Soal Kedokteran

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran UHN

Sehubungan dengan Berita Acara Rapat Pleno Majelis Akreditasi No. 0210/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2018 tanggal 14 April 2018 dan No. 0211/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2018 tanggal 14 April 2018 yang ditetapkan di Jakarta, maka dengan ini Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen untuk Program Studi Sarjana Kedokteran dan Program Studi Profesi Dokter memperoleh Peringkat Akreditasi "B".

Prof. dr. Bistok Saing,Sp.A(K) selaku Dekan Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen mengatakan bahwa Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen secara administratif sudah memenuhi aturan mutu pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan arahan pemerintah.

Fakultas termuda adalah Fakultas Kedokteran UHKBP dengan izin operasional FK Universitas HKBP Nommensen diterbitkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan RI pada tanggal 11 Juli 2008.No.2133/D/T/2008.

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen (UHN), yang bersumber pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berkedudukan di Jl. M.H. Thamrin No.8, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas HKBP Nommensen (UHN)

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Dokumen Akreditasi
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum0210/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2018B2023-04-13Unduh Dokumen
Profesi Dokter 0211/LAM-PTKes/Akr/Pro/IV/2018B2023-04-13Unduh Dokumen

Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommnesen Medan (UHN Medan) telah berubah akreditasinya menjadi “B” dan didukung oleh Akreditasi Institusi Pendidikan Tinggi (AIPT) yang juga “B”.

Hal itu ditegaskan oleh Prof. dr. Bistok Saing, SpA(K) Dekan Fakultas Kedokteran UHN yang mengatakan bahwa hal itu sesuai dengan SK Perkumpulan LAM-PT-Kes Nomor : 0210/Lam-PTkes/Akr/Sar/IV/2018 tanggal 14 April 2018 FK UHN sudah resmi terakreditasi “B”.

Dengan Akreditasi “B” ini FK UHN secara administratif sudah memenuhi aturan mutu pendidikan yang lebih tinggi (level tinggi) sesuai dengan arahan pemerintah. UHN adalah PTS yang selalu mengikuti aturan dan anjuran pemerintah. Kami selalu mengacu pada aturan main Kemenristekdikti dalam mengelola Fakultas Kedokteran ini, tegas Prof. dr. Bistok Saing, SpA(K).

Dengan Akreditasi “B” ini diharapkan kepercayaan masyarakat kepada Kedokteran UHN semakin bagus. Bahkan kalau bisa saya sarankan pilihlah Fakultas Kedokteran yang sudah terakreditasi “B” demi keberlanjutan ke masa depan. Dengan Akreditasi “B” ini merupakan bukti bahwa proses pembelajaran di UHN mulai dari pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berjalan dengan baik. Proses pembelajaran di UHN sangat terukur dan tujuan kita membentuk dokter yang mau mengabdi kepada bangsa ini., tegas Prof. dr. Bistok Saing, SpA(K).

Sementara Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau yang lulusan S3 Jerman ini mengatakan dengan adanya Akreditasi “B” ini merupakan sebuah keberhasilan besar bagi kami. Kami terus berjuang bagaimana supaya Akreditasi FK UHN bisa lebih baik lagi kedepan. Setelah “B” kedepan kita harapkan “A”. Kita harapkan masyarakat jangan ragu lagi untuk kuliah di FK UHN karena akreditasinya sudah “B” dan AIPT nya juga sudah “B”. Saatnya masyarakat harus berhati-hati untuk memilih PTS karena banyak PTS tidak terakreditasi dan hanya melakukan proses pembelajaran apa adanya. UHN melakukan proses pembelajaran dengan baik dan jelas sesuai arahan dari pemerintah dalam hal ini Kemenristek Dikti RI.

Sementara Wakil Rektor I Dr. Haposan Siallagan SH, MH membidangi Akademik sangat gembira atas akreditasi “B” ini. Apa yang kita perjuangkan selama ini bisa terwujud dengan baik dan tidak sia-sia. Sejak awal kita terus motivasi, monitoring agar akreditasinya bisa “B”. Semua kita lakukan bagaimana agar lulusan FK UHN kedepa adalah dokter –dokter berjiwa pelayan bagi masyarakat yang meniru karakter Dr. IL. Nommensen tegas pakar hukum Tata Negara UHN lulusan S2 UNPAD dan S3 USU ini. Sebagaimana yang kita ketahui WR I membidangi akademik terus melakukan segala upaya agar akreditasi fakultas kedokteran UHN bisa “B”.

Semoga informasi tentang Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran UHN yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- uhn.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments