Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang), adalah salah satu fakultas diantara sekian fakultas yang terdapat di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti program SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dengan sistem Ujian Tulis dan juga SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang tidak melaksanakan ujian tulis.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu prodi yang dianggap favorit di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Sehingga setiap tahun akademik senantiasa banyak peminat yang bersaing untuk memperebutkan kursi kuliah di Jawa Timur. Proses pendirian program studi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ditempuh dengan jalan yang panjang dan berliku. Setidaknya dibutuhkan waktu hingga tujuh tahun lamanya sejak awal mula perencanaan pada tahun 2009 oleh Prof. Dr. H. Imam Suprayogo selaku Rektor UIN Maliki Malang saat itu.

Selain favorit, Pendidikan Dokter juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat "B". Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pada artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang).

Beberapa Keunggulan Fakultas Kedokteran UIN Malang

Berikut ini beberapa hal yang dapat kami tuliskan terkait Fakultas Kedokteran UIN Malang ini. Hal-hal tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Performa fisik | Program Studi Pendidikan Dokter FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berdiri pada 28 Maret 2016 dengan performa fisik yang megah dan modern.
  2. Sumber daya manusia | Dengan sumber daya manusia yang profesional dan didukung oleh spirit ke-Islam-an yang kuat, PSPD UIN Malang akan terus melangkah maju untuk menghasilkan dokter-dokter berkarakter Ulul Albab serta membangun peradaban Islam di bidang kedokteran yang maju.
FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki cita-cita besar menjadi perguruan tinggi yang tidak saja melahirkan sosok-sosok besar seperti Al-Farabi, Al-Ghazali, Ibnu Khaldun, Ibnu Rusyd, tetapi juga sosok seperti seperti Ibnu Sina dan Ibnu Majah.

Cita-cita besar pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu kesehatan ini telah tergambar pada Pohon Ilmu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang dicetuskan oleh para pendiri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Proses pendirian program studi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ditempuh dengan jalan yang panjang dan berliku.

Dibutuhkan waktu tidak kurang tujuh tahun lamanya sejak dimulainya perencanaan pada tahun 2009 oleh prof. Dr. H. Imam Suprayogo selaku Rektor UIN Maliki Malang saat itu.

Semenjak berubahnya status kelembagaan menjadi universitas pada tahun 2004 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki tugas utama untuk menyelengarakan program pendidikan tinggi bidang ilmu Agama Islam dan juga Ilmu Umum.

Fasilitas Penunjang Fakultas Kedokteran UIN Malang

Sekurang-kurangnya terdapat 19 Laboratorium di FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yang dikelola dan digunakan dengan baik oleh program studi dalam menjalankan fungsi pendidikan maupun penelitian. Laboratorium tersebut dilengkapi dengan berbagai macam instrumen modern serta SDM yang terkualifikasi. Berikut adalah daftar laboratorium yang ada di lingkungan FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, baik Laboratorium Prodi Pendidikan Dokter maupun Laboratorium Prodi Sarjana Farmasi. Berikut ini beberapa Fasilitas Penunjang yang terdapat di Fakultas Kedokteran UIN Malang ini. Fasilitas Penunjang tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Laboratorium Keterampilan Klinis (CSL)
  • Laboratorium Anatomi
  • Laboratorium Fisiologi – Farmakologi
  • Laboratorium Histologi – Patologi Anatomi
  • Laboratorium Mikrobiologi – Parasitologi
  • Laboratorium Hewan Coba
  • Laboratorium Biokimia – Patologi Klinik

Sejumlah Program Studi Fakultas Kedokteran UIN Malang

Program Studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter Mendapatkan Peringkat Akreditasi C berdasarkan Surat Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKES) No. 0112/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2019 dan No. 0113/LAM-PTKes/Akr/Pro/III/2019. Berikut ini beberapa Program Studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran UIN Malang beserta Akreditasi Nasional sejumlah program studi di lingkungan Fakultas Kedokteran. Program studi tersebut diantaranya sebagai berikut :

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Keterangan
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum No. 0112/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2019 C 2027-01-27 Unduh Dokumen
Profesi Dokter 0113/LAM-PTKes/Akr/Pro/III/2019 C 2027-01-27 kedokteran.uin-malang.ac.id
Sarjana (S-1)Farmasi 0628/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2018 B 2023-08-31 kedokteran.uin-malang.ac.id

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran UIN Malang

Berikut ini kami sampaikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran UIN Malang ini. Informasi tersebut dapat Anda pahami dari tabel berikut :

Jalur PMB Pendaftaran Jadwal Ujian Gel. I Jadwal Ujian Gel. II Pengumuman Hasil Keterangan
SNMPTN 14 - 28 Februari 2022 Tidak ada Ujian Tulis Tidak ada Ujian Tulis 29 Maret 2022 ltmpt.ac.id
UTBK-SBMPTN 23 Maret - 15 April 2022 17 - 23 Mei 2022 28 Mei - 03 Juni 2022 23 Juni 2022 ltmpt.ac.id

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran UIN Malang. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran UIN Malang

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran UIN Malang ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. Latihan Soal | silakan bisa Anda diunduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran UIN Malang
  2. Pembahasan Soal | silakan bisa Anda diunduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran UIN Malang

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang) yang kami sosialisasikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kepentingan para pelajar di Tanah Air. Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- uin-malang.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments