Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Unram

Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK Unram) merupakan fakultas yang relatif masih muda. Fakultas Kedokteran Unram berdiri sejak tahun 2003.

Salah satu faktor pendorong dibentuknya FK Unram adalah untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kesehatan, dalam hal ini dokter di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebagai sebuah institusi, maka telah ditetapkan visi dan misi FK Unram, yang selaras dan sejalan dengan visi dan misi Universitas Mataram (Unram).

FK Unram merupakan salah satu Fakultas Unggulan di Universitas Mataram. Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Mataram berdiri dengan izin Operasional Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 123/D/T/2003, tanggal 18 Juni 2003 yang telah diperpanjang dengan SK Perpanjangan izin Operasional Dirjen Dikti No. 899/D/T/2007, tanggal 20 April 2007.

Selanjutnya berubah nama menjadi Fakultas Kedokteran berdasarkan SK Rektor No. 10.146/H18/ HK/2007 tanggal 25 Agustus 2007. Pada saat ini, Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK UNRAM) telah di Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT). Spesifikasi dan kompetensi lulusan yang dihasilkan minimal sesuai dengan standar kompetensi dokter Indonesia dan standar pendidikan dokter Indonesia.

Visi, Misi, dan Tujuan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

Visi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

“Fakultas Kedokteran Universitas Mataram menjadi institusi pendidikan yang berperan aktif dalam pengembangan IPTEK kedokteran dan kesehatan serta berdaya saing internasional tahun 2025 “

Misi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

  1. Mengembangkan pendidikan kedokteran dan kesehatan yang berkualitas dan beretika.
  2. Mengembangkan dan melaksanakan penelitian di bidang kedokteran dan kesehatan yang kreatif dan inovatif.
  3. Mengembangkan dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan, mengembangkan, dan memanfaatkan IPTEK kedokteran dan kesehatan bagi masyarakat.
  4. Menyelenggarakan sistem manajemen institusi pendidikan kedokteran dan kesehatan dengan tata kelola yang baik, kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, adil, efektif dan efisien, berbasis teknologi informasi.
  5. Membina dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga kedokteran dan kesehatan serta lembaga lain.
  6. Mengembangkan muatan lokal berbasis kepulauan.

Tujuan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

  1. Tercapainya hasil penyelenggaraan pendidikan berupa lulusan yang profesional, beretika dan mampu bersaing nasional dan internasional.
  2. Tercapainya hasil penelitian yang inovatif dan kreatif untuk pengembangan Iptek kedokteran dan kesehatan.
  3. Tercapainya hasil pengabdian kepada masyarakat yang memanfaatkan Iptek kedokteran dan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  4. Tercapainya hasil kerjasama dengan berbagai lembaga untuk pengembangan Iptek kedokteran dan kesehatan, baik di bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.
  5. Tercapainya hasil implementasi managemen tata kelola yang baik, kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, adil, efektif dan efisien, berbasis teknologi informasi.
  6. Terintegrasinya muatan kedokteran kepulauan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam rangka mencapai visi dan misi fakultas, diperlukan perencanaan strategis, yang terarah dan terukur. Dasar perencanaan strategis Fakultas Kedokteran Universitas Mataram mengacu pada analisis kebutuhan masing-masing pilar yang menopang tercapainya visi dan misi fakultas, yaitu (1) pendidikan, (2) penelitian, (3) pengabdian pada masyarakat, (4) pengembangan sistem informasi dan kerja sama serta (5) Tata Kelola Aset, Administrasi, Keuangan dan Kerumahtanggaan. Rencana strategis FK Unram disusun sebagai perencanaan institusi FK Unram yang menjabarkan garis besar kegiatan dan target pencapaian tiap tahun untuk kurun waktu lima tahun.

Dalam tiap tahapan lima (5) tahun, diharapkan peningkatan pencapaian dibandingkan periode lima tahun sebelumnya. Pada periode lima tahun kedua (2016-2020) ini, pengembangan FK Unram masih tetap menitikberatkan pada penguatan unsur tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, sedangkan kerjasama, sistem informasi dan tata kelola pengembangannya diupayakan dapat sejalan dengan 3 unsur utama tersebut.

Kurikulum pada program studi pendidikan dokter menggunakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI). Muatan dalam kurikulum yang diterapkan terintegrasi secara horizontal dan vertikal. Kurikulum KBK di Fakultas Kedokteran Unram telah mengalami 2 kali revisi, yaitu pada tahun 2009 dan tahun 2012. Berdasarkan kurikulum tahun 2012, jumlah SKS Program Studi (minimum untuk kelulusan S-1) adalah 145 SKS mulai berlaku pada mahasiswa angkatan 2012/2013. Jumlah SKS tersebut berada pada tahap akademik yang tersebar dalam 21 blok, 21 Keterampilan Medik, 7 longitudinal course, 3 MKU dan KTI dan ditempuh selama 7 semester. Pada kurikulum 2012, mulai dijabarkan lebih sistimatis komponen muatan lokal yang pelaksanakaan terintegrasi dalam mata kuliah-mata kuliah, dan keterampilan medik managemen bencana.

Kurikulum yang diterapkan dan pada tahap profesi saat ini adalah kurikulum 2009, dengan jumlah SKS sebanyak 40 SKS selama 95 minggu. Bobot SKS dan pada kurikulum 2012 juga sebanyak 40 SKS dengan memasukkan muatan lokal sesuai visi dan Misi Fakultas.

Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram berjalan dengan dua kurikulum meliputi kurikulum pada tahun akademik 2014 dan 2015. Kompetensi lulusan pada tahun akademik 2014 mengikuti standar kompetensi lulusan pendidikan sarjana farmasi yang dikeluarkan oleh APTFI tahun 2013. Adapun kompetensi lulusan pada tahun akademik 2015 dan selanjutnya dirumuskan dalam bentuk capaian pembelajaran meliputi aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus yang dimuat dalam Pedoman Akademik Program Studi Farmasi Universitas Mataram. Jumlah sks program studi (minimum untuk kelulusan) : 146 SKS untuk angkatan 2014 dan 149 SKS untuk angkatan 2015.

Struktur kurikulum Program Studi Farmasi UNRAM yang mendukung capaian pembelajaran dalam membentuk sikap dan tata nilai sesuai Standar Pendidikan Tinggi Farmasi tahun 2014 direfleksikan dalam mata kuliah muatan wajib, inti, dan lokal.

Muatan wajib pendidikan sarjana terdiri atas 3 mata kuliah yaitu agama, kewarganegaraan, dan bahasa. Sebagai contoh, pendidikan agama bertujuan untuk membentuk mahasiswa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Jumlah SKS untuk muatan wajib dalam kurikulum Program Studi Farmasi UNRAM telah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Standar Pendidikan Tinggi Farmasi tahun 2014 yaitu sebesar 5%. Muatan wajib tersebut diberikan pada semester awal sebagai landasan pembentukan sikap dan tata nilai mahasiswa.

Muatan inti juga berkontribusi dalam pengembangan sikap dan tata nilai mahasiswa. Misalnya mata kuliah kewirausahaan membekali mahasiswa untuk meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat dan melatih kemandirian sedangkan mata kuliah undang-undang dan etika kesehatan mempersiapkan mahasiswa sehingga mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika kefarmasian.

Muatan lokal yang dikembangkan oleh program studi mendorong pengembangan sikap mahasiswa. Misalnya mata kuliah Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) mendorong mahasiswa untuk mampu berkomunikasi dan membangun hubungan interpersonal dengan berbagai pihak secara ilmiah dan bertanggungjawab. KKN dan tugas akhir yang diselenggarakan pada semester akhir mendorong mahasiswa untuk mengimplementasikan sikap baik sebagai seorang sarjana maupun farmasis dalam kehidupan nyata.

Fakultas Kedokteran Unram masuk dalam kelompok A fakultas kedokteran di Indonesia dilihat dari jumlah lulusan Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) utama (first taker), sejajar dengan Fakultas Kedokteran terkemuka di Indonesia.

Jumlah lulusan dokter yang telah disumpah mencapai 123 orang dan semuanya telah terserap oleh lapangan kerja, sebagian dari lulusan tersebut telah diterima di pendidikan dokter spesialis di Fakultas kedokteran di Indonesia.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Mataram (Unram) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unram.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments