Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Uisu

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) merupakan fakultas kedokteran swasta tertua di luar Jawa. Dengan bermodalkan semangat keislaman, para pendiri UISU kemudian mendirikan fakultas kedokteran di lingkungan UISU untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat terhadap dokter-dokter yang memegang teguh nilai-nilai keislaman.

Pada tahun 1965 satu-satunya Fakultas Kedokteran yang ada di Sumatera Utara adalah Fakultas Kedokteran USU yang tidak sanggup menampung semua lulusan SMA yang berminat melanjutkan pendidikan ke Fakultas Kedokteran, sementara itu kebijakan yang ada terasa mempersulit calon-calon mahasiswa dari Sumatera Utara untuk bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri lain terutama yang ada di pulau Jawa.

Kurikulum pendidikan FK UISU menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang disusun berdasarkan SKDI dan Visi, Misi FK UISU. Kurikulum FK UISU terdiri atas 2 tahapan, yaitu: tahap sarjana kedokteran dan tahap profesi dokter. Tahap sarjana kedokteran dilaksanakan selama 7 semester dengan total 153 SKS, sedangkan tahap profesi dokter dilaksanakan dalam 4 semester dengan total 40 SKS.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (Uisu), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (Uisu) ini, kampusnya beralamat di Jl. STM, Suka Maju, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara.

Alhamdulillah berdirinya FK-UISU mendapatkan dukungan dari masyarakat, terutama masyarakat Sumatera Utara dan pejabat-pejabat resmi pada waktu itu, baik yang ada di Medan maupun di Jakarta. Kegiatan perkuliahan di FK UISU pertama kali dilaksanakan pada 1 Oktober 1965 dengan mahasiswa angkatan pertama sebanyak 53 orang.

Tanggal tersebut ditetapkan menjadi tanggal berdirinya FK UISU. Sayangnya perkuliahan tersebut terhenti hingga akhir tahun akibat pengaruh kondisi nasional yang tidak stabil berkenaan dengan adanya Gerakan 30 September/PKI. Tahun akademik bergeser dan dimulai menjadi Januari 1966, sehingga angkatan kedua mulai masuk pada Januari 1967.

Seiring dengan waktu, FK UISU melakukan penjaminan mutu baik dari pihak internal maupun pihak ekternal. Penjaminan mutu dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan manajemen di FK UISU. Adapun proses penjaminan mutu dari pihak internal dilakukan oleh Penjaminan Mutu Fakultas yang dilakukan setiap semester.

Visi Misi Fakultas Kedokteran UISU

VISI

Menjadi Fakultas Kedokteran yang Islami, andal, teruji, dan bermartabat mulia, dicintai oleh masyarakat dan diridhai Allah SWT.

MISI

  1. Melaksanakan pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat,dan dakwah Islamiyah pendidikan dokter sesuai standar pendidikan dokter nasional.
  2. Membentuk dokter yang nasionalis, berkualitas, beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu dan beramal saleh, turut berperan dalam pembangunan ummat Islam, agama, bangsa dan negara Republik Indonesia demi kemaslahatan dan kesejahteraan umat manusia.
  3. Membentuk dokter yang mampu mengembangkan ilmu dan kompetensinya sesuai dengan perkembangan iptek kedokteran untuk kemaslahatan ummat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana kedokteran dan dokter yang bermoral Islami, berakhlak mulia, kompeten dan profesi.
  2. Menghasilkan dokter yang berorientasi layanan primer guna mendukung sistim kesehatan nasional.
  3. Menghasilkan dokter yang mampu mengembangkan ilmu dan kompetensinya.

Fakultas Kedokteran UISU memiliki tenaga pengajar berpengalaman berjumlah 74 orang dimana tenaga pengajar tersebut memiliki kualifikasi sebagai lulusan S2 dan S3 dari berbagai bidang di Kedokteran.

Fakultas Kedokteran UISU telah meluluskan ribuan dokter sejak ia berdiri pada tahun 1965. Lulusan FK UISU tersebar di seluruh Indonesia dengan menduduki posisi jabatan yang beraneka ragam, mulai dari dokter layanan primer baik swasta maupun negeri, dokter perusahaan, kepala puskesmas, direktur rumah sakit hingga kepala dinas kesehatan. Selain itu, lulusan FK UISU juga banyak yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu S2 atau pendidikan Spesialis.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Islam Sumatera Utara (Uisu) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- uisu.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments