Soal Kedokteran

Akreditasi Fakultas Kedokteran Uisu

Fakultas Kedokteran Uisu mendaftarkan akreditasi program studi pada lembaga akreditasi nasional yaitu LAM-PTKes. Akreditasi terhadap Fakultas dan Program Studi FK UISU terakhir dilakukan pada tahun 2017. Hasil akreditasi yang dilakukan oleh LAM-PTKes pada program studi Sarjana Kedokteran memperoleh peringkat Baik / Good (Surat Keputusan No: 0686/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2017). Begitupula dengan akreditasi pada program studi Profesi Dokter yang juga memperoleh peringkat Baik / Good (Surat Keputusan No: 0687/LAM-PTKes/Akr/Pro/XI/2017).

Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) berhasil mempertahankan akreditasi institusi perguruan tinggi dengan peringkat B. Hal itu berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Nomor: 721/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/VIII/2021 tentang Peringkat Akreditasi Perguruan Tinggi Universitas Islam Sumatera Utara, Kota Medan. Keputusan itu diterbitkan 4 Agustus lalu dan ditetapkan di Jakarta oleh Direktur Dewan Ekskutif T. Basaruddin.

Dikatakannya, capaian ini juga tentu saja merupakan buah kinerja dan kerjasama yang sangat solid dari semua pihak baik internal UISU yaitu unsur pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, yayasan dan external UISU yaitu alumni dan institusi pemerintah dan swasta. “Atas nama Yayasan perkenankan kami menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada semua pihak khususnya Pimpinan dan sivitas akademika UISU. Hidup, hidup, hiduplah UISU, Subur dan jaya untuk slama-lamanya, Bergeraklah menuju kemajuan, Menyebarkan ilmu pengetahuan,”ucapnya.

Rektor UISU, Dr. Yanhar Jamaluddin, MAP menyampaikan harapan sekaligus targetnya untuk peningkatan akreditasi Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter UISU mencapai peringkat A. Hal itu disampaikan Rektor UISU, Dr. Yanhar Jamaluddin, MAP saat menerima kunjungan Tim Visitasi Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI yang disambut Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution dan Rektor UISU, Yanhar Jamaluddin dan Kadis Kesehatan Medan, dr Edwin Effendi.

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (Uisu), yang bersumber pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berkedudukan di Jl. M.H. Thamrin No.8, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Islam Sumatera Utara (Uisu)

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Dokumen Akreditasi
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum0686/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2017B2022-11-24Unduh Dokumen
Profesi Dokter 0687/LAM-PTKes/Akr/Pro/XI/2017B2022-11-24Unduh Dokumen

Dipaparkan Rektor UISU bahwa saat ini akreditasi kedokteran UISU pada peringkat B. Namun, pihaknya berkeyakinan bahwa ke depan Kedokteran UISU dapat meraih peringkat A. Sebab itu, UISU sangat mendukung terwujudnya RSUD dr Pirngadi Medan menjadi rumah sakit pendidikan utama Akreditasi A. Dengan peningkatan akreditasi rumah sakit milik Pemko Medan saat ini akan membantu mewujudkan FK UISU memperoleh Akreditasi A.

“Dengan adanya visitasi ini, bagi UISU, harapan kami adalah bagaimana kelas B rumah sakit ini bisa meningkat ke kelas A. Apabila itu terjadi, maka secara kelembagaan ini akan memberi pengaruh terhadap eksistensi UISU dan khususnya Fakultas Kedokteran UISU,” jelas Dr. Yanhar Jamaluddin, MAP. Sebab itu, pada prinsipnya, UISU sangat mendukung upaya yang dilakukan untuk meningkatkan akreditasi Rumah Sakit Pirngadi sebagai rumah sakit pendidikan.

Untuk meraih peringkat A tersebut, pihaknya mengajak seluruh civitas akademika UISU, khususnya Fakultas Kedokteran UISU untuk bekerja keras dalam rangka melaksanakan kegiatan tri dharma pendidikan UISU dan dakwah Islamiyah sesuai dengan tuntutan boring akreditasi program studi. Hal itu membutuhkan kerjasama seluruh civitas akademika, termasuk alumni dan stake holder dalam rangka meningkatkan peringkat akreditasi Keodkteran UISU. “Insya Allah dengan naiknya akreditasi rumah sakit ini, maka ini akan mudah untuk mendorong tercapainya akreditasi kedokteran kita ke Akreditasi A,” tambahnya.

Adapun kedatangan Tim Visitasi Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI dipimpin Dr Tengku Jumala Sari didampingi Prof Nanan Sekarwana SpA (K), Dr Yani Istadi, Drg Cristiana serta Basar Febriano. Dikatakan Jumala Sari, saat ini RSUD Dr Pirngadi merupakan rumah sakit pendidikan Kelas B. Begitupun, statusnya bisa meningkat menjadi Kelas A, namun ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi akreditas rumah sakit.

”Ahamdulillah RSUD Dr Pirngadi sudah memproleh akreditas paripurna. Prestasi yang telah diraih ini harus terus dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi. Jangan sampai merosot, sebab ada 8 rumah sakit pendidikan yang turun kelas,” harap Sari. Selain itu, imbuh Sari lagi, tugas yang harus dipenuhi RSUD Dr Pirngadi sebagai rumah sakit pendidikan utama adalah membina rumah sakit jejaring, sehingga kualitas anak didik yang ada di rumah sakit pendidikan utama dan yang bukan utama (rumah sakit jejaring) memiliki kualitas yang sama.

Visitasi yang dilakukan Tim Visitasi Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI juga turut dihadiri Wakil Wali Kota Medan H. Akhyar Nasution, Dirut RSUD Dr Pirngadi Dr Suryadi Panjaitan beserta seluruh jajaran, Rektor UISU DR Yanhar Jamaludin MAP, Kadis Kesehatan Dr Edwin Effendi, Kabag Humas Setdako Medan Arrahman Pane dan Camat Medan Timur Odie A Batubara.

Wakil Wali Kota Medan H Akhyar Nasution MSi berharap, visitasi (kunjungan) yang dilakukan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia ke RSUD Dr Pirngadi Medan dalam rangka perpanjangan penetapan sebagai rumah sakit pendidikan utama dapat memberikan hasil yang memuaskan. “Semoga dengan visitasi yang dilakukan, hasilnya memuaskan sehingga RSUD Dr Pirngadi yang selama ini berstatus rumah sakit pendidikan kelas B bisa meningkat kelasnya menjadi A, sehingga dapat membawa manfaat dalam peningkatan mutu pendidikan mahasiswa kedokteran yang belajar di RSUD Dr Pirngadi,” demikian seperti dikatakan Wakil Wali Kota Medan H Akhyar Nasution MSi.

Semoga informasi tentang Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Uisu yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- uisu.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments