Soal Kedokteran

Akreditasi FK UPN Veteran Jakarta

Sebagai Kampus Bela Negara, Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta yang berdiri sejak tahun 1993 sampai dengan saat ini terus berupaya untuk menghasilkan lulusan yang terbaik, berdaya saing tinggi, dan mampu berkontribusi aktif dalam pembangunan dan peningkatan kesehatan bangsa Indonesia sebagai wujud Bela Negara. Upaya-upaya tersebut telah disusun dalam rencana strategis dan sasaran strategis FK UPN Veteran Jakarta 2018-2020.

Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta memiliki 3 Program Studi yaitu Program Studi Kedokteran Program Sarjana (PSKPS), Program Studi Kedokteran Program Dokter (PSKPD), dan satu program studi yang baru yaitu Program Studi Farmasi Program Sarjana (PSFPS). UPN Veteran Jakarta menargetkan untuk mencapai akreditasi Unggul bagi seluruh program studi FK UPN Veteran Jakarta. Hal ini menjadi salah satu prioritas yang harus dicapai karena animo calon peserta didik terhadap FK UPN Veteran Jakarta yang tinggi , serta UPN Veteran Jakarta masuk dalam 10 Besar PTN dengan nilai rerata SBMPTN yang diterima di bidang Saintek (tahun 2019).

Prestasi yang dicapai mahasiswa baik di bidang akademik maupun non akademik sangat membanggakan. Beberapa kali mahasiswa FK UPN Veteran Jakarta tercatat menjuarai lomba ilmiah baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Karya ilmiah mahasiswa berhasil dipublikasikan dalam jurnal-jurnal terakreditasi, sedangkan kegiatan kemahasiswaan yang bersifat sosial kemanusiaan juga berjalan dengan sangat baik.

Sampai bulan Januari 2020 FK UPN Veteran Jakarta telah menghasilkan lulusan Dokter sebanyak 2631 orang, dan angka kelulusan first taker dalam Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang diadakan Nasional cukup tinggi. Daya serap lulusan FK UPN Veteran Jakarta tinggi dan lulusan bekerja sesuai bidangnya. Sebagian lulusan bekerja di instansi-instasi Pemerintah, TNI, POLRI, dan instansi swasta. Umpan balik yang diberikan oleh pengguna lulusan terhadap kinerja lulusan adalah baik.

Pihak UPN Veteran Jakarta menyadari bahwa untuk menghasilkan lulusan yang terbaik dan berdaya saing tinggi memerlukan upaya yang sungguh-sungguh dan kerja keras. Untuk itu UPN Veteran Jakarta selalu berusaha melengkapi sarana dan prasarana pendukung pendidikan dan penelitian. FK UPN Veteran Jakarta telah memiliki laboratorium sel punca (stemcell) yang menjadi salah satu unggulan FK UPN Veteran Jakarta. Penyediaan alat anatomage dan plastinasi untuk mendukung proses pembelajaran di bidang anatomi, proses pembelajaran melalui e-learning, ketersediaan e-library, dan e-journal yang dikelola oleh Fakultas Kedokteran merupakan sebagian sarana prasarana pendukung.

Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta juga telah melakukan kerjasama dengan berbagai rumah sakit antara lain RSUD Pasar Minggu, RS Bhayangkara Tk. I. R. Said Soekanto, Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan, RSUD Ambarawa, dan RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo sebagai wahana pendidikan bagi mahasiswa kepaniteraan klinik. Kerja sama juga telah dilakukan dengan FKUI dan FK UNDIP dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Kerjasama internasional telah kami jajaki dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) untuk Kedokteran dan Prodi Farmasi.

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, berdasar pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemendikbud Ristek, yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Peringkat Akreditasi yang kami sosialisasikan terutama untuk Jenjang Sarjana Program Studi Pendidikan Dokter. Di samping itu Jenjang Profesi untuk Dokter di lingkungan Fakultas Kedokteran Kampus PTN Bela Negara ini.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKadaluarsa Keterangan
Sarjana (S-1)Pendidikan Dokter 0380/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2021Unggul2022-09-23 Unduh Dokumen
Profesi Dokter 0381/LAM-PTKes/Akr/Pro/IX/2021Unggul2022-09-23 Unduh Dokumen

Semoga informasi tentang Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta yang kami publikasikan dapat menjadi tambahan informasi yang bermanfaat terutama untuk para siswa dan orang-tuanya. Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- upnvj.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments