Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi kedokteran di Indonesia yang telah aktif berperan dalam memberikan sumbangsih serta kontribusi terhadap masyarakat, terutama di bidang kesehatan.

Peran aktif tersebut ditunjukkan dengan diadakannya bakti sosial kesehatan masyarakat di wilayah Ciputat Jakarta Selatan, seperti pemberian pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu, serta dilangsungkannya diskusi tematik mengenai perlindungan anak. Semuanya ini dilakukan untuk menghasilkan suatu solusi dan rekomendasi praktis kepada pemerintah dalam menanggulangi permasalahan kekerasan anak di Provinsi Banten.

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta dalam hal ini merupakan salah satu yang sedang giat menorehkan prestasi-prestasi di bidang kedokteran. Mahasiswa-mahasiswa dari institusi pendidikan ini telah aktif berpartisipasi dalam berbagai perlombaan baik tingkat nasional dan juga internasional, demi menghantarkan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai perguruan tinggi terbaik dunia.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ini, kampusnya beralamat di Jl. KH.Achmad Dahlan, RW.2, Cireundeu, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Sekitar Tahun 1996, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) secara resmi berdiri.

Pada Tahun 2001, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) berubah menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) S1 Keperawatan Berdiri.

Selanjutnya pada tahun 2003 Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) berubah menjadi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan.

Dan pada Tahun 2007, Program DIII Kebidanan RSIJ Cempaka Putih, bergabung ke Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Visi dan Misi :

Keterangan :

Kompetitif

  1. Lulusan Islami, kontribusi pada masyarakat, dan berdaya saing global
  2. Tata kelola manajemen berbasis teknologi informasi
  3. Sumber daya insani yang profesional
  4. Memiliki kemitraan unggul

Terkemuka

  1. Program studi dengan akreditasi unggul
  2. Prestasi unggul dosen dan mahasiswa dalam dan luar negeri
  3. Sarana dan prasarana dengan teknologi mutakhir
  4. Berlandaskan nilai-nilai Islami
  5. Mengintegrasikan nilai-nilai Islam sesuai dengan karakter Muhammadiyah pada Tri Darma Perguruan Tinggi dan kehidupan kampus.

Tujuan FKK UMJ

  1. Tersedianya kurikulum berbasis KKNI berdasarkan PP RI No 8 tahun 2012 dan SN Permendikbud No 3 Tahun 2020.
  2. Menghasilkan penelitian dosen dan mahasiswa dengan mengembangkan IPTEK untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berlandaskan nilai-nilai AIK
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dosen dan mahasiswa berdasarkan hasil penelitian dengan mengembangkan IPTEK untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berlandaskan nilai-nilai AIK
  4. Tersedianya SDI profesional yang memadai untuk mendukung pelaksanaan bidang tridharma PT berlandaskan nilai-nilai AIK.
  5. Tersedianya sarana prasarana pembelajaran untuk mendukung terciptanya suasana akademik yang kondusif.
  6. Tersedianya prasarana pendukung untuk suasana akademik yang kondusif.
  7. Tersedia, dikembangkan, dan dimanfaatkannya sistem teknologi informasi untuk pengelolaan manajemen pendidikan dan suasana akademik yang kondusif.
  8. Dihasilkannya lulusan yang berkarakter islami, berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat, dan siap saing di pasar kerja global.
  9. Terselenggaranya kemitraan dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berlandaskan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta membuka kesempatan yang seluas luasnya bagi mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa dalam proses pendidikan, tentunya sesuai dengan pedoman pemberian beasiswa itu sendiri. Beberapa beasiswa yang dapat diajukan oleh mahasiswa adalah sebagai berikut:

Beasiswa Hafidz Al-Qur'an 30 Juz

  1. IPK lebih dari atau sama dengan 3.00
  2. Dinyatakan Lulus Rangkaian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
  3. Dinyatakan Lulus Tes Hafalan Al-Qur'an secara periodik

Beasiswa Prestasi Bidang Akademik

  1. IPK lebih dari 3.50
  2. Tidak Mengikuti Semester Antara (SP)

Beasiswa Prestasi Bidang Non-Akademik

  1. IPK lebih dari atau sama dengan 3.00
  2. Memiliki Prestasi Karya Ilmiah Tingkat Nasional

Beasiswa Prestasi dan Kurang Mampu Finansial

  1. IPK lebih dari atau sama dengan 3.00
  2. Melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW Setempat dan Salinan Tagihan Listrik Bulanan

Beasiswa Ikatan Dinas

  1. Khusus untuk calon dosen kader
  2. IPK lebih besar dari 3.50
  3. Sertifikat TOEFEL minimal 450

Beasiswa Berprestasi dan Aktif Berorganisasi

  1. IPK lebih besar dari atau sama dengan 3.00
  2. Aktif dalam kegiatan organisasi yang diakui di FKK UM.
Syarat dan ketentuan berlaku, silahkan menghubungi bagian Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) untuk informasi lebih lanjut.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- umj.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments