Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), adalah salah satu fakultas diantara sekian fakultas yang terdapat di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Universitas Pendidikan Ganesha merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti program SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dengan sistem Ujian Tulis dan juga SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang tidak melaksanakan ujian tulis.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu prodi yang dianggap favorit di Universitas Pendidikan Ganesha. Sehingga setiap tahun akademik senantiasa banyak peminat yang bersaing untuk memperebutkan kursi kuliah di Pulau Bali. Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha berdiri setelah terbitnya Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nomor: 574/KPT/I/2018 tentang Izin Pembukaan Program Studi Kedokteran Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi Pada Universitas Pendidikan Ganesha di Kabupaten Buleleng tertanggal 16 Juli 2018.

Selain favorit, Pendidikan Dokter juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat "B". Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pada artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha).

Beberapa Keunggulan Fakultas Kedokteran Undiksha

Berikut ini beberapa hal yang dapat kami tuliskan terkait Fakultas Kedokteran Undiksha ini. Hal-hal tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Kualitas lulusan | Fakultas Kedokteran Undiksha bertekad tak hanya untuk “melahirkan” lulusan yang memiliki kompetensi sebagai dokter umum sesuai standar dokter Indonesia.
  2. Medical tourism | memiliki kompetensi bidang medical tourism. Lulusan nantinya mampu menangani kasus-kasus wisatawan. (Menurut Wakil Dekan II FK, Dr.dr.Ni Luh Kadek Arsani, S.Ked.,M. Biomed)

Sejumlah Program Studi Fakultas Kedokteran Undiksha

Berikut ini beberapa Program Studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran Undiksha beserta Akreditasi Nasional sejumlah program studi di lingkungan Fakultas Kedokteran. Program studi tersebut diantaranya sebagai berikut :

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKadaluarsaKeterangan
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum 0656/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2021 B 2025-12-10 fk.undiksha.ac.id
Profesi Dokter 0657/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2021 C 2025-12-10 fk.undiksha.ac.id

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran Undiksha

Berikut ini kami sampaikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Undiksha ini. Informasi tersebut dapat Anda pahami dari tabel berikut :

Jalur PMB Pendaftaran Jadwal Ujian Gel. I Jadwal Ujian Gel. II Pengumuman Hasil Keterangan
SNMPTN 14 - 28 Februari 2022 Tidak ada Ujian Tulis Tidak ada Ujian Tulis 29 Maret 2022 ltmpt.ac.id
UTBK-SBMPTN 23 Maret - 15 April 2022 17 - 23 Mei 2022 28 Mei - 03 Juni 2022 23 Juni 2022 ltmpt.ac.id

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran Undiksha. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran Undiksha

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Undiksha ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. Latihan Soal | silakan bisa Anda diunduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Undiksha
  2. Pembahasan Soal | silakan bisa Anda diunduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Undiksha

Beberapa hal lainnya terkait Fakultas Kedokteran Undiksha

Program studi Pendidikan Dokter Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) akhirnya berhasil meraih akreditasi B setelah Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan asesmen lapangan pada 10 Desember 2021. Akreditasi tersebut naik dari sebelumnya yang masih C.

Capaian ini disambut hangat oleh Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., maupun civitas akademika. Menurutnya, Raihan akreditasi tersebut merupakan hasil kerja keras bersama maupun dukungan berbagai pihak terkait. Dirinya pun memberikan apresiasi untuk itu.

Dengan adanya peningkatan akreditasi dari C ke B, Undiksha bisa menambah student body untuk Program Studi Pendidikan Dokter dengan rencana maksimal 50 orang. Ditegaskan, rekrutmen mahasiswa tetap memperhatikan kualitas. “Biarpun boleh lebih tetapi kita tidak berani terlalu banyak. Kita sudah komunikasi dengan Wadek II dan maksimumnya 100 sehingga nanti 2022 ini kedokteran Undiksha akan menerima mahasiswa baru sejumlah 100 orang. Itu memang dampak meningkatnya status akreditasi,” jelasnya.

Sejalan dengan raihan akreditas ini, Rektor Jampel mengajak jajaran FK untuk terus berpacu meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi agar dapat semakin berdaya saing. “Peningkatan kualitas menjadi hal wajib. Ini terus kami dorong, khususnya untuk FK,” tegasnya.

Peningkatan akreditasi juga dikejar untuk Prodi Pendidikan Profesi Dokter. Asesmen Lapangan akan berlangsung pada awal tahun 2023. “Karena di pendidikan profesi dokter baru akan berjalan di Februari 2022, harus berada setahun disana baru kita lakukan reakreditasi, kalau tidak maka tidak akan bisa meningkatkan status akreditasinya,” terangnya.

Menyambut re-akreditasi ini dan bisa mendapatkan hasil sesuai harapan, jajaran FK diminta untuk melakukan persiapan sejak dini. Rektor Jampel juga mengharapkan tetap adanya dukungan dari civitas akademika maupun stake holders terkait.

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) yang kami sosialisasikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kepentingan para pelajar di Tanah Air. Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- Undiksha.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments