Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah

Universitas Baiturrahmah berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah yang didirikan pada tahun 1994 sebagai wadah tiga sekolah tinggi yang telah didirikan sebelumnya, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (1985), Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi (1985) dan Sekolah Tinggi Kedokteran (1993), yang masing-masing kemudian berubah menjadi Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran. Kemudian, pada tahun 1999 satu fakultas lagi dibuka pula, yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat. Semua program studi ini telah terakreditasi. Pada tahun 2005 dibuka Jurusan D.III Kebidanan, dan tahun 2006 Jurusan D.III Radiografi.

Sampai pada waktu ini Universitas Baiturrahmah menyelenggarakan 8 (delapan) program studi yakni ; Program Pendidikan Dokter Akreditasi B, Program Studi Profesi Dokter Akreditasi B, Program Pendidikan Dokter Gigi Akreditasi B, Program Profesi Dokter Gigi Akreditasi B, Program Studi Kesehatan Masyarakat Akreditasi B, Program Studi Manajemen Proses Re Akreditasi, Program Studi Kebidanan Akreditasi B, DAN Program Studi Radiografi Proses Re Akreditasi.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Baiturrahmah (Unbrah), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Baiturrahmah (Unbrah) ini, kampusnya beralamat di Jl. By Pass No.Km. 15, Aie Pacah, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah berdiri pada tahun 1993 yang berbentuk Sekolah Tinggi Kedokteran yang berdiri sendiri dengan Program Studi Kedokteran Umum.

Pada tahun 1994 terbentuklah Universitas Baiturrahmah dan semua sekolah tinggi dibawah naungan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah seperti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi dan Sekolah Tinggi Kedokteran tergabung dalam wadah Universitas Baiturrahmah dan namanya berubah menjadi fakultas.

Sejak awal berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah telah menjalin kerjasama dengan baik dengan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas terutama dalam proses belajar mengajar yang sebagian besar dosen yang memberi kuliah dan praktikum adalah dosen tetap Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan dari Dinas Kesehatan kota dan provinsi.

Pada tanggal 4 Oktober 1999 Fakultas Kedokteran telah melaksanakan wisuda perdana bagi para lulusannya sebanyak 29 orang dengan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Karena kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) terbatas sampai Program Pendidikan Sarjana Kedokteran, maka sejak tahun 1998 telah dijalin kerjasama dengan Rumah Sakit Dr.Pirngadi di Medan sebagai lahan praktek Kepaniteraan Klinik Senior bagi para Sarjana Kedokteran tadi. Kerjasama ini diperbaharui lagi pada tanggal 22 Februari 2005 untuk jangka waktu 5 tahun. Pada tahun 2010 kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Pirngadi diperbaharui lagi untuk 5 tahun kedepan.Saat ini telah ditanda tangani perpanjangan kerjasama selama 3 ( tiga 0 tahun mulai 17 Maret 2017 sampai dengan 15 Maret 2020.

Pada tanggal 23 Mei 2013 telah dibuat Nota Kesepakatan Bersama antara Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Solok dengan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang Nomor 388/TU-RS/V/2013 Nomor 0425/I.4.Pen/03/05/2013 tentang Pelaksanaan Kepaniteraan Klinik Senior Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah di Rumah Sakit Umum Daerah Solok sebagai RS pendidikan utama. Kesepakatan kerjasama ini berlaku selama 5 ( lima ) tahun sampai dengan 2018.

Kemudian pada tanggal 28 April 2015 ditanda tangani kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Solok untuk pelaksanaan Kepaniteraan Klinik Senior dalam bidang Ilmu Kesehatan Masayarat. Pada tanggal 15 Juni 2015 menjalin Kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Achmad Mochtar Bukittinggi sebagai Rumah Sakit Pendidikan Satelit dan selanjutnya menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Jiwa Prof.H.B Saanin Padang pada tanggal 15 Juni 2015 sebagai afiliasi dari RSUD Solok dalam bidang Kepaniteraan Klinik Senior Ilmu Kesehatan Jiwa.Pada tanggal 19 Desember 2016 telah ditanda tangani Nota Kesepakatan dengan Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang sebagai RS pendidikan satelit yang berlaku sampai 19 Desember 2019.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Baiturrahmah (Unbrah) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unbrah.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments