Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Undana

Fakultas kedokteran Universitas Nusa Cendana (FK Undana) terbentuk pada tahun 2008 berdasarkan surat Dirjen Dikti no. 2122/D/T/2008. Universitas Nusa Cendana diberi izin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran yang mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2008/2009. Pembentukan Kedokteran Universitas Nusa Cendana ini berdasarkan karena minimnya pendidikan Kedokteran di Nusa Tenggara Timur.

Faktor kedekatan letak geografis dengan benua Australia dan pada bagian Timur kepulauan Nusa Tenggara menyebabkan sebagian besar wilayah Provinsi NTT beriklim semi-ringkai (semi-arid), terutama bagian Timur pulau Sumba, bagian Utara pulau Timor dan bagian Utara dan Timur pulau Flores dan pulau-pulau di sebelah Timur pulau Flores.

Pendirian FK UNDANA dilatarbelakangi oleh adanya kekurangan jumlah dokter, distribusi dokter yang tidak merata dan waktu tinggal/kerjanya yang relatif singkat ( 1 – 2 tahun), serta masih tingginya masalah-masalah kesehatan dasar di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Saat ini semua penempatan dokter di Provinsi NTT tergantung sepenuhnya pada penempatan secara nasional. Sebenarnya sudah ada sejak lama keinginan dan wacana untuk membuka Program Pendidikan Dokter di Provinsi NTT, tetapi usaha secara serius dan sistematis baru dilakukan oleh Rektor Universitas Nusa Cendana Prof Ir. Frans Umbu Datta, M.App.Sc, Ph.D dengan membentuk Panitia Persiapan Pembukaan Pendidikan Dokter di Universitas Nusa Cendana – Kupang – NTT.

Segera Panitia tersebut melakukan berbagai kegiatan mulai dari penjajagan, studi kelayakan dan sosialisasi secara nasional, di Provinsi NTT dan ota/kabupaten se NTT, studi banding ke beberapa Fakultas Kedokteran dan PSPD yang telah maju maupun yang baru dibuka ( a.l: Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Unversitas Hasanuddin, Universitas Mataram dan Universitas Lampung) untuk mendapatkan dukungan.

Kemudian pada tgl. 24 – 25 April 2007 diselenggarakan “Seminar dan Lokakarya Pendirian Fakultas Kedokteran di Universitas Nusa Cendana” sekaligus penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Nusa Cendana dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pemerintah Kota Kupang, dan Kabupaten se-NTT.

Pada akhir November 2007 Panitia Pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana dipimpin oleh Rektor Undana didampingi oleh Ketua DPRD Prov NTT, Gubernur Prov NTT, Ketua Bappeda Prov. NTT, Anggota DPR RI dari NTT, Direktur RSUD Prov Dr. W.Z. Johannes Kupang mengantarkan Proposal Pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI, Departemen Kesehatan RI, Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Komisi X DPR RI di Jakarta.

Pada tgl 13 – 15 Maret 2008 Panja Pendidikan Kedokteran Komsi X DPR RI mengadakan kunjungan kerja dan peninjauan Persiapan Pendirian Fakultas Kedokteran Provinsi NTT di Universitas Nusa Cendana.

Pada tgl 13 – 15 Mei 2008 Tim Visitasi Konsil Kedokteran Indonesia yang terdiri dari dr. Djauhari, Prof dr. Qomariah dan dr Untung Suseno melakukan visitasi kelayakan Pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter di Universitas Nusa Cendana.

Selanjutnya pada tgl 11 Juli 2008 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI menerbitkan surat no: 2122/D/T/2008 tentang izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter (S1) di Universitas Nusa Cendana, disusul dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Nusa Cendana No: 170/PP/@\2008 tertanggal 20 September 2008 tentang Pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana dan Surat Keputusan Rektor Universitas Nusa Cendana no: 171/KP/2008 tertanggal 22 September 2008 tentang Pengangkatan Dekan dan Pembantu Dekan Pada Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana.

Pendirian FK UNDANA disusul dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru. Pada awal Oktober 2008 dilaksanakan kuliah perdana di FK Undana yang diikuti oleh 52 orang mahasiswa Angkatan I (Tahun 2008/2009). Demikian catatan mengenai sejarah berdirinya FK UNDANA.

Visi dan Misi FK Undana

Visi

Menjadi penyelenggara Tridharma Perguruan Tinggi yang unggul secara global dibidang kedokteran semiringkai kepulauan tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran (S1) dan profesi dokter yang unggul dibidang kedokteran semiringkai kepulauan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dibidang iptekdokes (Ilmu Pengetahuan Teknologi Kedokteran dan Kesehatan) dengan unggulan kedokteran semiringkai kepulauan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil penelitian terkini dibidang kedokteran semiringkai kepulauan.

Tujuan

  1. Menghasilkan dokter yang kompeten, berkualitas, profesional dan unggul secara global dalam bidang kedokteran semiringkai kepulauan.
  2. Menghasilkan penelitian di bidang Iptekdokes dengan unggulan kedokteran semiringkai kepulauan.
  3. Meningkatkan kualitas dan jumlah pelayanan/pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil riset, terutama dalam bidang kedokteran semiringkai.
  4. Pengembangan kapasitas organisasi untuk mencapai organisasi yang sehat, modern, akuntabel, transparan dan demokratis yang kondusif untuk mendorong percepatan perubahan.

Sasaran

  1. Terciptanya dokter yang kompeten, berkualitas, profesional dan unggul secara global dalam bidang kedokteran semiringkai kepulauan.
  2. Terciptanya penelitian di bidang Iptekdokes dengan unggulan kedokteran semiringkai kepulauan.
  3. Tercapainya peningkatan kualitas dan jumlah pelayanan/pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil riset, terutama dalam bidang kedokteran semiringkai kepulauan.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Nusa Cendana (Undana) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- undana.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments