Soal Kedokteran

Cara Cek Hasil SNBT Kedokteran 2023 pada Laman Resmi SNBT dan PTN Mirror

Alhamdulillah, atas berkat Rahmat Alloh SWT. bahwa sebagian dari rangkaian kegiatan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Tahun Akademik 2023/2024, berjalan dengan lancar, tertib, aman, dan terkendali. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN), diikuti oleh ratusan ribu peserta.

Menurut Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru, bahwa statistik akhir pendaftaran UTBK-SNBT 2023, setidaknya sekitar 1.294.263 siswa yang diterima sistem sebagai calon pendaftar UTBK-SNBT 2023. Namun, hanya 803.853 siswa yang melakukan proses pemilihan program studi dan finalisasi akun. Dengan demikian, sudah dipastikan bila sekitar 490.410 siswa gagal mengikuti UTBK-SNBT 2023.

Secara nasional hasil dari Seleksi SNBT tersebut akan diumumkan oleh Panitia SNBT 2023 yakni SNPMB Kemendikbud yang merupakan Panitia Pelaksana SNBT Snpmb Kemendikbud penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi bagi calon mahasiswa baru berdasarkan kesetaraan, keadilan, fleksibilitas, efisiensi, serta akuntabel. SNPMB Kemendikbud merupakan lembaga penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru secara terstruktur dan terukur.

SNPMB Kemendikbud (Panitia Pelaksana SNBT Snpmb Kemendikbud) yang berkantor di Gedung D Lantai 2, Komplek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jalan Pintu I Senayan, Jakarta menjadwalkan Pengumuman Kelulusan Seleksi SNBT Tahun Akademik 2023/2024 secara online pada Hari Selasa, tanggal 20 Juni yang dapat dicek (dilihat) pada tanggal 20 Juni 2022 mulai Pukul 15.00 WIB pada Laman Resmi Pengumuman Kelulusan Seleksi SNBT yaitu : Situs Resmi Pengumuman Hasil SNBT SNPMB Kemendikbud atau bisa dicek (dilihat) pada pada Laman Resmi PTN Mirror.

Selanjutnya untuk adik-adik peserta SNBT yang memilih salah satu atau semua program studi (jurusan) yang ditawarkan oleh Perguruan Tinggi Negeri yang anda pilih, apabila terdapat kendala untuk mengakses Laman Resmi Pengumuman Hasil SNBT SNPMB Kemendikbud, bisa Anda dicoba untuk membuka Laman Resmi PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang anda pilih, misalnya apabila kita memilih Prodi Kedokteran Universitas Indonesia (UI) sebagai pilihan pertama, maka bisa dicek di Situs Resmi UI (ui.ac.id) atau di Laman Khusus Pengumuman SNBT UI yakni : SNBT.ui.ac.id. Selanjutnya apabila pilihan keduanya Teknik Informatika Universitas Padjadjaran (Unpad), hal tersebut bisa dicoba dicek pada Situs Resmi Unpad (unpad.ac.id) atau di Laman Khusus Pengumuman SNBT Unpad yaitu : SNBT.unpad.ac.id. Bahkan adik-adik yang kurang yakin dengan status kelulusannya pun boleh-boleh saja untuk mengeceknya di Situs Resmi Perguruan Tinggi Negeri yang anda pilih.

Selanjutnya untuk mempermudah pencarian atau pengecekan Hasil Kelulusan UTBK-SNBT 2023 pada Laman Resmi SNPMB Kemendikbud dan PTN Mirror oleh adik-adik peserta UTBK-SNBT, Insya Allah akan kami sampaikan Laman Pengumuman SNBT dari PTN Mirror. Berikut ini akan kami tuliskan data lengkapnya berdasarkan Rilis Resmi PTN Peserta SNBT 2023 dan juga Panitia Pelaksana SNBT Snpmb Kemendikbud :

Laman Pengumuman SNBT dari PTN Mirror :

No. Laman Pengumuman SNBT Situs Resmi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Keterangan
01SNBT.unair.ac.idunair.ac.idUniversitas Airlangga
02SNBT.itb.ac.iditb.ac.idInstitut Teknologi Bandung
03SNBT.unpad.ac.idunpad.ac.idUniversitas Padjadjaran
04SNBT.untirta.ac.iduntirta.ac.idUniversitas Sultan Ageng Tirtayasa
05SNBT.ugm.ac.idugm.ac.idUniversitas Gadjah Mada
06SNBT.unsika.ac.idunsika.ac.idUniversitas Singaperbangsa Karawang
07SNBT.its.ac.idits.ac.idInstitut Teknologi Sepuluh Nopember
08SNBT.unimal.ac.idunimal.ac.idUniversitas Malikussaleh
09SNBT.untan.ac.iduntan.ac.idUniversitas Tanjungpura
10SNBT.unesa.ac.idunesa.ac.idUniversitas Negeri Surabaya
11SNBT.unsri.ac.idunsri.ac.idUniversitas Sriwijaya
12SNBT.unp.ac.idunp.ac.idUniversitas Negeri Padang
13SNBT.uny.ac.iduny.ac.id/td>Universitas Negeri Yogyakarta
14SNBT.unsyiah.ac.idunsyiah.ac.idUniversitas Syiah Kuala
15SNBT.itk.ac.iditk.ac.idInstitut Teknologi Kalimantan
16SNBT.unnes.ac.idunnes.ac.idUniversitas Negeri Semarang
17SNBT.ipb.ac.idipb.ac.idInstitut Pertanian Bogor
18SNBT.unm.ac.idunm.ac.idUniversitas Negeri Makassar
19SNBT.upnjatim.ac.idunm.ac.idUniversitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
20SNBT.undip.ac.idundip.ac.idUniversitas Diponegoro
21SNBT.uns.ac.iduns.ac.idUniversitas Sebelas Maret
22SNBT.unram.ac.idunram.ac.idUniversitas Mataram
23SNBT.ulm.ac.idulm.ac.idUniversitas Lambung Mangkurat
24SNBT.usu.ac.idusu.ac.idUniversitas Sumatera Utara
25SNBT.ui.ac.idui.ac.idUniversitas Indonesia
26SNBT.unand.ac.idunand.ac.idUniversitas Andalas
27SNBT.unhas.ac.idunhas.ac.idUniversitas Hasanuddin
28SNBT.isbi.ac.idisbi.ac.idInstitut Seni Budaya Indonesia Bandung
29SNBT.unsrat.ac.idunsrat.ac.idUniversitas Sam Ratulangi
30SNBT.unej.ac.idunej.ac.idUniversitas Jember
31SNBT.unimed.ac.idunimed.ac.idUniversitas Negeri Medan
32SNBT.upnvj.ac.idupnvj.ac.idUniversitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Keterangan :

Apabila dari sekitar tiga puluh dua PTN mirror pengumuman SNBT yang dipublikasikan oleh Panitia SNPMB Kemendikbud tersebut, PTN yang adik-adik perserta SNBT pilih belum / tidak tercantum, saran kami kembali cek di Laman Resmi SNPMB Kemendikbud (https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id), atau anda coba mengakses Situs Resmi dari Perguruan Tinggi Negeri yang Anda pilih.

Kami juga Insya Allah akan menyusulkan informasi yang lebih baik terkait masalah Laman Situs PTN mirror pengumuman SNBT Tahun Akademik 2023/2024 tersebut di atas.

Mudah-mudahan Perguruan Tinggi Negeri yang anda pilih bisa benar-benar mendapatkan calon mahasiswa baru yang diperkirakan mempunyai keberhasilan studi di Perguruan Tinggi Negeri yang anda pilih. Selain itu kita semua tentunya berharap bahwa masyarakat akan mendapat kenyamanan dan kemanfaatan yang lebih, dengan kata lain masyarakat Indonesia dengan seleksi SNBT ini akan mendapatkan kenyamanan dan kemanfaatan yang lebih, karena Penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN diselenggarakan dengan prinsip Adil, Akuntabel, Fleksibel, Efisien, serta Transparan.

Semoga panduan Cara Melihat atau Mengecek Pengumuman Kelulusan Seleksi SNBT Tahun Akademik 2023/2024 di Perguruan Tinggi Negeri yang anda pilih ini bisa membantu adik-adik para siswa peserta SNBT Tahun Akademik 2023/2024 terutama yang menentukan pilihannya di lingkungan Fakultas Kedokteran. Amin Ya Alloh Ya Robbal 'Alamin!

Copyright @pendidikandokter.com

Sumber:
- SNPMB Kemendikbud.go.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments