Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Ukdw

Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (FK Ukdw) pada awal berdirinya tahun 2009 masih dalam bentuk Program Studi (Jurusan), yang langsung dibawah Rektor terus berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan dokter yang profesional, mandiri, terpercaya, dan melayani masyarakat dalam pelayanan kesehatan primer dengan berdasar kasih.

Pada Tahun 2011 Program Studi Pendidikan Dokter diresmikan oleh Yayasan menjadi Fakultas Kedokteran. Sampai tahun 2017, Fakultas Kedokteran UKDW telah meluluskan 107 dokter, yang sudah bekerja diberbagai daeah di Indonesia. Tingkat kelulusan UKMPPDnya juga cukup memuaskan mencapati diatas 92% setiap periode.

Fasilitas awal gedung yang digunakan adalah gedung Agape lantai lima, tapi sejak di penghujung tahun 2013, fasilitas gedung yang digunakan adalah Gedung Logos yang berlantai 7. Di gedung inilah dikelola kegiatan administrasi Pimpinan, Administrasi Akademik dan Administrasi Keuangan.

Fasilitas lainnya untuk kegiatan proses belajar mengajar yang dimiliki saat ini adalah Laboratorium Ketrampilan Medik, Laboratorium Biomedik dan Laboratorium Preklinik dan Laboratorium Biostatistik, serta Perpustakaan baik cetak maupun elektronik. Fasilitas Rumah Sakit Pendidikan tempat mahasiswa tahap profesi melakukan proses Kepaniteraan Klinik adalah RS Bethesda sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama dan Rumah Sakit Jejaring lainnya di wilayah DI Yogjakarta dan Jawa Tengah. Pendidikan tahap profesi dikelola dengan Piagam Kerja Sama yang telah disepakati dan disetujui bersama.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (Ukdw), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (Ukdw) ini, kampusnya beralamat di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.5 - 25, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gagasan dan mimpi untuk mendirikan Fakultas Kedokteran di Universitas Kristen Duta Wacana tidak terlepas dari nama nama Kol. (Pur) Djoko Soewindhi. Waktu itu sebagai anggota DPR RI, Jenderal TNI (Pur) Luhut Binsar Pandjaitan MPA dan beberapa tokoh antara lain Pdt. DR. Budyanto, Boy M W Saul anggota DPR RI 2004-2009, dr. Bernard S.M. Hutabarat, PAK., dr. Ruwido Darmowigoto MPH &TM., Djohan, MEM, Ph.D., Prof. dr. Jonathan Willy Siagian, Sp.PA., dr. R. Nugroho Hadi Purwowidagdo Sp.OG., dr. Sugianto, Sp.S, M.Kes, Ph.D., dr. J. B. Soebroto, Sp.PA(K)., dr. E. Suryadi SU.PAK.MHPE., dr. Mahar Agusno Sp.KJ (K)., dr. Marwani Bratasaputra, Sp.PD., dr. Sandra Kartika, drg. Suryani Hudomo M.D.Sc., Dr. Fonali Lahagu., Ir. Yusak Gunadi Santoso, MM., dr. Slamet Sunarno Harjosuwarno, MPH., Ninik Kusmiati, S.Si., Tati Herawati, S.Si., Adhe Sambu Atmodjo, S.Si. Semuanya telah bersatu hati dan bekerja keras untuk mewujudkan berdirinya Fakultas Kedokteran UKDW.

Sebenarnya, sejak 1985 telah mulai digagas oleh para penggagas waktu itu, untuk mendirikan Fakultas Kedokteran, dengan memulaikan membentuk tim dan menyusun proposal yang diajukan ke Departeman Pendidikan saat itu. Proposal diajukan tahun 2004, ditolak dan diperbaharui tahun 2006, masih terus diminta untuk diperbaiki, dan tahun 2008 dikirimkan lagi proposal yang sudah disempurnakan oleh Tim Pendiri Fakultas Kedokteran saat itu. Tahun 2009 hampir berakhir, kunjungan tim Visitasi akhirnya membuat keputusan untuk merekomendasikan berdirinya Program Studi Pendidikan Dokter di Universitas Kristen Duta Wacana. Program Studi Pendidikan Dokter UKDW resmi berdiri dengan Surat Ijin Penyelenggaran yang dikeluarkan oleh Dir Jen Dikti No 1847/D/T/2009 tanggal 14 Oktober 2009.

Program Studi Pendidikan Dokter di UKDW berada langsung dibawah Rektor dan telah melakukan proses pendidikan bagi mahasiswa sejak 2009. Dengan lokasi di gedung Agape lantai 5 dan fasilitas Laboratorium yang secukupnya, proses pendidikan terus berlangsung dan terus menerus ditingkatkan. Proses Belajar dan mengajar dapat berlangsung dengan baik berkat kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Unsrat, dengan bantuan Guru Besar dan Dosen Senior, yang secara periodik membantu dan membimbing Program Studi Pendidikan Dokter di UKDW.

Semenjak diresmikannya Program Studi Pendidikan Dokter menjadi Fakultas Kedokteran, maka terus menerus dilakukan pembenahan dan pengembangan, termasuk peralatan, sarana prasarana dan juga SDM. Peningkatan dan perbaikan managemen, kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan lainnya terus menjadi perhatian, termasuk penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pada tahun 2012, Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran UKDW telah lusus akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (Ban-PT) Pada saat itu memang baru ada satu Program Studi, yaitu Program Studi Pendidikan Dokter. Pada tahun 2013 melalui Surat Dirjen Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No 304/E/O/2013 tanggal 23 Juli 2013 dinyatakan perpanjangan ijin untuk Prodi Kedokteran dan ijin untuk tambahan satu Prodi lagi yaitu Prodi Profesi Dokter. Dengan demikian sejak saat itu Fakultas Kedokteran UKDW telah memiliki 2 prodi. Pada tahun 2014, Prodi Pendidikan Dokter telah meluluskan Sarjana Kedokteran dan sejak saat itu dimulai lah Prodi Pendidikan Profesi, dengan menggunakan Rumah Sakit Bethesda sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama.

Visi dan Misi Fakultas Kedokteran

Visi

Menjadi salah satu Fakultas Kedokteran unggul yang menghasilkan generasi dokter yang berbudi luhur, profesional mandiri, dan terpercaya dalam bidang pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang pluralistik berdasarkan kasih.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang kedokteran untuk membentuk generasi dokter yang profesional, mandiri, dan terpercaya, serta mampu menyelesaikan masalah kesehatan penderita, masyarakat dengan mengacu pada sistem pelayanan kesehatan yang berlaku.
  2. Melaksanakan riset dan menerapkan hasil riset kedokteran agar tercipta dan terbina sivitas akademika kedokteran yang unggul dalam inovasi dan diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian dalam bidang kesehatan untuk masyarakat yang pluralistik dengan dijiwai oleh kasih
  4. Membangun institusi yang unggul dan kompetitif menuju noble medicopreneurial faculty
  5. Mengembangkan sivitas akademika yang mengacu pada nilai-nilai kedutawacanaan, nilai moral, spiritual dan etika professional.

Informasi Program Studi

Program Studi Pendidikan Dokter

Program Studi Pendidikan Dokter, adalah Program Studi yang ada di Fakultas Kedokteran UKDW untuk mendidik dan mempersiapkan mahasiswa untuk menyelesaikan studinya selama 4 tahun, menjadi Sarjana Kedokteran.

Program Studi Pendidikan Dokter sudah dimulai sejak 2009. Kurikulum dan proses pembelajarannya berbasis problem dan melakukan pendekatan “student center learning” Aktifitas pembelajaran melalui Kuliah Pakar, Tutorial, Skills Lab dan Praktikum. Kurikulum yang digunakan awalnya adalah kurikulum 2009 dengan menggunakan sistem Blok. Diakhir tahun keempat, mahasiswa harus sudah selesai menuliskan Karya Tulis Mahasiswa, hasil penelitian yang disebut Skripsi, dengan sudah menyelesaikan KKN dan juga semua Blok yang ada dalam 8 semester. Ditahun 2014 telah disusun Kurikulum baru, sebagai hasil revisi kurikulum 2009, dan sudah diterapkan secara bersamaan. Setelah menyelesaikan semua Blok, dan lulus ujian Blok, KKN, Karya Tulis, maka mahasiswa di wisuda sebagai Sarjana Kedokteran, dengan IPK minimal 3. Setelah lulus ujian OSCE komprehensif, maka mahasiswa dapat melanjutkan ke Program Profesi Dokter.

Program Profesi Dokter

Program Profesi Dokter, pada hakekatnya adalah lanjutan dari Program Pendidikan Dokter. Seorang yang sudah bergelar Sarjana Kedokteran, haruslah melanjutkan ke Program Profesi Dokter untuk mendapatkan gelar Dokter. Program Profesi Dokter diselesaikan selam kurang lebih 2 tahun atau 4 semester. Kurikulumnya merupakan kurikulum bentuk ketrampilan Profesi, melalui proses pembelajaran mengikuti “stase” pada 13 bagian Klinik dan Kedokteran Komunitas.

Kegiatan di masing masing stase, selain kegiatan ilmiah sesuai tempat stase seperti pembacaan jurnal, diskusi, tuturial, juga dilatihkan kegiatan keterampilan penanganan pasien oleh Dosen Pembimbing Klinik dan Instruktur Klinik. Ujian dilakukan setiap selesai stase dimasing masing bagian. Program Profesi Dokter ini, dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan Utama, RS Bethesda dan beberapa Rumah Sakit Jejaring, dan Puskesmas Setelah semua stase diselesaikan, maka mahasiswa harus mengikuti lagi UKMPPD secara nasional, dan bila dinyatakan lulus, maka akan dilakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter oleh Dekan.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Kristen Duta Wacana (Ukdw) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- ukdw.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments