Soal Kedokteran

Profil FK Universitas Pattimura

Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (FK Unpatti) bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Prodi Pendidikan Dokter Unpatti sebagai lembaga pendidikan tinggi, berperan mengembangkan sumberdaya manusia dan meningkatkan harkat dan martabat manusia umtul mewujudkan bangsa yang maju, mandiri dan sejahtera.

Studi Kedokteran dibawah Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (FK Unpatti) berdiri awalnya sebagai Program Pendidikan Dokter (PPD) Universitas Pattimura pada tahun 2008 dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI) Nomor 2126/D/2008 tanggal 11 Juli 2008. Program Pendidikan Dokter memulai kuliah perdana setelah diresmikan oleh Dirjen DIKTI pada tanggal 5 September 2008.

Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (FK Unpatti) dengan kedua program studinya (Prodi): Prodi Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter pada tahun 2017 telah mendapatkan akreditasi B (Baik/Good) berdasarkan Sertifikat Akreditasi No.0479/LAM-PTKes/Akr/Sar/VIII/2017 untuk Prodi Kedokteran dan No.0480/LAM-PTKes/Akr/Pro/VIII/2017 untuk Prodi Profesi Dokter FK Unpatti dan terus berproses dengan target peningkatan akreditasi menjadi A di tahun 2021.

Program Studi Kedokteran Universitas Pattimura bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Prodi Pendidikan Dokter Unpatti sebagai lembaga pendidikan tinggi, berperan mengembangkan sumberdaya manusia dan meningkatkan harkat dan martabat manusia umtul mewujudkan bangsa yang maju, mandiri dan sejahtera.

Hal ini juga ditunjang oleh Pola Ilmiah Pokok Universitas Pattimura yaitu ”Bina Mulia Ke-Lautan”. Sebagai bagian dari Universitas Pattimura, Fokus pengembangan Fakultas Kedokteran sebagaimana UNPATTI, menjadi lembaga yang berorientasi dan mengutamakan laut pulau sebagai melalui kegiatan- kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang produktif dan terpakai dalam menunjang pembangunan regional maupun nasional.

Visi dn Misi Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura

VISI

“Sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Dokter yang Berorientasi Lingkungan Laut Pulau Tahun 2020”.

MISI


Meyelenggarakan pendidikan dokter :
Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatah yang optimal pada masyarakat laut pulau.
Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pelayanan kesehatan.


Melaksanakan kegiatan penelitian :


Untuk meningkatkan produk yang bermanfaat bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat pada lingukungan laut pulau.
Untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam lingkungan laut pulau sebagai objek penelitian yang bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.
Meyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat :
Untuk memeberdayakan masyarakat agar mampu secara mandiri menjaga dan memelihara kesehatan secara berkelanjutan.
Untuk membentuk layanan konsultasi kepada masyarakat yang didasari pada hubungan kemitraan agar kesehatan masyarakat terjaga dan terpelihara.

Tujuan Fakultas Kedokteran UNPATTI
Menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif, berkarakter dan berwawasan kepulauan.
Mewujudkan pemerataan pendidikan tinggi yang berkeadilan bagi semua lapisan masyarakat.
Menghasilkan karya-karya ilmiah berkualitas untuk menjawab kebutuhan pengembangan IPTEKS dan pembangunan masyarakat.
Menyebarluaskan informasi dan menerapkan IPTEKS sebagai upaya mendorog peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Mewujudkan penyelenggaraan tata kelola perguruan tinggi yang berkualitas untuk menjawab kebutuhan pembangunan masyarakat.
Mendinamisasi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan.
Program studi S1 Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter


Kompetensi Lulusan:
Menerapkan Profesionalitas yang Luhur
Menunjukkan Mawas Diri dan Pengembangan Diri
Menerapkan Komunikasi Efektif
Mendemonstrasikan kemampuan Pengelolaan Informasi
Menerapkan Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran
Mendemonstrasikan Keterampilan Klinis
Mendemonstrasikan kemampuan Pengelolaan Masalah Kesehatan


Metode Pembelajaran:
SPICES in medical learning (Student-centered, Problem-based, Integrated, Community-based, Electives, Systematic)


Dukungan Fasilitan bagi Mahasiswa:
Learning fascilities: IT, Library, multimedia, e-learning.
Student support: academic advisor, psychological advisor, konseling.
Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura terdiri dari dua prodi yakni Prodi Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter, per-tahun 2017 kedua prodi ini masing-masing telah terakreditasi B (Baik) dan masih terus berproses dengan target akreditasi A pada tahun 2021.

Program Studi Kedokteran Universitas Pattimura bertujuan mengembangkan mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Program Studi Kedokteran menggunakan metode pembelajaran SPICES in medical learning yang terdiri dari Student-Centered, Problem-Based, Integrated, Community-Based, Electives, dan Systematic, dengan total 144 SKS.

Prodi Pendidikan Dokter Unpatti sebagai lembaga pendidikan tinggi, berperan mengembangkan sumberdaya manusia dan meningkatkan harkat dan martabat manusia untuk mewujudkan bangsa yang maju, mandiri dan sejahtera. Program Studi Pendidikan Dokter, diikut oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan fase pendidikan sarjana. Pada tahap ini, peserta didik akan memasuki fase rotasi klinis, selama kurang lebih 2 tahun, di RSUD dr. M. Haulussy.

Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura juga menyediakan berbagai fasilitas untuk membantu mengembangkan potensi mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, antara lain laboratorium anatomi, laboratorium histologi, laboratorium biomolekuler, ruang komputer, alat skill lab dan manekin, mikroskop, perpustakaan, ruang telemedicine , alat band dan ruang musik, klinik, ambulance, serta ruang ibadah. Selain itu, adapula alat diving dan club diving yang telah dilatih oleh orang berpengalaman dibidangnya, guna mendukung visi Fakultas Kedokteran UNPATTI yang berorientasi dokter kepulauan.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Pattimura (Unpatti) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unpatti.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments