas dan mendesak. Jawaban akan kebutuhan tersebut di atas, berdasarkan surat Dirjen Dikti no. 2122/D/T/2008, UNDANA diberi ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran yang mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2008/2009.

Keterangan Gambar: Akreditasi Pendidikan Dokter Undana

Proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Nusa Cendana tidak hanya yang bersifat Nasional seperti SNMPTN dan SBMPTN, Undana juga menggelar seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru yang bersifat mandiri yang bernama Seleksi Mandiri Masuk Undana (SMMU).

Keterangan Gambar: Kampus FK Undana yang megah dan asri

Dari berbagai jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Nusa Cendana, kami berikan informasi Pendaftaran dan Seleksi Kedokteran Undana Tahun Akademik 2019/2020. Untuk selengkapnya silakan para pengunjung memanfatkan informasi dalam bentuk Tabel Informasi di bawah ini :

Informasi Pendaftaran dan Seleksi Pendidikan Kedokteran Undana Tahun Akademik 2019/2020


No.Jalur Penerimaan PendaftaranSeleksi Pengumuman
1 Snmptn 2019 04 Februari – 14 Februari 2019 Pengisian dan Verifikasi PDSS :
04 Januari – 25 Januari 2019
23 Maret 2019
2 Sbmptn 2019 - SBMPTN UTBC sekitar April 2019,
- SBMPTN UTBK sekitar April 2019
Ujian tertulis (UTBC dan UTBK) :
sekitar Mei 2019.
sekitar Juli 2019
3 Seleksi Mandiri Masuk Undana (SMMU) sekitar Juni 2019 sekitar Juni 2019 sekitar Juli 2019


Keterangan :

- Jadwal masih akan kami tambah lagi terkait beberapa Jadwal Pendaftaran Seleksi yang belum ditetapkan, terima kasih!

Keterangan Gambar: Laboratorium FK Undana

Kami berharap informasi mengenai Seleksi Kedokteran Universitas Nusa Cendana (Undana) Tahun Akademik 2019/2020 ini dapat bermanfaat khususnya bagi para pelajar yang berminat meneruskan kuliah di Fakultas Kedokteran, Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin!


Sumber:
- undana.ac.id
- fk.ujiantulis.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget