Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta), adalah salah satu fakultas diantara sekian fakultas yang terdapat di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti program SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dengan sistem Ujian Tulis dan juga SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang tidak melaksanakan ujian tulis.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu prodi yang dianggap favorit di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehingga setiap tahun akademik senantiasa banyak peminat yang bersaing untuk memperebutkan kursi kuliah di sana. Fakultas Kedokteran UIN Jakarta memiliki visi menjadikan PSPD FK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi kedokteran dan ilmu kesehatan yang berdaya saing tinggi, terkemuka dan terdepan dalam mengembangkan dan mengintegrasikan aspek keislaman, keilmuan kedokteran dan kesehatan, kemanusiaan, dan keindonesiaan

Selain favorit, Pendidikan Dokter juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat "B". Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pada artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta).

Fasilitas Penting Fakultas Kedokteran UIN Jakarta

Berikut ini beberapa Fasilitas Penting yang terdapat di Fakultas Kedokteran UIN Jakarta ini. Fasilitas Penting tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • 1. UGD
  • 2. Poli Umum
  • 3. Poli Gigi
  • 4. Poli Kebidanan
  • Poli kebidanan yang ada di KPKM buka pada jam pelayanan seperti biasa, dengan tenaga Bidan 1 orang, poli kebidanan hanya membuka pelayanan untuk Ante Natal Care (ANC), Keluarga Berencana (BK) untuk saat ini pelayanan KB hanya membuka KB suntik sajadan konsultasi seputar kebidanan.
  • 5. Persalinan (VK)
  • Kami memiliki fasilitas persalianan yang terdiri dari ruangan bersalin (VK), ruangan Bayi (perinatalogi), ruangan resusitasi dan ruang post partum. Untuk pelayanan persalinan saat ini belum membuka pelayanan dikarenakan keterbatasan alat – alat yang belum memenuhi standar untuk menolong persalinan dankurangnya tenaga Bidan, perawat serta keterbatasan tenaga kesehatan yang belum memenuhi standar perizinan.
  • 6. Radiologi
  • 7. Laboratorium
  • 8. Farmasi
  • 9. Rawat Inap

Mengawali tahun baru 2022, Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Profesi Dokter UIN Jakarta mencatatkan prestasi membanggakan. Kedua Prodi di lingkungan Fakultas Kedokteran ini berhasil meraih akreditasi prodi A atau akreditasi sangat baik.

Raihan akreditasi Prodi Pendidikan Dokter dituangkan dalam Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia atau Perkumpulan LAM-PTKes Nomor 0652 Tahun 2021 tentang Status, Nilai, dan Peringkat Akreditasi Prodi Sarjana Pendidikan Dokter UIN Jakarta.

Begitu juga raihan akreditasi Prodi Profesi Dokter dituangkan dalam Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia Nomor 0653 Tahun 2021 tentang Status, Nilai, dan Peringkat Akreditasi Prodi Profesi Dokter UIN Jakarta.

Dalam surat keputusan yang ditandatangani Ketua Perkumpulan LAM-PTKes Profesor Usman Chatib Warsa disebutkan, raihan akreditasi Prodi Pendidikan Dokter adalah A dengan bobot nilai 364. Sedang bobot nilai Prodi Profesi Dokter adalah A dengan bobot nilai 366.

“Status, nilai, dan peringkat akreditasi dalam keputusan ini berlaku terhitung sejak surat keputusan ini ditetapkan (24 Desember 2021, red.) sampai 26 November 2021,” tandas Profesor Usman dikutip dari surat keputusan.

Lebih jauh, disebutkan status, nilai, dan peringkat akreditasi kedua prodi ini berlaku berlaku selama proses pengelolaan dan penyelenggaraan program studi memenuhi persyaratan kelayakan mutu sesuai peringkat akreditasi.

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran UIN Jakarta. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran UIN Jakarta

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran UIN Jakarta ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. | silakan bisa Anda diunduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran UIN Jakarta
  2. | silakan bisa Anda diunduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran UIN Jakarta

Beberapa hal lainnya terkait Fakultas Kedokteran UIN Jakarta

Pusat pelayanan kesehatan masyarakat (KPKM)
  1. Pusat pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan primer dengan dilengkapi unit perawatan dan kegawatdaruratan serta berperan aktif dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekelilingnya khususnya di wilayah Tangerang Selatan;
  2. Fasilitas pelaksanaan pendidikan terutama dalam meningkatkan keterampilan dasar klinik (basic clinical skills) mahasiswa program studi kedokteran dan pengalaman belajar lapangan bagi mahasiswa program studi yang lain dalam upaya untuk menyiapkan tenaga kesehatan berkualitas;
  3. Pusat pengembangan penelitian kesehatan di komunitas pedesaan yang dapat memberikan kontribusi positif untuk peningkatan kualitas kesehatan;
  4. Pusat pelayanan yang dapat dijadikan sebagai model klinik percontohan secara nasional dengan pendekatan yang sesuai kondisi dan budaya daerah pedesaan di Indonesia;
  5. Unit pengembangan potensi masyarakat dengan desa binaan yang mendukung terwujudnya peningkatan kesehatan masyarakat desa.
  6. Sebagai sumber pembelajaran keterampilan dasar klinik untuk mahasiswa kedokteran FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta) yang kami sosialisasikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kepentingan para pelajar di Tanah Air. Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- uinjkt.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments