Soal Kedokteran

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran UY

Universitas YARSI didirikan oleh Yayasan Rumah Sakit Islam Indonesia (YARSI) pada awalnya sebagai Sekolah Tinggi Kedokteran YARSI pada tanggal 15 April 1967 dengan satu program studi kedokteran. Pendirian Sekolah Tinggi Kedokteran YARSI bertolak dari keprihatinan atas langkanya tenaga medik di Indonesia dan masih sangat terbelakangnya umat Islam dalam berpartisipasi di bidang pelayanan dan pendidikan kesehatan.

Pada saat itu di Jakarta belum ada satu pun lembaga pendidikan kedokteran dan rumah sakit yang dikelola oleh lembaga Islam. Dalam perjalanannya, pada tahun 1969, sesuai dengan ketentuan undang-undang nomor 22 tahun 1961, lembaga ini berubah menjadi Sekolah Tinggi Kedokteran YARSI. Dengan adanya lembaga pendidikan ini, terbuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mendapat pendidikan kedokteran dengan bekal iman Islam yang membimbing manusia akan hakekat kehidupan yang pada dasarnya hanya mencari keridhoan ALLAH SWT.

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi (UY), yang bersumber pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berkedudukan di Jl. M.H. Thamrin No.8, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Yarsi (UY)

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Website PT
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum0434/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2018A2023-07-07yarsi.ac.id
Profesi Dokter 0435/LAM-PTKes/Akr/Pro/VII/2018A2023-07-07yarsi.ac.id

Universitas Yarsi (UY) terus berkembang dengan baik dan tentunya sesuai harapan Civitas Academikanya. Selanjutnya terdapat penambahan satu fakultas yaitu psikologi dan penambahan dua program studi yaitu program studi kedokteran gigi dan magister manajemen, magister kenotariatan, magister biomedis di bawah pengelolaan sekolah pasca sarjana. Dengan demikian sampai saat ini Universitas YARSI memiliki enam Fakultas dengan 13 program studi.

Universitas Yarsi menggelar webinar bagian proses belajar dan bekerja, sebagai bukti pendidikan.masih berkumandang. Mengambil tema Strategi Meraih Sertifikasi Time Higher Education (THE). Proses perankingan internasional merupakan sesuatu persiapan komprehensif , tidak bisa dikerjakan satu bagian saja, tetapi ini merupakan semangat ingin dikejar bersama. Pekerjaan ini bisa bertahun-tahun, berdiskusi dan melakukan inisiasi.

Menurut Doktor Rifqatussa’adah, sertifikasi internasional dituju Universitas Yarsi adalah Asean University Networking -Quality Assurance (AUN-QA), sertifikasi World University Ranking (WUR) oleh Times Higher Education (THE) untuk kategori Impact Ranking. Kemudian untuk akreditasi internasional yang akan dijajaki adalah IABEE dan FIBAA

Selanjutnya Rifqatussa’adah menyatakan, harapan utama bila program studi Universitas Yarsi memperoleh sertifikasi dan akreditasi internasional, maka akreditasi program studi tingkat nasional terbantu. “Jadi peraihan akreditasi internasional akan berdampak sangat signifikan untuk peningkatan akreditasi nasional,” tegas Direktur PDJAMA.

Kini prodi kesehatan di Universitas Yarsi yaitu prodi Akademik Dokter dan prodi Profesi Dokter telah memperoleh akreditasi A dari LAMPTKES, untuk program studi akademik dokter Gigi dan Profesi dokter gigi memperoleh akreditasi B dari LAMPTKES, prodi Sains dan Biomedis memperoleh predikat akreditas “B” dari LAMPTKES.

Selain itu prodi Perpustakaan dan Sains Informasi mendapatkan predicat akreditasi “A” dari BANPT, dan selebihnya untuk program studi di YARSI mendapatkan predikat akreditasi “B” dari BANPT Kemendikbud Ristek RI.

Semoga informasi tentang Profil Fakultas Kedokteran UY yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- yarsi.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments