Soal Kedokteran

Profil FK Universitas Riau

Pada mulanya Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK Unri) bernama Program Pendidikan Dokter Universitas Riau (PPD Unri) yang memulai kegiatan proses belajar mengajar sejak diterbitkannya Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Program Pendidikan Dokter Unri No.3082/D/T/2001.

Dengan dikeluarkannya SK tersebut, maka pada tahun akademik (TA) 2001/2002, PPD Unri menerima 62 orang mahasiswa yang diseleksi melalui UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negri) Khusus dan PBUD (Penelusuran Bibit Unggul Daerah) untuk seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Kuliah perdana PPD Unri dilaksanakan di Aula Gubernuran Provinsi Riau pada tanggal 3 September 2001 yang dibuka langsung oleh Gubernur Riau H.Saleh Djasit, SH, sedangkan kuliah umum diberikan oleh Prof.dr.H.Khamardi Thalut, SpB, yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) Padang dan juga merupakan ketua Tim Asistensi PPD Unri.Awalnya kegiatan perkuliahan dan praktikum serta kegiatan administratif dilaksanakan di kampus Bina Widya Unri, Simpang Baru dan di Kompleks RSUD Provinsi Riau. Namun Semenjak TA 2003/2004 seluruh kegiatan sudah dilaksanakan di kampus baru PPD Unri Jalan Diponegoro No.1 Pekanbaru yang dibangun oleh Pemprov Riau. Kampus baru ini diresmikan oleh Gubernur Riau H.Saleh Djasit, SH pada tanggal 8 Agustus 2003 dan mulai digunakan secara resmi pada tanggal 23 September 2003.

Upaya merintis pendirian FK Unri diawali dengan ditandatanganinya kerjasama antara Unri dengan Kantor Wilayah Departemen Kesehatan (Kanwil Depkes) Provinsi Riau pada tanggal 26 Januari 1999. Kemudian pada tanggal 26 Juni 1999 ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) suatu kerjasama tripartid antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Unri dan Unand khususnya Fakultas Kedokteran pada Tanggal 22 Januari 2000. Sebagai tindak lanjut pada tanggal 27 Januari 2000 ditandatangani MoU antara Unri dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Riau.

Sejumlah Rapat Kerja (raker) dengan bimbingan Komisi Disiplin Ilmu Kesehatan (KDIK) Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) dilakukan sebagai persiapan pendirian PPD Unri. Selain melaksanakan raker juga diadakan visitasi. Untuk persiapan visitasi dan pendirian PPD Unri maka Prof.dr.Foedil Oenzil, PhD, yang berasal dari FK Unand ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas. Ketua PPD Unri berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Riau Nomor 196/J19/KP/2001 Tanggal 13 Juni 2001 tentang pengangkatan Prof.dr.Foedil Oenzil, PhD sebagai Ketua PPD Universitas Riau.

Visitasi dilakukan oleh Tim Independen beranggotakan empat orang yang dikirim oleh KDIK Dikti pada tanggal 1-5 April 2001. Untuk Visitasi disiapkan beberapa hal seperti kurikulum, rencana Pengembangan Jangka Pendek/Menengah/Panjang, dan staf akademik dosen tetap dan dosen luar biasa. Pada saat visitasi dilihat dan dikunjungi semua persiapan perangkat lunak dan perangkat keras. Di samping itu juga dikunjungi jaringan lahan praktek utama yaitu RSUD Provinsi Riau sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama, Puskesmas Rumbai, Puskesmas Airtiris, dan RS Bangkinang. Tim Visitasi juga mengadakan temu muka dengan Gubernur Riau, DPRD Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, serta Dekan dan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas di Padang. Sebagai hasil rekomendasi, KDIK mendukung pendirian dan pembukaan PPD Unri pada TA 2001/2002.

Pada tanggal 20 April 2004 Dirjen Dikti Prof.dr.Satryo Soemantri Brojonegoro berkesempatan langsung meninjau kampus baru dan proses penyelenggaraan pendidikan PPD Unri menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK Unri). Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Riau Nomor 190/J19/AK/2004 tanggal 15 Desember 2004 tentang Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Riau Nomor 22/J19/KP/2005 Tanggal 26 Januari 2005 tentang pengangkatan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Riau.

Untuk pengembangan FK Unri, kemudian dijalin kerjasama dengan berbagai pihak antara lain Unand, Pemprov Riau, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, RSUD Provinsi Riau, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Dinkes Kota Pekanbaru, RS Jiwa Pekanbaru, RSUD Bangkinang, RSUD Rengat RSUD Dumai, RSUD Tanjung Pinang, Puskesmas Rumbai, Puskesmas Air Tiris, National University Of Singapore (NUS), dan Muscat Co.Ltd. Suatu perusahaan non pemerintah dari Jepang.

Visi dan Misi FK Unri

VISI

“Menjadi fakultas kedokteran berbasis riset dengan unggulan kesehatan wilayah pesisir dan perbatasan di kawasan ASEAN pada tahun 2035”.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan dokter yang kompeten dan bermartabat.
  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu untuk menyelesaikan masalah kesehatan wilayah pesisir dan perbatasan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai konstribusi dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kepemimpinan dan tata kelola Fakultas yang baik dan akuntabel.

Tujuan Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Riau

Tujuan pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Riau adalah :
  1. Menghasilkan dokter yang berkompeten dan bermartabat.
  2. Menghasilkan, menyebar luaskan serta menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.
  3. Meninggkatkan status kesehatan masyarakat melalui pengolaan sumber daya dengan menjunjung nilai-nilai kearifan lokal.
  4. Menjadi fakultas kedokteran yang dikelola secara transparan, partisipatif, dan akuntabel guna menjunjung efektifitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya.

Tahap Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Riau

Pendidikan Dokter di FK UNRI terdiri dari 3 tahap, yaitu Tahap I Ketrampilan Generik, Tahap II Ilmu – ilmu Kedokteran Dasar dan Ilmu – ilmu Kedokteran Klinik dan Tahap III Praktik Klinik. Tahap I dan II dilaksanakan selama 7 semester, setelah menyelesaikan Tahap II mahasiswa berhak mendapat gelar sarjana kedokteran.

Sedangkan tahap III dilaksanakan selama 3 semester, setelah menyelesaikan tahap III mahasiswa berhak mendapatkan gelar dokter. Selanjutnya lulusan dokter akan mengikuti tahap internship atau magang/latihan kerja sebagai dokter baru selama 2 semester untuk mendapatkan sertifikat melakukan praktik mandiri. Internship dikelola oleh Kolegium Dokter Indonesia (KDI).

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Riau (Unri) yang kami publikasikan dapat menjadi tambahan informasi yang bermanfaat terutama untuk para siswa dan orang-tuanya. Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unri.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments