Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi

Pada mulanya YAYASAN YARSI hanya mempunyai perhatian terhadap masalah langkanya tenaga medis di Indonesia yang disertai pula masih sangat terbelakangnya umat islam dalam berpartisipasi di bidang pelayanan kesehatan. Pada waktu itu tidak ada satupun lembaga pendidikan kedokteran dan rumah sakit yang dikelola oleh lembaga Islam di Jakarta.

Terdorong oleh keadaan itulah dan sadar akan mayoritas umat Islam di Indonesia, maka pada tanggal 15 April 1967 YAYASAN YARSI mendirikan PERGURUAN TINGGI KEDOKTERAN YARSI yang kemudian pada tahun 1969 sesuai dengan ketentuan UU no.22 tahun 1961 berubah menjadi SEKOLAH TINGGI DOKTERAN YARSI.

Fakultas Kedokteran Universitas YARSI didirikan sebagai Sekolah Tinggi Kedokteran tahun 1969. Tahun ini akan berusia 46 tahun. Pada kehidupan manusia dekade 40-an adalah rentang waktu ketika potensi terbangun sepenuhnya dan seseorang mendapati dirinya memiliki kesempatan untuk menebar manfaat sebanyak-banyaknya. Akan tetapi bila menggunakan skala peradaban maka Fakultas Kedokteran Universitas YARSI (FKUY) masih berada pada tahap awal proses membangun kembali Peradaban Islam khususnya dibidang kedokteran.

Kedokteran Islam pada dasarnya adalah seorang muslim taat yang menggunakan kacamata Islam dalam hidup kesehariannya sebagai seorang dokter. Oleh karena itu FKUY berusaha membangun bi’ah Islam dalam aktivitas pendidikan seperti tata busana, etos kerja, interaksi sosial bahkan memasukkan Dokter Muslim sebagai salah satu kompetensi tambahan lokal dalam standar kompetensi dokter lulusan FKUY. Fakultas meyakini bahwa seorang muslim dengan aqidah yang lurus, Ibadah yang shahih dan akhlak yang mulia akan melahirkan dokter yang cerdas dan professional, mandiri dan teratur, sehat jiwaraga dan bermanfaat untuk orang lain.

Pembangunan karakteristik dokter muslim kami iringi dengan pembangunan infrastruktur yang mumpuni. Seluruh aktivitas pendidikan sarjana kedokteran saat ini dipusatkan di Menara YARSI. Fakultas Kedokteran menggunakan 7 ruang kuliah amphitheater, 25 ruang laboratorium keterampilan klinis dan 52 ruang tutorial untuk menunjang kurikulum pendidikan dokter dengan orientasi Problem-based Learning. FKUY juga didukung oleh 9 laboratorium ilmu dasar kedokteran termasuk Laboratorium Biomedik Terpadu di Lt.11 untuk mendorong riset-riset kedokteran yang bermanfaat untuk masyarakat. Pendidikan profesi dokter dilaksanakan terutama di RSUD Gunung Jati Cirebon sebagai rumah sakit pendidikan utama.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Yarsi (UY), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Yarsi (UY) ini, kampusnya beralamat di Jl. Letjend Suprapto No.Kav. 13, RT.10/RW.5, Cemp. Putih Tim., Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Dorongan untuk mengembangkan SEKOLAH TINGGI KEDOKTERAN YARSI menjadi UNIVERSITAS YARSI telah mulai dipikirkan sejak tahun 1979. Dengan pengalaman mengelola program studi kedokteran yang terbukti mampu berkembang dengan mantap, tentulah akan mampu pula mengelola program studi non eksakta seperti Hukum, Ekonomi dan sebegainya.

Dorongan untuk mengembangkan SEKOLAH TINGGI KEDOKTERAN YARSI menjadi UNIVERSITAS YARSI telah mulai dipikirkan sejak tahun 1979. Dengan pengalaman mengelola program studi kedokteran yang terbukti mampu berkembang dengan mantap.

Program Studi Ilmu Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas YARSI (Prodi IKG FK-UY) telah resmi berdiri pada tanggal 4 September 2012 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 306/E/O/2012 Tentang Penyelenggaraan Program Studi Kedokteran Gigi (S-1) Pada Universitas YARSI Di Jakarta. PSIKG-UY saat ini masih merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran Universitas YARSI (FK-UY).

Di dalam penyelenggaraan pendidikan dokter gigi ini, Prodi IKG FK-UY telah mempunyai 2 angkatan. Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) menetapkan bahwa setiap Program Studi Ilmu Kedokteran Gigi yang baru berdiri, dalam 3 tahun pertama harus menerima mahasiswa tidak tebih dari 50 orang.

Dewasa ini staf edukatif Prodi IKG FK-UY sebanyak 16 orang dengan kualifikasi pendidikan S-2, Sp-1, S-3 dan Guru Besar sehingga diharapkan mahasiswa memperoleh pendidikan dokter gigi oleh tenaga edukatif yang berkualitas. Saat ini Prodi IKG FK-UY merupakan bagian dari FK-UY sehingga untuk basic medical science / ilmu kedokteran dasar diberikan oleh staf edukatif pendidikan dokter. Untuk kualitas pendidikan dokter pada FK-UY sudah tidak perlu diragukan kualitasnya karena pendidikan dokter pada FK-UY mendapatkan akreditasi “B” dari BAN-PT.

Prodi IKG FK-UY dibagi 2 tahap pendidikan, yaitu :
  1. Program Pendidikan Akademik (S-1) dengan lama pendidikan 3,5 tahun dibagi menjadi 7 semester dan setelah lulus akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG).
  2. Program Pendidikan Profesi (Profesi Dokter Gigi) dengan lama pendidikan 1,5 tahun dibagi menjadi 3 semester dan setelah lulus akan mendapatkan gelar Dokter Gigi (drg).

Prodi IKG FK-UY saat ini sedang membangun Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas YARSI (RSKGMP-UY) yang berada satu kompleks Kampus Universitas YARSI dan telah mempunyai surat rekomendasi pendirian RSKGMP nomor 8592/-1.779.3 dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. RSKGMP-UY ini nantinya akan menjadi Dental Teaching Hospital bagi mahasiswa ko-ass (profesi), tentunya di dalam bekerja ke pasien setiap mahasiswa ko-ass di bawah supervisi instruktur Dokter Gigi/Dokter Gigi Spesialis.

Di DKI Jakarta saat ini telah terdapat 3 RSKGMP, yaitu RSKGMP-UI, RSGMP-Trisakti dan RSKGMP-Moestopo. Pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada RSKGMP-UY akan menjadi yang ke empat di DKI Jakarta, dan diharapkan dapat menjadi pusat pendidikan dan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas di Indonesia khusus nya di wilayah DKI Jakarta dan JABODETABEK.

Kegiatan pendidikan di organisasi oleh Pusat Pendidikan Kedokteran dengan staf tersendiri yang memiliki keahlian dalam pengembangan bidang pendidikan kedokteran. Kualitas organisasi dan manajemen kegiatan pendidikan dipantau secara Internal oleh bagian Audit Pendidikan dan dijamin secara eksternal oleh BAN-PT dan SAI global untuk ISO 9001:2000. Pada 3 tahun terakhir ini fakultas telah memfasilitasi 21 orang dosen untuk menempuh pendidikan strata 3 (S-3) dan menerima dana hibah penelitian hingga Rp. 1 Milyar dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya tenaga pendidik.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan, mutu sumber daya manusia serta upaya untuk mempertahankan prestasi dan kepercayaan yang diberikan masyarakat lebih jauh lagi berusaha menyeimbangkan antara pembangunan karakter dokter muslim dan pembangunan fisik. Harmoni tersebut amat dibutuhkan agar keduanya berjalan seiring membangun kedokteran Islam sebagai kontribusi kami dalam arus kebangkitan Islam.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Yarsi (UY) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- yarsi.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments