Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab

Universitas Abdurrab bermula dari chest clinic yang merupakan cikal-bakal dari Rumah Sakit Prof. Dr. H. Tabrani Rab pada tahun 1979 dan pada tahun 1983 lahir Yayasan Abdurrab Pekanbaru. Nama yayasan diambil dari nama orang tua Prof. Dr. H. Tabrani Rab yaitu H. Abdoerrab. Yang pada perkembangannya chest clinic selanjutnya menjadi RS Rab Hospital. Selanjutnya berturut-turut pada tahun 1996 dibuka Akademi Perawatan (AKPER), Akademi Analis Farmasi & Makanan (AKAFARMA) tahun 1999, Akademi Fisloterapi (AKFIS) tahun 2002 dan Akademi Kebidanan (AKBID) tahun 2002 oleh Yayasan Abdurrab.

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Abdurrab terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Profesi Dokter, Keperawatan, Kebidanan, Teknologi Laboratorium Medik, Farmasi, dan Fisioterapi.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 75/D/O/2005 tanggal 7 Juni 2005 secara resmi berdirilah Universitas Abdurrab dengan 14 program studi S1 dan D3, sebagai berikut: S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Sipil, S1 Psikologi, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Hubungan Internasional, D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, D3 Fisioterapi, dan D3 Analis Farmasi dan Makanan. Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab memperoleh izin penyelenggaraan program studi melalui surat Dirjen Dikti Depdiknas RI No. 2128/D/T/2 tanggal 11 Juli 2008. Tanggal 11 Juli ditetapkan sebagai hari jadi Universitas Abdurrab.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Abdurrab (Univrab), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Abdurrab (Univrab) ini, kampusnya beralamat di Jl. Riau Ujung No. 73, Tampan, Air Hitam, Payung Sekaki, Air Hitam, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau.

Fakultas Kedokteran pada tahun 2008 menerima mahasiswa sejumlah 38 orang dan pada tahun 2009 sejumlah 76 orang. Akademi Analis Kesehatan (AAK) yang berada yang di bawah naungan Yayasan Fajar berdasarkan SK Mendiknas RI No. 71/D/O/2005, yang juga berpusat di Kampus Universitas Abdurrab Jalan Riau Ujung No. 73 Pekanbaru saat ini telah di alih kelola oleh Univrab.

Program Studi S1 Pendidikan Dokter

Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Universitas Abdurrab (Univrab) berdiri pada tahun 2008, dengan Izin Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No : 2128 / D / T / 2008. PSPD Univrab merupakan satu-satunya Institusi Pendidikan Dokter Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Provinsi Riau. Penyelenggaraan Program Studi ini bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK-UNDIP) Semarang Jawa Tengah. Pembentukan PSPD Univrab merupakan cita - cita dari Prof. Dr. dr. H. Tabrani Rab, Sp.P, Seorang putra daerah sekaligus tokoh masyarakat Riau, yang diawali dengan pendirian Sekolah Tinggi Kesehatan dibawah naungan Yayasan Univrab pada tanggal 11 Juni 1998.

PSPD Univrab didukung dengan berbagai sarana prasarana pembelajaran seperti ruang kuliah dengan peralatan audio visual, laboratorium, ruang diskusi, ruang keterampilan klinis, laboratorium, student lounge, dan akses wifi. Untuk pendidikan profesi saat ini dijalankan di 3 RSUD di Propinsi Riau dan 2 RSUD di Jawa Tengah, serta 5 Puskesmas yang ada di kota Pekanbaru. Proses pembelajaran difasilitasi oleh tenaga pendidik dosen dengan latar belakang magister dan spesialis yang berpengalaman di bidangnya. Pendidikan dokter di PSPD berbalut nilai islam, sehingga tidak hanya untuk menghasilkan dokter yang berkompeten, namun juga menghasilkan dokter yang kompeten dan menjunjung tinggi nilai islami.

Program Studi Profesi Dokter

  1. Program Studi Kedokteran FKIK Universitas Abdurrab Pekanbaru terdiri dari 2 jenjang, yakni S. 1 Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter.
  2. Setelah menamatkan S. 1 Pendidikan Dokter, seorang lulusan wajib mengambil program profesi dokter untuk memperoleh gelar dokter.
  3. Program Profesi Dokter Universitas Abdurrab berkomitmen Menghasilkan tenaga dokter yang mempunyai sikap profesionalitas dan menjunjung nilai-nilai Rabbani, Amanah, Beradab dalam melayani masyarakat.
FKIK Universitas Abdurrab menjadi salah satu perintis tonggak berdirinya Universitas Abdurrab, dengan program-program DIII penghasil tenaga-tenaga kesehatan yang para alumninya sudah menjadi salah satu tulang punggung pembangunan bidang kesehatan di provinsi Riau sejak tahun 90an. Peran FKIK Universitas Abdurrab dalam peningkatan taraf kesehatan masyarakat Riau kemudian disempurnakan dengan menghasilkan banyak lulusan dokter yang berkompeten sejak tahun 2015.

FKIK Universitas Abdurrab juga terus berupaya menjadi bagian perkembangan ilmu kedokteran dan kesehatan terutama dalam bidang kesehatan komunitas melalui berbagai penelitian yang bermanfaat untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia di bidang kesehatan. Semua yang dilakukan oleh FKIK Universitas Abdurrab tersebut merupakan implementasi nilai-nilai islam terutama memberikan sebanyak-sebanyaknya manfaat bagi umat, dengan semaksimal potensi yang dimiliki.

Semoga Alloh SWT. selalu membantu FKIK Universitas Abdurrab menjadi bagian dari kemajuan peradaban umat di bidang kesehatan.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Abdurrab (Univrab) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- univrab.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments