Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran UPR

Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (FK UPR) pertama kali berdiri dengan nama Program Studi Pendidikan Dokter. Dan pada tanggal 22 Mei 2010 yang diresmikan oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Dalam perjalanannya Program Studi Pendidikan Dokter ini, telah melakukakan banyak kerja sama baik di bagian akademik maupun non-akademik.

Pada awal berdiri Program studi Pendidikan Dokter ini hanya menerima mahasiswa baru berjumlah 50 orang saja. Dan itupun disaring melalui beberapa utusan-utusan dari kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Tengah ini. Penerimaan mahasiswa baru ini pun berlangsung sampai dengan tahun 2013. Akan tetapi di tahun 2014 ini, Program studi Pendidikan Dokter ini telah menerima mahasiswa baru secara umum dari seluruh Indonesia melalui jalur SBMPTN.

Pada awal berdirinya Program Studi Pendidikan Dokter ini dipimpin oleh Ketua Program Studi Dr. dr. Ernie H. Poerwaningsih, MS dan di pertanggung jawabkanb oleh Rektor Universitas Palangkaraya serta jajarannya. Barulah di tahun 2014 ini, Program Studi Pendidikan Dokter tersebut berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya.

Dewasa ini Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya sendiri dipimpin oleh Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin sebagai Dekan Fakultas, dr. Donna Novina Kahanjak, M. Biomed sebagai Wakil Dekan I, drg. Helena Jelita, MM., MDSc., Sp. Perio sebagai Wakil Dekan II, dr. Fransisca Diana Alexandra, MSc sebagai Wakil Dekan III. Kemudian dr.Indria Augustina, M.Si dan dr.Angeline Novia Toemon, M.Imun sebagai Kepala Program Studi dan Sekretaris Program Studi.

Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya

Visi

Menjadi institusi pendidikan dokter terbaik di Kalimantan tahun 2028 dengan menghasilkan dokter yang kompeten, berdaya saing dan unggul dalam IPTEK kedokteran dan kesehatan berbasis masyarakat daerah rawa gambut dan aliran sungai.

Misi

Misi Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Palangka Raya :
  1. Menyelenggarakan dan memantapkan penyelenggaraan pendidikan kedokteran yang menghasilkan dokter berkualitas sebagai pendukung pembangunan nasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan IPTEK kedokteran sesuai dengan kebutuhan prioritas pembangunan nasional dengan keunggulan kajian rawa gambut tropika serta daerah aliran sungai dan lingkungannya termasuk tanaman obat (herbal medicine).
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan IPTEK kedokteran dan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat terutama di daerah rawa gambut gambut dan aliran sungai.
  4. Menyelenggarakan dan menjalian jaraingan kerjasam luas dibidang pendidikan, penelitian, pengabdian dan keguatan professional dengan institusi pemerintah, swasta, dan badanbadan lain pada tingkat nasional maupun internasional.
  5. Menyelengggarakan tata kelola organisasi yang mandiri, akuntabel, dan transparan.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Palangka Raya (UPR) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- upr.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments