Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Sekitar bulan Januari 2010, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FK-UMY) yang telah berubah nama menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK-UMY). Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY ikut memberikan kontribusi dalam melahirkan tenaga-tenaga medis baru.

Bersama dengan perubahan nama, FKIK UMY terus berusaha untuk mengembangkan diri sesuai dengan visinya untuk menjadi Fakultas Kedokteran yang mandiri, bertata kelola baik (Good Faculty Governance). Tata kelola yang dilaksanakan ini berakar pada sosio-budaya Indonesia yang Islami bedasarkan kedokteran berbasis bukti berkualitas nasional, regional, bahkan internasional.

Selain beberapa prodi yang ada yakni Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan dan Magister Manejemen Rumah Sakit (MMR) tahun 2010 ini FKIK UMY akan membuka jurusan baru yaitu Farmasi. ”Nama berubah, karena fakultas kedokteran telah melebarkan sayap, bukan lagi hanya mempelajari masalah kedokteran, namun bidang kesehatan yang lain,”tuturnya saat menyerahkan piagam perubahan nama fakultas kepada dekan FKIK UMY.

Menurut dekan FKIK UMY, dr. H. Erwin Santosa, Sp. A., M.Kes. FKIK terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan dan masyarakat. Dalam 3 tahun terakhir civitas akademika UMY telah melakukan 134 penelitian kesehatan dan 75 kegiatan pengabdian di masyarakat dan telah menerbitkan Jurnal Kesehatan Mutiara Medika. ”Hal tersebut merupakan realisasi dari misi FKIK UMY untuk menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang mandiri dan bertata kelola baik,”ungkapnya.

Senada dengan keduanya, Prof. Dr. H. Mochammad Anwar, M.Med. Sc, SpOG(K), selaku guru besar FKIK UMY berharap bahwa FKIK bisa terus meningkatkan sumber dayanya dalam menghadapi era global. FKIK UMY perlu melakukan revitalisasi dan reorientasi menuju suatu perubahan sistem manajemen yang didasarkan pada efisiensi dan efektifitas penggunaan sumber dayanya.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini, kampusnya beralamat di Jl. Lingkar Selatan, Geblagan, Tamantirto, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Persyarikatan Muhammadiyah yang berkhidmat dalam dakwah di bidang pendidikan dan kesehatan, membutuhkan tenaga kesehatan, terutama dokter untuk menggerakkan lembaga pelayanan kesehatan yang tersebar di seluruh Nusantara. Oleh karena itu bulan Maret tahun 1993, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendirikan Fakultas Kedokteran UMY untuk mendidik calon dokter.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan tenaga kesehatan lain di masyarakat, maka berdiri Program Studi Ilmu Keperawatan tahun 2000, Kedokteran Gigi tahun 2004 dan Farmasi tahun 2010. Dengan beragamnya Prodi yang dimiliki, maka Fakultas Kedokteran UMY beralih nama menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan program pendidikan Kedokteran menjadi Prodi dibawah FKIK UMY pada tahun 2010.

Pada tahun 2002 Program Pendidikan Kedokteran FK UMY telah terakreditasi oleh BAN PT Dikti Depdiknas dengan Klasifikasi Akreditasi B. Tahun 2015 kembali meraih akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri untuk Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Berdasarkan hasil akreditasi terkini tersebut, Program Studi Kedokteran (Sarjana) memiliki Klasifikasi Akreditasi B, sedangkan Program Studi Profesi Dokter (Profesi) memiliki Klasifikasi Akreditasi A.

Berbagai program hibah yang sangat membantu perkembangan FK maupun FKIK UMY adalah Program Hibah Kompetisi A2 dari Dikti, Hibah K1 Inherent untuk pengembangan teknologi informasi dan Program Hibah Kompetisi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter (PHK PKPD) tahun 2011-2013 yang diperoleh dari World Bank-DIKTI.

Alhamdulillah, ditahun 2019 Program Studi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah terakreditasi oleh LAM-PTKes.

Visi Program Studi Kedokteran pada tahun 2020 menjadi Program Studi yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, berlandaskan nilai-nilai Islam, terkemuka di tingkat nasional, dikenal di tingkat internasional, berkontribusi pada pengembangan umat dan bangsa Indonesia.

Program Pendidikan Dokter terdiri dari dua program studi yaitu Program Studi Sarjana Kedokteran dan Program Studi Profesi Dokter. Untuk menjadi dokter, mahasiswa harus menyelesaikan dua program studi tersebut.

Ilmu Kedokteran terus berkembang sehingga lulusan Program Studi Kedokteran harus memiliki kompetensi sesuai dengan tuntutan jaman. Sejalan dengan tuntutan itu, Program Studi Kedokteran terus berbenah diri dengan mengavaluasi proses dan output yang telah dihasilkan dengan senantiasa memperbaharui proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Dan dalam rangka mendukung proses pembelajaran yang dilakukan maka Program Studi Kedokteran berusaha menyediakan sarana dan prasarana yang memadai sesuai dengan tuntutan kompetensi yang harus dikuasai, baik sarana prasarana di tingkat sarjana maupun di tingkat profesi.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- umy.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments