Soal Kedokteran

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Unisba

Fakultas Kedokteran (FK) Uiversitas Islam Bandung (Unisba) berhasil memperoleh akreditasi ‘A’ dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

Keluarga Besar Fakultas Kedokteran (FK) Uiversitas Islam Bandung (Unisba) pun menggelar acara Tasyakur Bini’mah di Aula Utama Unisba. Menurut Dekan FK Unisba Prof. Dr. Ieva B. Akbar, bahwa sampai saat ini dari 93 Fakultas Kedokteran yang ada di Indonesia tercatat hanya 25 FK yang terakreditasi ‘A’, salah satunya Unisba. Menurutnya, ini merupakan sebuah kebahagiaan bagi FK Unisba karena mampu mensejajarkan diri dengan FK di universitas lain yang sudah berdiri lebih lama.

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung (Unisba), yang bersumber pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berkedudukan di Jl. M.H. Thamrin No.8, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Islam Bandung (Unisba)

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Website PT
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum0651/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2019A2024-11-29unisba.ac.id
Profesi Dokter 0652/LAM-PTKes/Akr/Pro/XI/2019A2024-11-29unisba.ac.id

Fakultas Kedokteran (FK) Unisba terus menorehkan prestasinya dibidang akademik. Setelah ditahun 2019 ini dua program studi (prodi) nya yaitu pendidikan dan profesi dokter memperoleh akreditasi internasional ASIC dengan predikat PREMIERE, kali ini keduanya meraih akreditasi “A” dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) berdasarkan SK dengan no. 0651/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2019 dan 0652/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2019.

Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H., mengungkapkan rasa bahagianya atas raihan prestasi tersebut sebagai puncak prestasi yang diperoleh FK Unisba setelah 15 tahun berdiri.

Rektor menilai, banyak keuntungan yang dapat diperoleh FK Unisba dengan diraihnya akreditasi ini yaitu kesempatan untuk menerima mahasiswa baru sebanyak 250 orang dibanding sebelumnya yang hanya menerima 200 mahasiswa. “Raihan akreditasi ini memberi peluang dan keleluasaan bagi masyarakat yang ingin kuliah di FK Unisba dengan space yang lebih luas. Walaupun belum tentu kita akan terima 250, tapi tetap harus mempertahankan mutu yang sesuai dengan sarana dan prasarana yang kita punyai,” ujarnya.

Selain itu, raihan akreditasi ini mampu mensejajarkan posisi FK Unisba sebagai FK elit di Indonesia dengan gengsi dan reputasi yang semakin tinggi. Untuk itu, kedepan dalam menerima mahasiswa baru FK Unisba, proses seleksinya akan lebih ditingkatkan dan semakin ketat. “Semakin tinggi reputasi dengan perolehan akreditasi ini, maka seleksi akan semakin ketat sehingga yang nanti masuk menjadi mahasiswa baru FK Unisba merupakan sosok yang pantas diterima dengan tidak melanggar norma yang sudah ditetapkan dalam penerimaan mahasiswa baru Unisba. Siapapun tidak boleh termasuk Rektor untuk menjaga kualitas,” terangnya.

Dikatakan Rektor, perolehan akreditasi A ini memunculkan berbagai tantangan yang harus dihadapi, seperti tuntutan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menambah sarana dan prasarana. Menurutnya, tantangan yang paling besar adalah pendirian Rumah Sakit Pendidikan Utama. Namun, sebelum hal itu terwujud, FK Unisba akan terus mengembangkan fasilitasnya dengan membangun kembali gedung lama menjadi empat lantai dengan menambah fasilitas seperti lab. Computer Based Test (CBT) dengan kapasitas yang lebih besar dan lab. lainnya yang diperlukan untuk mempertahankan akreditasi ini.

Rektor Unisba berharap, dengan perolehan akreditas A ini, FK Unisba tetap menjadi tumpuan umat untuk menghasilkan dokter muslim yang berbeda dengan dokter lulusan perguruan tinggi lainnya. Selain itu, mampu mendorong dosen-dosen di FK Unisba untuk meningkatkan pangkat dan jabatan fungsionalnya dalam rangka menduduki jabatan yang paling tinggi.

Akreditasi Internasional ASIC - Universitas Islam Bandung (Unisba)

Sekitar 12 Program Studi (Prodi) Sarjana dan satu Prodi Pascasarjana di Universitas Islam Bandung (Unisba) yaitu Hukum Ekonomi Syariah (Fakultas Syari’ah), Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah), Hukum (Fakultas Hukum), Psikologi (Fakultas Psikologi), Matematika (MIPA), Perencanaan Wilayah dan Kota, Prodi Pertambangan (Fakultas Teknik), Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Manajemen (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Ilmu Komunikasi (Fakultas Ilmu Komunikasi), dan Program Studi Pendidikan Dokter (Fakultas Kedokteran) serta Magister Hukum (Program Pascasarjana) telah meraih akreditasi internasional ASIC.

Wakil Rektor (Warek) I Unisba, Ir. A. Harits Nu’man, M.T., Ph.D, mengatakan, bahwa berdasarkan hasil visitasi CEO dan inspektur ASIC yang terdiri dari Dr. Lee Hamond dan Dr. Graeme Ronald pada 13 hingga 17 Mei 2019, ketiga belas prodi yang diajukan Unisba mendapatkan predikat premier, yaitu level tertinggi dalam akreditasi ASIC.

Hasil akreditasi Unisba diperoleh dari berbagai aspek penilaian mulai dari kesehatan dan keselamatan kerja, tata kelola dan sumber daya manusia (SDM), kegiatan pembelajaran dan penelitian, penjaminan dan peningakaan mutu, kesejahteraan mahasiswa, kualifikasi, dan penghargaan yang ditawarkan oleh institusi, prosedur pemasaran dan rekrutmen mahasiswa, serta keterkaitan dengan imigrasi.

Setelah 13 prodi meraih akreditasi internasional, Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, SH., MH menargetkan enam prodi lain yakni Hukum Keluarga Islam (Fakultas Syari’ah), Komunikasi & Penyiaran Islam (Dakwah), PG Paud (Tarbiyah), Industri (Teknik), serta Statitiska, dan Farmasi (MIPA) dapat meraih akreditasi internasional tahun depan. Prof Edi mengatakan, alasan Unisba hanya mengajukan 13 program studi untuk diakreditasi tahun ini karena beberapa prodi sedang bersiap menghadapi reakreditasi BAN PT Kemendikbud Ristek.

Semoga informasi tentang Akreditasi Fakultas Kedokteran Unisba yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- kemdikbud.go.id
- unisba.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments