Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Umsu), adalah salah satu fakultas diantara sekian fakultas yang terdapat di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Umsu). FK memiliki visi menjadi Institusi Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan sumber daya manusia yang profesional berdasarkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Indonesia pada tahun 2030.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu prodi yang dianggap favorit. Sehingga setiap tahun akademik senantiasa banyak peminat yang bersaing untuk memperebutkan kursi kuliah di Medan. Fakultas kedokteran saat ini bekerja keras untuk menghasilkan dokter yang kompeten, berkarakter islami, dan berorientasi pada masyarakat. Dokter yang islami dihasilkan melalui program hafalan Al-Qur’an serta penerapan 9 Golden Habbit (9 Kebiasaan Emas).

Selain favorit, Pendidikan Dokter juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat A (sangat baik). Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Menurut Rektor, peringkat akreditasi A untuk fakultas kedokteran ini harus dirawat dan dijaga dengan tekad bersama dan kerja keras. Jangan pernah merasa puas dengan prestasi yang berhasil diraih.

Dalam artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Umsu).

Beberapa Keunggulan Fakultas Kedokteran

Berikut ini beberapa hal yang dapat kami tuliskan terkait Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini. Hal-hal tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Pembelajaran Berbasis Komunitas | Program Keluarga Binaan Kesehatan yang merupakan kegiatan pembelajaran berbasis komunitas dan diintegrasikan kedalam modul kurikulum. Kegiatan dilakukan berkesinambungan mulai dari semester 2 hingga semester 6 di lingkungan desa binaan FK UMSU.
  2. Dokter Islami | Program FK Menghapal merupakan kegiatan hafalan surat Al-Qur’an 30 juz dan ceramah dinul islam yang di lakukan setiap semester. Mahasiswa wajib menyetor hafalan surat Al-Qur’an dan ceramah di kelompok kecil atau di masjid FK UMSU dengan di fasilitasi oleh dosen pembimbing.

Fasilitas Penunjang Fakultas Kedokteran

Berikut ini beberapa Fasilitas Penunjang yang terdapat di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini. Informasi yang dibutuhkan tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Biro Umum. Biro Administrasi Fakultas Kedokteran UMSU berlokasi di Kampus I Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
  • Fakultas kedokteran UMSU memiliki 12 ruang perkuliahan dengan kapasitas 80 mahasiswa dalam setiap kelasnya. Ruang kuliah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dami mendukung kenyamanan mahasiswa dalam proses belajar mengajar.
  • Fakultas Kedokteran UMSU memiliki 2 ruang auditorium dengan kapasitas 200 orang di lantai 3 dan 7 yang dapat dipergunakan untuk segala jenis kegiatan baik kegiatan akademis maupun non-akademis.
  • Perpustakaan Kedokteran.
  • Keterampilan Klinik Dasar (KKD) bertujuan untuk melatih keterampilan klinis mahasiswa dengan menggunakan model-model pembelajaran yang ada seperti manekin, phantom, pasien standar, dan lain-lain.
  • Laboratorium FK. Fakultas kedokteran UMSU memiliki 10 ruangan laboratorium dengan fasilitas lengkap untuk mendukung kegiatan akademis mahasiswa agar dapat mengaplikasikan secara langsung teori yang sudah dipelajari pada perkuliahaan.
  • Small Group Discussion (SGD) atau tutorial adalah diskusi kelompok kecil yang terdiri dari 8-10 mahasiswa setiap kelompok dan difasilitasi oleh seorang tutor. Pada skenario pemicu terdapat tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh mahasiswa selama proses SGD.
  • Fakultas kedokteran UMSU memiliki CBT center dengan kapasitas 150 komputer sehingga seluruh mahasiswa dapat melaksanakan ujian dengan lebih efisien. Pelaksanaan ujian dengan berbasis computer juga mempercepat proses evaluasi dan penilaian.

Sejumlah Program Studi Fakultas Kedokteran

Berikut ini beberapa Program Studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini. Informasi yang dibutuhkan tersebut diantaranya sebagai berikut :

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Dokumen Akreditasi
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum0128/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2020A2025-04-24 Unduh Dokumen
Profesi Dokter 0129/LAM-PTKes/Akr/Pro/IV/2020A2025-04-24 Unduh Dokumen

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran

Berikut ini kami sampaikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini. Informasi tersebut dapat Anda pahami dari tabel berikut :

Jenjang Prodi Pendaftaran Gel. I Tes Kesehatan Gel. I Jadwal Ujian Gel. I Jadwal Pengumuman Gel. I
S-1 Pendidikan Dokter 08 November 2021 s/d 02 Juni 2022 01 Juni 2022 s/d 03 Juni 2022 04 Juni 2022 05 Juni 2022
Profesi Dokter 08 November 2021 s/d 02 Juni 2022 01 Juni 2022 s/d 03 Juni 2022 04 Juni 2022 05 Juni 2022

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. Latihan Soal | silakan files gratis bisa Anda unduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  2. Pembahasan Soal | silakan files gratis bisa Anda unduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Beberapa hal lainnya terkait Fakultas Kedokteran

  1. Penggagas FK | Prakarsa mendirikan FK UMSU di Medan dicetuskan oleh rektor UMSU pada awal tahun 2006 dengan melakukan rangkaian pertemuan dan diskusi dengan beberapa tokoh Muhammadiyah, tokoh masyarakat dan tokoh pendidikan kedokteran di Medan.
  2. Komitmen FK | civitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara terus berbenah dan merespon berbagai tantangan yang akan membawa perubahan pendidikan kedokteran menjadi lebih baik untuk kemajuan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Profil Lulusan FK UMSU

1. Dokter yang Kompeten

Dokter yang memiliki kompetensi profesionalitas yang luhur, mawas diri dan pengembangan diri, komunikasi efektif, pengelolaan informasi, landasan ilmiah ilmu kedokteran, keterampilan klinis serta pengelolaan masalah kesehatan.

2. Dokter yang Islami

Dokter yang memiliki wawasan ke-Islaman terkait ilmu kedokteran dan mampu menerapkan dalam praktik kedokteran.

3. Dokter yang berorientasi masyarakat

Dokter yang mampu melakukan pencegahan, promosi dan penatalaksanaan serta pemberdayaan masyarakat dalam upaya penyelesaian masalah kesehatan keluarga atau masyarakat.

4. Dokter yang berwawasan global

Dokter yang memiliki kemampuan membaca, menulis, berbahasa inggris dalam praktik kedokteran dan mampu bersaing dengan dokter dari luar negri.

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang kami publikasikan. Semoga dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- umsu.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments