Soal Kedokteran

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran UII

Program Studi Sarjana Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII) kembali mendapatkan akreditasi A dari Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Selain itu, Program Studi Profesi Dokter UII juga meraih kembali akreditasi A dari LAM-PTKes.

Surat Keputusan (SK) Prodi Sarjana Kedokteran nomor 0006/LAM-PTKes/Akr.Bd/Sar/X/2017. Sedang SK Prodi Profesi Dokter nomor 0007/LAM-PTKes/Akr.Bd/Pro/X/2017. Kedua surat keputusan tersebut berlaku selama lima tahun sejak ditetapkan. Demikian menurut Dekan Fakultas Kedokteran UII, dr Linda Rosita MKes, SpPK kepada wartawan di Yogyakarta, beberapa tahun akademik yang lalu.

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII), yang bersumber pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berkedudukan di Jl. M.H. Thamrin No.8, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Islam Indonesia (UII)

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Website PT
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum0006/LAM-PTKes/Akr.Bd/Sar/X/2017A2022-10-27uii.ac.id
Profesi Dokter 0007/LAM-PTKes/Akr.Bd/Pro/X/2017A2022-10-27uii.ac.id

Program Studi Sarjana Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil kembali meraih akreditasi A, berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes), Nomor: 0006/LAM-PTKes/Akr.Bd/Sar/X/2017, tertanggal 28 Oktober 2017.

Melengkapi raihan tersebut, berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan LAM-PTKes, Nomor: 0007/LAM-PTKes/Akr.Bd/Pro/X/2017, Program Studi Profesi Dokter UII juga kembali meraih akreditasi A. Kedua surat keputusan tentang akreditasi ini berlaku selama 5 tahun sejak ditetapkan.

Tahapan reakreditasi ini ditandai dengan asesmen lapangan pada 19-20 Oktober 2017 oleh tim asesor LAM-PTKes. Tim asesor menilai tujuh standar penilaian yang meliputi visi-misi, mahasiswa dan alumni, kurikulum dan suasana akademik, sarana dan prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM), administrasi dan keuangan, serta penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dari 84 Fakultas Kedokteran di Indonesia, hanya ada 16 Perguruan Tinggi yang terakreditasi A. Dari 16 Perguruan Tinggi tersebut, 12 merupakan Perguruan Tinggi Negeri dan 4 Perguruan Tinggi Swasta, salah satu di antaranya adalah Fakultas Kedokteran UII.

Rektor UII, Nandang Sutrisno, SH., LLM., M.Hum., Ph.D menyampaikan bahwa dengan berhasil kembali diraihnya Akreditasi A ini, Fakultas Kedokteran UII akan terus memperbaiki dan meningkatkan sistem, fasilitas, maupun kualitas SDM sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada seluruh pihak terkait.

Dewasa ini, FK UII telah bergabung dengan Federation of Islamic Medical Assosiation (FIMA) yang beranggotakan 41 negara. “Raihan akreditasi ini diharapkan bisa menghasilkan be a good moeslem doctors,” katanya.

Sementara Rektor UII, Nandang Sutrisno SH, LLM MHum, PhD mengatakan reakreditasi A ini akan semakin memperketat proses belajar dan mengajar. Sehingga dokter yang dihasilkan benar-benar berkualitas. “Selain itu, rekrutmen calon mahasiswa juga akan dibatasi. Seharusnya, FK UII bisa menerima 230 mahasiswa. Tetapi paling banyak hanya 150 mahasiswa,” tandas Nandang Sutrisno.

Semoga informasi tentang Profil Fakultas Kedokteran UII yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- uii.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments