Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya

Artikel ini kami buat dengan tujuan untuk memberi tambahan informasi secara menyeluruh segala kegiatan program pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya bagi seluruh civitas akademika, stakeholders, dan masyarakat luas.

Dalam sejarah pendirian Fakultas Kedokteran UM Surabaya, Rektor UM Surabaya Dr. dr. Sukadiono, M.M mengukuhkan Tim Persiapan Pembukaan Fakultas Kedokteran (Tim PPFK) yang diketuai oleh dr. M. Jusuf Wibisono, Sp.P(K), FCCP dengan anggota dr. Muhammad Hamdan, Sp.S(K), dr. Agus Moch. Algozi, Sp.F(K), SH, DFM, Dr. dr. Hartono Kahar, Sp.PK, M.QIH, dr. Choesnan Effendi, AIF., AIFO pada tanggal 13 November 2013. Dengan berkat rahmat Allah SWT, maka pada tanggal 28 Maret 2016, pendirian Fakultas Kedokteran telah mendapatkan izin dari Kemenristekdikti.

Walaupun masih trgolong muda, namun Fakultas Kedokteran berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang unggul baik dalam pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan Al Islam Kemuhammadiyahan dengan prinsip good governance.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) ini, kampusnya beralamat di Jl. Mulyorejo, Dukuh Sutorejo, Kec. Mulyorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Universitas Muhammadiyah Surabaya dalam rencana pengembangannya ingin meningkatkan mutu pelayanan kesehatan untuk bangsa melalui penyelenggaraan atau pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya oleh Tim Persiapan Pembukaan Fakultas Kedokteran (Tim PPFK) yang diketuai oleh dr. M. Jusuf Wibisono, Sp.P(K), FCCP dengan anggota dr. Muhammad Hamdan, Sp.S(K); dr. Agus Moch. Algozi, Sp.F(K), SH, DFM; Dr. dr. Hartono Kahar, Sp.PK, M.QIH; dr. Choesnan Effendi, AIF., AIFO.

Tim Persiapan Pembukaan Fakultas Kedokteran (Tim PPFK) UMSurabaya tersebut dibentuk dan dikukuhkan oleh Rektor UMSurabaya Dr. dr. Sukadiono, M.M pada tanggal 13 November 2013. Dalam proses pendirian Fakultas Kedokteran UMSurabaya tersebut telah dilaksanakan seminar Menyongsong Pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya tanggal 11 Maret 2014.

Kegiatan tersebut didukung oleh Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga sebagai pengampu berdasarkan Perjanjian Kerjasama (MoU) No.130/UN3.1.1/KS/2014 dan Nomor: 244/MoU/II.3.AU/F/2014 yang didahului dengan Nota Kesepahaman Nomor: 3/UN3/DN/2013 dan Nomor: 071/MoU/II.3.AU/F/2014 antara Universitas Airlangga dengan Universitas Muhammadiyah Surabaya tanggal 4 Februari 2014.

Atas berkat rahmat Allah SWT, maka pada tanggal 28 Maret 2016, pendirian Fakultas Kedokteran telah mendapatkan izin dari Kemenristekdikti Republik Indonesia.

VISI FK UMSurabaya

“Menjadi fakultas kedokteran yang unggul dalam manajemen pelayanan kesehatan berlandaskan moralitas, intelektualitas, berjiwa entrepreneur pada tahun 2028”

Dalam memudahkan pemahaman terhadap visi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya, agar dapat dijadikan sebagai pedoman bersama bagi seluruh civitas akademika, maka visi universitas perlu didefinisikan secara operasional, sebagai berikut:

  • Unggul dalam manajemen pelayanan kesehatan memiliki makna bahwa FK UMSurabaya diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pemimpin dan pengelola di fasilitas pelayanan kesehatan serta menguasai prinisp pengelolaan masalah kesehatan dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan pada individu, keluarga, dan masyarakat.
  • Unggul dalam moralitas, memiliki makna FK UMSurabaya berdasarkan pada :
    1. Moralitas ke-Islaman dan ke-Muhammadiyahan melalui ketaatan menjalankan syariat Islam berdasarkan Al Quran dan Hadist dengan mengedepankan dakwah Islam amar makruf nahi munkar disemua bidang.
    2. Moralitas kebangsaan dimana FK UMSurabaya diharapkan mampu menumbuhkan semangat civitas akademika yakni menjadi teladan dan memiki akhlakul karimah, yang memberi inspirasi dan kontribusi dalam mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa yang berkemajuan dalam kehidupan bermasyarakat bagi seluruh lulusan dan civitas akademika.
  • Unggul dalam intelektualitas memiliki makna bahwa FK UMSurabaya sebagai amal usaha dibidang pendidikan diharapkan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dan profesional di bidang kedokteran sesuai Standar Kompetensi Dokter Indonesia.
  • Unggul dalam berjiwa entrepreneur memiliki makna bahwa lulusan FK UMSurabaya mampu menghasikan lulusan yang memiliki jiwa entrepreneur yaitu kreatif, inovatif, berwawasan kewirausahaan, dan keberanian menangkap peluang dengan meminimalkan resiko untuk mampu memberikan solusi masalah pelayanan kesehatan.

MISI FK UMSurabaya

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia yang memiliki keunggulan dalam bidang manajemen pelayanan kesehatan berlandaskan nilai keislaman dan kemuhammadiyahan, kebangsaan, dan berjiwa.
  2. Menyelenggarakan penelitian kedokteran pada bidang kedokteran dasar, terapan dan manajemen pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh civitas akademika sebagai masyarakat intelektual.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil penelitian serta kajian isu terbaru dengan keunggulan di bidang manajemen pelayanan kesehatan.
  4. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran dengan prinsip tata kelola yang baik.

Tujuan FK UMSurabaya

  1. Menghasilkan lulusan dokter yang memiliki kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia yang berwawasan global, beriman, berakhlak mulia serta berkepribadian Muhammadiyah dan menjadi teladan melalui dakwah Islam amar makruf nahi munkar.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pemimpin dan pengelola usaha kesehatan dan kedokteran di masyarakat pada umumnya, dan amal usaha Muhammadiyah pada khususnya.
  3. Menghasilkan karya penelitian di bidang kedokteran dasar, terapan, dan manajemen pelayanan kesehatan yang bermanfaat dan diakui oleh masyarakat.
  4. Mampu melaksanakan pengabdian dan pelayanan pada masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan keunggulan di bidang manajemen pelayanan kesehatan.
  5. Mewujudkan kerjasama dan pengelolaan fakultas yang terencana, terorganisasi, produktif, dan keberlanjutan.

Sasaran FK UMSurabaya

  1. Tercapainya mutu pembelajaran dan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi, beriman dan berakhlak mulia.
  2. Tercapaianya mutu kemahasiswaan.
  3. Tercapainya peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia.
  4. Tercapainya lulusan yang berjiwa enterprenuer (kreatif dan inovatif) dan memiliki ilmu manajemen pelayanan kesehatan sebagai bekal untuk menjadi pemimpin dan pengelola di fasilitas pelayanan kesehatan.
  5. Tercapainya mutu sarana prasarana serta sistem keuangan yang akuntabel.
  6. Tercapainya karya penelitian di bidang kedokteran dasar, terapan, dan manajemen pelayanan kesehatan yang bermanfaat dan diakui oleh masyarakat.
  7. Tercapainya pengabdian dan pelayanan pada masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta unggul dalam manajemen pelayanan kesehatan.
  8. Tercapainya mutu Al Islam dan Kemuhammadiyahan pada civitas akademika FK UMSurabaya yang dapat menjadi teladan dalam rangka melaksanakan dakwah Islam melalui persyarikatan Muhammadiyah.
  9. Tercapainya peningkatan mutu tata kelola kelembagaan dalam sistem manajemen.
  10. Tercapainya peningkatan kerja sama dalam dan luar negeri.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- um-surabaya.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments