Soal Kedokteran

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran UGJ

Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati memiliki Program Studi Ilmu Pendidikan Dokter (S1- Terakreditasi- B No. 0547/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2017), serta Profesi Dokter (S1- Terakreditasi- B No. 0548/LAM-PTKes/Akr/Pro/IX/2017 ) dengan website: http://fkunswagati.ac.id atau fk.ugj.ac.id.

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) atau FK UGJ. Data-data bersumber diantaranya dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berkedudukan di Jl. M.H. Thamrin No.8, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ)

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Dokumen Akreditasi
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum0365/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2020B2021-11-19Unduh Dokumen
Profesi Dokter 0366/LAM-PTKes/Akr/Pro/XI/2020B2021-11-19Unduh Dokumen

Program Studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) melaksanakan Asesmen Lapangan dalam rangka Akreditasi oleh LAM-PTKes. Kegiatan asesmen dilaksanakan selama dua hari, Senin-Selasa, 22-23 November 2021, di Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.

Tim asesor yang bertugas diantaranya :
  • Prof. Dr. dr. Suryani As ad, M.Sc., Sp.GK (K)
  • dr. Efrayim Suryadi, SU, PA(K), MHPE
  • dr. Siti Pariani, MS., M.Sc., Ph.D
Harapan besar bagi Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) agar hasil yang didapatkan mendapatkan hasil akreditasi yang terbaik sehingga bermanfaat bagi kemajuan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ).

Disamping itu guna mencapai tujuan Program Studi, pihak Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati merancang sasaran strategis yang akan dilakukan dalam periode lima tahun ke depan 2015-2020 dengan penjabaran sebagai berikut:

1. Lulusan dokter yang kompeten dalam pelayanan kesehatan berbasis masyarakat yang mengikuti perkembangan genomik.

Secara umum upaya yang dilakukan adalah menetapkan standar seleksi penerimaan mahasiswa baru, meningkatkan nilai rerata IPK lulusan, meningkatkan persentase kelulusan tepat waktu pada tahap Sarjana Kedokteran, meningkatkan persentase kelulusan tepat waktu pada tahap Profesi Dokter, meningkatkan persentase lulusan first taker CBT Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD), meningkatkan persentase lulusan first taker OSCE UKMPPD, meningkatkan jabatan akademik dosen, meningkatkan kompetensi dosen melalui studi lanjut, seminar nasional dan internasional, meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan melalui pendidikan dan pelatihan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab.

Upaya yang dilakukan untuk menunjang VMTS adalah melaksanakan kurikulum pendidikan kedokteran berbasis masyarakat dengan mengikuti perkembangan genomik. Kompetensi pendukung berupa:

  1. Dapat mengaplikasikan perkembangan genomik dalam menjelaskan patomekanisme terjadinya suatu penyakit di tingkat molekular.
  2. Dapat mengaplikasikan perkembangan genomik dalam upaya kegiatan promotif dan preventif, diagnosis, dan tata laksana sesuai evidence-based medicine (EBM).
  3. Dapat mengaplikasikan perkembangan genomik dalam melakukan perhitungan risiko penyakit pada masyarakat.
  4. Dapat menerapkan prinsip–prinsip bioetika dalam perkembangan genomik.
2. Karya ilmiah bidang kedokteran berbasis masyarakat dan publikasi ilmiah yang mengikuti perkembangan genomik untuk peningkatan klasifikasi dan pemeringkatan tingkat nasional.

  1. Meningkatkan karya ilmiah kedokteran berbasis masyarakat yang mengikuti perkembangan genomik.
  2. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan karya ilmiah dosen yang berbasis masyarakat yang mengikuti perkembangan genomik.
  3. Meningkatkan publikasi ilmiah kedokteran berbasis masyarakat yang mengikuti perkembangan genomik.
3. Pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada kedokteran berbasis masyarakat yang mengikuti perkembangan genomik.

  1. Meningkatkan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen pada pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan.
  2. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dosen.
Semoga informasi tentang Profil Fakultas Kedokteran UGJ yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- ugj.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments