Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), adalah salah satu fakultas diantara sekitar 18 (delapan belas) fakultas yang terdapat di Universitas Airlangga (Unair), termasuk pendidikan sarjana bertaraf internasional atau yang biasa disebut International Undergraduate Programs (IUP).. Universitas Airlangga merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti program SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dengan sistem Ujian Tulis dan juga SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang tidak melaksanakan ujian tulis.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu prodi yang dianggap favorit di Universitas Airlangga. Sehingga setiap tahun akademik senantiasa banyak peminat yang bersaing untuk memperebutkan kursi kuliah di Surabaya Jatim. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga lahir dengan penuh tantangan. Kondisi negara tak menentu, jumlah tenaga pengajar kurang, ruangan tak terurus, hingga status tak jelas. Namun semua tantangan itu mampu ditanggulangi dengan semangat dan kerja keras.

Selain favorit, Pendidikan Dokter juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat "B". Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Universitas Airlangga menyelenggarakan pendidikan sarjana bertaraf internasional (International Undergraduate Programs (IUP)). Program ini tidak hanya menerima mahasiswa asing tetapi juga mahasiswa Indonesia yang ingin mendapatkan lebih banyak international exposure. Saat ini, UNAIR memiliki 9 program yang tersebar di 7 fakultas Universitas Airlangga.

Universitas Airlangga (Unair) menyelenggarakan program pendidikan untuk mahasiswa meliputi program diploma (D3 dan D4), sarjana (S1), pascasarjana (S2 dan S3), profesi, dan spesialis. Termasuk di dalamnya menggelar program internasional.

Pada artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair).

Beberapa Keunggulan Fakultas Kedokteran Unair

Berikut ini beberapa hal yang dapat kami tuliskan terkait Fakultas Kedokteran Unair ini. Hal-hal tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Lingkungan akademik | FK UNAIR telah memiliki lingkungan akademik yang begitu unggul.
  2. RS Jejaring | FK UNAIR memiliki dua rumah sakit utama yakni RSUD Dr. Soetomo serta RS Pendidikan UNAIR. Selain itu,FK UNAIR juga turut berafiliasi dengan belasan rumah sakit lain yang tersebar di berbagai daerah.

Fasilitas Penunjang Fakultas Kedokteran Unair

Berikut ini beberapa Fasilitas Penunjang yang terdapat di Fakultas Kedokteran Unair ini. Fasilitas Penunjang tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • LABORATORIUM ASAD-C
  • FASILITAS PENUNJANG PRAKTIKUM
  • Ruang Aula
  • Ruang Gramik
  • Gedung Gema
  • Gedung GDC
  • Ruang Administrasi di semua Departement
  • RS Jejaring

Sejumlah Program Studi Fakultas Kedokteran Unair

Berikut ini beberapa Program Studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran Unair beserta Akreditasi Nasional sejumlah program studi di lingkungan Fakultas Kedokteran. Program studi tersebut diantaranya sebagai berikut :

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKadaluarsaKeterangan
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum 0208/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2018 A 2023-04-13 fk.unair.ac.id
Profesi Dokter 0209/LAM-PTKes/Akr/Pro/IV/2018 A 2023-04-13 fk.unair.ac.id

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran Unair

Berikut ini kami sampaikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Unair ini. Informasi tersebut dapat Anda pahami dari tabel berikut :

Jalur PMB Pendaftaran Jadwal Ujian Gel. I Jadwal Ujian Gel. II Pengumuman Hasil Keterangan
SNMPTN 14 - 28 Februari 2022 Tidak ada Ujian Tulis Tidak ada Ujian Tulis 29 Maret 2022 ltmpt.ac.id
UTBK-SBMPTN 23 Maret - 15 April 2022 17 - 23 Mei 2022 28 Mei - 03 Juni 2022 23 Juni 2022 ltmpt.ac.id
Mandiri - Kemitraan Jalur Ujian Tulis 4 Juni - 2 Juli 2022 11 - 12 Juli 2022 -- 15 Juli 2022 Jadwal bersifat tentatif.
Mandiri - Reguler Jalur Ujian Tulis 1 - 22 Juli 2022 27 - 28 Juli 2022 -- 2 Agustus 2022 Jadwal bersifat tentatif.

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran Unair. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran Unair

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Unair ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. Latihan Soal | silakan bisa Anda diunduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Unair
  2. Pembahasan Soal | silakan bisa Anda diunduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Unair

Pada bagian selanjutnya dari artikel ini, Kami sertakan juga Informasi Profil Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dalam bentuk Video Profil yang bisa Anda tonton. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik!

Mengenal Profil Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga :

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) yang kami sosialisasikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kepentingan para pelajar di Tanah Air. Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unair.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments