Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta

Berdirinya Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta tidak lepas dari situasi dan kondisi yang melatar-belakangi antara lain oleh kebijaksanaan pembangunan kesehatan yang tertuang dalam TAP MPR nomor II/MPR/1993 mengenai Garis-garis Besar Haluan Negara yang menggariskan bahwa pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta meningkatkan mutu dan kemudahan pelayanan kesehatan yang harus makin terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, penjabaran dari kebijaksanaan pemerintah di atas, selain memerlukan dana, sarana, dan prasarana juga memerlukan sumber daya manusia kesehatan termasuk diantaranya tenaga dokter. Fakultas Kedokteran sebagai institusi yang menghasilkan tenaga dokter dituntut untuk memenuhi kebutuhan dokter sebanyak 70.000 dokter guna mencapai standar pelayanan dengan rasio 1 (satu) dokter untuk 3.000 (tiga ribu) penduduk.

Kemudian, Departemen Pertahanan Keamanan serta ABRI dalam mengemban tugas pokoknya juga memerlukan tenaga dokter untuk mengisi jabatan baik di bidang manajerial maupun fungsional, di rumah sakit dan atau satuan kesehatan lapangan.

Selanjutnya, tingginya kebutuhan tenaga dokter memberikan peluang untuk dapat dibukanya Fakultas Kedokteran baru. Peluang yang ada dimanfaatkan oleh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” yang bernaung di bawah Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman yang selanjutnya sesuai dengan SKEP Menteri Pertahanan RI dilebur menjadi Yayasan di bawah Departemen Pertahanan Keamanan RI untuk membentuk Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta. Ternyata upaya mendirikan Fakultas Kedokteran tersebut berhasil. Secara resmi Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta berdiri pada Tahun 1993 berdasarkan Keputusan Menteri Pertahanan dan Keamanan RI Nomor: KEP/01/II/1993 tentang Penataan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor : 120 Tahun 2014 tanggal 6 Oktober 2014 tentang Pendirian UPN “Veteran” Jakarta, Dibawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai lembaga yang menaungi UPNV Jakarta, memberikan dorongan keleluasaan dalam menetukan kebijakan strategis dalam upaya mencapai pendidikan kedoteran yang maju dan modern.

PENETAPAN VISI DAN MISI

FAKULTAS KEDOKTERAN UPN VETERAN JAKARTA TAHUN 2020 - 2024

VISI

Terwujudnya Fakultas Kedokteran yang unggul, inovatif dan kolaborasi dengan identitas Bela Negara melalu optimalisasi Kedokteran Pencegahan

MISI

  1. Menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi dengan perhatian pada Kedokteran Pencegahan yang bermanfaat Bela Negara
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dalam pengetahuan keterampilan dan profesionalitas Kedokteran Pencegahan
  3. Melaksanakan tatakelola Fakultas Kedokteran yang akuntabel, transparan dan berbasis teknologi
  4. Mengembangkan jejaring dan kemitraan dalam ddan luar negeri dalam bidang Kedokteran Pencegahan
  5. Mengembangkan Ilmu Kesehatan Matra untuk menopang Kedokteran Pencegahan.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN Veteran Jakarta) yang kami publikasikan dapat menjadi tambahan informasi yang bermanfaat terutama untuk para siswa dan orang-tuanya. Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- upnvj.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments