Soal Kedokteran

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Univrab

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Abdurrab (Univrab), yang bersumber pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes.

Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berkedudukan di Jl. M.H. Thamrin No.8, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Abdurrab (Univrab)

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Dokumen Akreditasi
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum0510/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2020B2021-12-03Unduh Dokumen
Profesi Dokter 0511/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2020B2021-12-03Unduh Dokumen
Diploma 3 (D-3)Teknologi Laboratorium Medik0404/LAM-PTKes/Akr/Dip/VI/2017B2022-06-22Unduh Dokumen

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Abdurrab terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Profesi Dokter, Keperawatan, Kebidanan, Teknologi Laboratorium Medik, Farmasi, dan Fisioterapi.

Universitas Abdurrab berhasil memperoleh akreditasi Baik sekali oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. “Syukur Alhamdulillah kita ucapakan kepada Allah SWT, karena semua ikhtiar yang telah kita lakukan bersama memperoleh hasil yang kita harapkan” ungkap bu Rektor memulai pembicaraannya.

Dalam proses APT ini seluruh sivitas akademika Univrab telah bergadeng bahu, bergandeng tangan untuk mempersiapkan seluruh hal-hal yang diminta oleh Tim asesor Ban-PT mulai dari persiapan borang, submit borang dan persiapan untuk dokumen dan all daring. Kita patut berbangga dan berbahagia bila kita akhirnya mendapatkan nilai akreditasi baik sekali yang memang ini masih jarang di Indonesia, karena kita mengggunakan 9 standar baru ketika akreditasi. Jika dilihat dari nilai, Alhamdulillah kita berada pada fase yang hampir mendekati unggul, jelas bu Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., P.hD.

Rektor menyampaikan ucapan terimakasih kepada yayasan Abdurrab atas segala support yang diberikan kepada kita mulai dari persiapan hingga tahap visitasi secara daring. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada ketua TIM APT dr. Fery Utomo yang sekaligus ketua TIM akreditasi kedokteran. Beliau luar bisa sekali bisa menghendel sakaligus dua hal ini. Selanjutanya ucapan terimakasih kepada Tim APT yang betul-betul sangat kuat dan solid mensuport kegiatan ini dan tentu saja tanpa TIM ini kita tidak dapat mencapai kejenjang ini. Ucapan terimakasih khusus kepada para dekan yang sudah mempersiapkan, wakil rektor yang sudah sangat membantu jalannya tim akreditasi ini. Tentu saja kita jug saya mengucapkan termakasih kepada LLDIKTI dan seluruh para dosen dan mahasiswa yang juga berkontribusi dalam akreditasi ini.

Alhamdulillah mahasiswa yang lulus sudah bisa menenteng ijazah akreditasi Institusi mereka dengan kategori baik sekali dan akreditasi seluruh prodi yang ada semuanya sudah B”, jelas buk Rektor penuh haru.

Harapan saya untuk kedepannya bila tercapai satu tujuan sudah tercapai maka kita harus mencapai tujuan berikutnya. Tujuan berikutnya adalah tantangan baru menuju unggul. Menuju unggul tidak hal sepele, karena banyak sekali hal-hal yang harus kita perhatikan dan kita persiapkan baik itu dari sisi tata kelola, internasionalisasi, produk inovatif kemudian juga hal-hal yang sangat penting yaitu SDM dan sarana dan prasarana. Dari segi SDM kita memerlukan doctor lebih kurang 40 orang dan untuk sapra kita memerlukan IT, meskipun IT saat ini sudah solid dan bagus tetapi kita perlu menambahkannya sesuai dengan yang dibutuhkan untuk menjadi unggul. Selanjutnya kita harus bisa memiliki mahasiswa dan alumni Univrab yang memiliki karakteristik yang menerapkan nilai-nilai Rabbani, Amanah dan Beradab dalam kehidupan mereka setelah lulus dari Univrab, ungkap bu Rektor menutup pembicaraannya.

Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi berhasil diperoleh Program Studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter Universitas Abdurrab. “Alhamdulillah Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter Univrabberhasil meningkatkan akreditasi menjadi B”, dr. Fery Utomo, M.Biomed memulai pembicaraannya.

Dr. Fery menjelaskan sebenarnya di awal memutuskan untuk reakreditasi kedokteran Univrab itu ada keraguan karena bertepatan dengan Akreditas Perguruan Tinggi (APT) Univrab. Jadi memang tak terpikirkan harus menyiapkan akreditasi kedokteran Univrab juga. Rencananya baru tahun 2021 kami akan reakreditasi kedokteran univrab tapi setelah rapat yayasan, rektorat dan dekanat di bulan November 2019 memutuskan agar kedokteran univrab segera mengajukan reakreditasi paling lambat desember 2019. Akhirnya dengan mengucapkan Bismillah dan ikhtiar kami langsung membentuk tim persiapan Akreditasi kedokteran yang tidak hanya melibatkan para dosen dan tendik prodi kedokteran saja tapi juga melibatkan beberapa tim dari prodi-prodi lain di FKIK dan rektorat.

Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan akreditasi yaitu meningkatkan kompetensi SDM dosen melalui tugas belajar, Workshop untuk pembuatan buku ajar, penelitian dan pengabdian. Sehingga meningkatkan jumlah dosen yang memiliki jabatan akademik maupun jumlah publikasi penelitian yang dihasilkan oleh prodi. Selain itu, dengan bergabungnya Prof. Susi Endrini, SSi, MSc, PhD juga sangat membantu dalam peningkatan kualitas SDM di Prodi Pendidikan Dokter Univrab, ungkap dr. Ratih Ayuningtiyas, MM yang merupakan dosen PSPD Univrab.

Alhamdulillah, kami para dosen dan semua tendik kedokteran univrab akhirnya bisa menunaikan amanah janji kami kepada para alumni, dan semua mahasiswa kedokteran univrab yang sangat mendambakan nilai B akreditasi kedokteran Univrab. Nilai akreditasi kedokteran univrab yang baik ini menjadi alat untuk mencapai tujuan kedokteran univrab yang lebih besar lagi yaitu menghasilkan banyak SDM dokter yang baik dengan memegang nilai-nilai islam melalui nilai Rabbani, Amanah dan Beradab, tidak hanya di Riau tapi juga untuk Indonesia dan peradaban manusia di dunia. Jelas dr. Fery panggilan akrabnya.

Semoga penjaminan mutu atau kualitas kedokteran Univrab dapat terus berlangsung dan berkesinambungan mengalami peningkatan, tidak hanya untuk akreditasi saja tetapi penjaminan mutu bisa menjadi kultur budaya kerja di PSPD dan prodi profesi dokter FKIK Univrab.

Semoga informasi tentang Profil Fakultas Kedokteran Univrab yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- univrab.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments