Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan Perguruan Tinggi berlandaskan kaidah keislaman dan maju dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan hubungan sosial, serta seni kebudayaan. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adalah lembaga pendidikan tinggi di bawah persyarikatan Muhammadiyah yang berdiri pada 24 Oktober 1981 sebagai perubahan bentuk dari IKIP Muhammadiyah Surakarta.

Awalnya, UMS merupakan sebuah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta cabang Surakarta yang berdiri pada tahun 1958. Saat itu, beberapa jurusan yang dibuka adalah Pendidikan Umum, Ekonomi Umum dan Pendidikan Agama Islam tingkat Sarjana Muda.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini, kampusnya beralamat di Kampus IV UMS, Jl. Ahmad Yani, Gonilan, Kartasura, Gonilan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Fakultas Kedokteran merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Surakarta, serta merupakan salah satu fakultas yang paling diminati oleh masyarakat.

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Dikti Nomor: 1260/D/T/2004. Saat ini status akreditasi Program Studi Sarjana Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah B berdasarkan Keputusan LAM-PTKes No. 0268/LAMP-PTKes/Akr/Sar/V/2018. Sedangkan untuk Program Studi Profesi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah B berdasarkan Keputusan LAM-PTKes No. 0269/LAMP-PTKes/Akr/Sar/V/2018.

Sesuai dengan tekad Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk selalu mewujudkan kampus yang ber-“Wacana Keilmuan dan Keislaman” Fakultas Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta akan selalu menghadirkan khasanah keilmuan dan keislaman dalam menjalankan aktivitasnya.

Filosofi dan Nilai Dasar

Filosofi

Sesuai dengan wahyu pertama bagi manusia adalah IQRA (lectura) dalam artian yang luas dan dengan mengikuti petunjuk Allah (bismirabbukal ladzii kholaq, ‘allama bil qolam dan wa rabbukal akram). Atas dasar tersebut maka filosofi Fakultas Ilmu Kedokteran adalah I Q R A :

  1. I = ILAHIAH
    Iqra dengan asma Allah , Sunnatullah dan perintah-perintah serta petunjuk Allah
  2. Q = QURAN-GUIDED
    Iqra yang dibimbing oleh petunjuk-petunjuk, ayat-ayat, tamsil-tamsil, riwayat-riwayat, perintah-perintah serta peringatan-peringatan yang ada dalam Quran kauniyah dan qauliyah
  3. R = RASIONAL; RELIGIUS; RAHMATAN LIL ALAMIN
    Iqra yang diproses secara rasional, sebagai manifestasi sikap religius yang mampu menghasilkan karya dan amal yang membawa rahmatan lil alamin
  4. A = AKHLAQUL KARIMAH
    Iqra yang mampu membuahkan perilaku manusas unggul berperilaku mulia yang direalisasikan melalui keteladanan (uswah).

Nilai Dasar

Sesuai dengan maksud manusia diciptakan dan amanah Allah sebagai chalifatu fil ardl yang mampu menyebarkan rahmatan lil alamin melalui perilaku uswatun hasanah, sebagai sosok manusia yang muhsin bukan mufsidin, maka nilai dasar Fakultas Ilmu Kedokteran adalah I H S A N :
  1. I = ILMU AMALIAH AMAL ILMIAH
  2. H = HOLISTIK – INTEGRATIF
  3. S = SEHAT, SANTUN DAN SILATURRAHMI
  4. A = AMANAH
  5. N = NILAI-NILAI LUHUR

VISI

Menjadi fakultas kedokteran Islami yang unggul di bidang kedokteran keluarga untuk kemaslahatan umat manusia pada tahun 2029.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang menghasilkan lulusan dokter profesional & berkualitas dengan keunggulan kedokteran keluarga yang memberi kemaslahatan kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan menerapkan nilai-nilai keislaman.
  2. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang mampu menghasilkan karya ilmiah yang diakui di tingkat nasional maupun intemasional.
  3. Menyelenggarakan kerjasama di tingkat nasional maupun internasional.
  4. Menyelenggarakan tatakelola lembaga pendidikan kedokteran yang profesional dan dilandasi nilai-nilai keislaman.

TUJUAN

  1. Menghasilkan dokter yang profesional, berkualitas dan berkesinambungan dalarn memenuhi kebutuhan dan tuntutan ketenagaan di bidang kedokteran lingkup nasional, regional maupun global.
  2. Menghasilkan dokter yang mampu menerapkan nilai-nilai keislaman serta mampu bekerja interdisipliner.
  3. Menghasilkan produk-produk ilmiah bidang kedokteran yang unggul di tingkat nasional dan diakui tingkat intemasional.
  4. Menghasilkan kerja sama dengan institusi lain baik dalarn negeri maupun luar negeri yang dilegalisasi dengan memorandum of understanding.
  5. Terselenggaranya tatakelola yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- ums.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments