Soal Kedokteran

Akreditasi Fakultas Kedokteran Unram

Menurut Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum., Program Studi yang sudah mendapat akreditasi dengan predikat A (Nasional) dapat ditingkatkan ke Unggul melalui Instrumen Suplemen Konversi. Universitas Mataram telah mengalokasikan anggaran untuk 5 program studi yang potensial dan siap untuk akreditasi/sertifikasi internasional.

Menurutnya pengembangan akreditasi di Unram akan diarahkan ke akreditasi nasional yang Unggul, sertifikasi internasional berupa AUN-QA untuk prodi/institusi, ISO 17025 untuk Laboratorium dan akreditasi internasional.

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, berdasar pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemendikbud Ristek, yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Peringkat Akreditasi yang kami sosialisasikan terutama untuk Jenjang Sarjana Program Studi Pendidikan Dokter. Di samping itu Jenjang Profesi untuk Dokter di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram ini.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Mataram

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKadaluarsa Keterangan
Sarjana (S-1)Pendidikan Dokter 0481/LAM-PTKes/Akr/Sar/VIII/2017A2022-08-25 fk.unram.ac.id
Profesi Dokter 0482/LAM-PTKes/Akr/Pro/VIII/2017A2022-08-25 fk.unram.ac.id

Dalam rangka memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) 8, yakni Program Studi (Prodi) Berstandar Internasional, Universitas Mataram (Unram) berupaya mempersiapkan akreditasi/sertifikasi internasional baik bagi prodi maupun institusi dengan menggelar Sosialisasi Pengembangan Akreditasi Internasional secara daring, Rabu (21/4).

Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum. menjelaskan akreditasi atau sertifikasi internasional merupakan parameter dalam pemeringkatan/klasterisasi perguruan tinggi. “Oleh karena itu perlu upaya-upaya untuk mencapainya,” tegasnya.

Guru Besar Ilmu Hukum Unram ini juga mendorong prodi yang terakreditasi dengan predikat B agar melakukan reakreditasi untuk memperoleh predikat Unggul. Ia pun meminta agar prodi yang potensial dan siap, baik yang terakreditasi A maupun B tetap berupaya mempersiapkan diri menuju akreditasi/sertifikasi internasional.

Selain kebijakan itu, ia pun menuturkan bahwa Unram telah membentuk Tim Akreditasi Universitas bidang Persiapan Akreditasi/Sertifikasi Internasional. Rektor Unram ke-9 ini menilai dalam rangka mempersiapkan prodi dan institusi menuju akreditasi/sertifikasi internasional, maka Pendidikan Berbasis Capaian Pembelajaran atau Outcome Based Education (OBE) perlu diadopsi.

Prodi yang potensial dan siap untuk akreditasi/sertifikasi internasional akan diberi bimbingan teknis dan pendampingan dalam menyusun dokumen dan menyelesaikan syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Ketua LPMPP Unram Dr. Ir. Lestari Ujianto, M.Sc mengatakan ada tiga arah pengembangan akreditasi Unram dan menjelaskan dua di antaranya. Pertama, pengembangan akreditasi prodi dan institusi ke arah peringkat Unggul. Kedua, pengembangan akreditasi internasional. Dia menekankan bahwa di samping pengembangan ke arah Unggul, juga perlu diupayakan menuju arah pengembangan akreditasi internasional. Sementara itu arah pengembangan yang ketiga adalah pengembangan sertifikasi internasional melalui AUN-QA untuk prodi/institusi.

Semoga informasi tentang Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Unram yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unram.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments