Soal Kedokteran

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Unand

Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) Padang, merupakan institusi pendidikan dokter yang oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kembali memperoleh Akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan No. 022/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VIII/2011. Akreditasi A diperoleh melalui jalan yang panjang yaitu dengan dimulainya perkuliahan pertama pada Bulan Juli 1955, bertempat di Taman Kanak-kanak Birugo (sekarang SD di sebelah Polresta Bukittinggi) dan RSU Bukittinggi, sedangkan praktikum dilaksanakan di SMU PSM Atas Ngarai.

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran, berdasar pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemendikbud Ristek, yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berkedudukan di Jl. M.H. Thamrin No.8, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Andalas (Unand)

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Dokumen Akreditasi
Sarjana (S-1)Pendidikan Dokter 0352/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2021Unggul2022-09-09 Unduh Dokumen
Profesi Dokter 0353/LAM-PTKes/Akr/Pro/IX/2021Unggul2022-09-09 Unduh Dokumen

Sebagai tambahan bahwa Program Studi Sarjana yang ada dilingkungan FK Unand yakni Prodi Pendidikan Dokter dengan gelar sarjana Kedokteran (S.Ked), Prodi Psikologi dengan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi) dan Prodi Kebidanan dengan gelar Sarjana Kebidanan (S.Keb).

Setiap lulusan FK Unand baiknya tidak hanya mengandalkan kompetensi akademik, kognitif dan psikomotorik, akan tetapi kita juga harus mengandalkan softskill seperti Teknik komunikasi yang baik dan kerja sama tim. Karena sat aini standar Pendidikan tidak hanya mengukur outcome yang dihasilkan, tetapi juga memperhatikan proses yang dilalui oleh mahasiswa seperti lama masa studi dan IPK.

Bagi lulusan sarjana kedokteran dan sarjana kebidanan akan melanjutkan pendidikan pada tahap profesi selama 4 semester untuk menjalani siklus di berbagai Puskesmas dan RS Jejaring FK Unand untuk meraih gelar Dokter dimana suasana belajar yang akan dilalui sangat berbeda dengan tahap Pendidikan karena setiap mahasiswa akan ditempatkan di RS Jejaring.

Hal yang sama juga berlaku bagi Sarjana Kebidanan (S.Keb) yang akan melanjutkan pendidikannya ke tahap Profesi Bidan selama 3 semester untuk menjalani siklus di berbagai Puskesmas dan RS Jejaring FK Unand untuk meraih gelar Bidan. Sedangkan untuk lulusan Sarjana Psikologi (S.Psi) dapat melanjutkan karir atau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Semoga informasi tentang Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Unand yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unand.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments