Soal Kedokteran

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran UMS

Program Studi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), merupakan salah satu Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang telah terakreditasi B (Baik).

Berikut ini akan kami publikasikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), yang bersumber pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berkedudukan di Jl. M.H. Thamrin No.8, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Dokumen Akreditasi
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum0268/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2018B2023-05-04Unduh Dokumen
Profesi Dokter 0269/LAM-PTKes/Akr/Pro/V/2018B2023-05-04Unduh Dokumen

Sejak tahun ajaran 2008/2009 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta mulai menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan metoda pendekatan Problem Based Learning (PBL).

Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi yang telah ditetapkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia. Sedangkan pendekatan problem based learning yang digunakan adalah utamanya dengan tutorial tujuh langkah (seven jump) dengan menggunakan skenario sebagai pemicu pembelajaran. Strategi pembelajaran lain tetap digunakan secara proporsional.

Profesi dokter merupakan profesi yang utama dalam proses pelayanan kesehatan. Program profesi merupakan program yang sangat penting dalam mencetak dokter yang kompeten di bidangnya. Program profesi diberikan kepada mahasiswa yang telah selesai menjalani tahap sarjana dalam bentuk Kepanitraan Klinik. Dalam tahap program profesi ini mahasiswa menjalani kepanitraan klinik secara nyata di rumah sakit dan wahana pendidikan lain yang bertindak sebagai dokter muda dengan pengawasan dan bimbingan dokter spesialis.

Semoga informasi tentang Profil Fakultas Kedokteran UMS yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- kemdikbud.go.id
- ums.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments